Sukses

Manfaat Mandi Air Dingin bagi Kesehatan dan Kecantikan

Jakarta Cuaca panas di Indonesia menuntut kita untuk selalu mandi dua kali sehari. Hal tersebut tak hanya untuk mengatasi rasa gerah semata, tapi juga untuk mengatasi kotoran dan debu yang menempel di kulit. Ternyata banyak yang tak memperhatikan suhu air yang digunakan. Padahal, air dengan suhu dingin sangat bermanfaat bagi kulit dan kecantikan. 

Dermatolog New York Michelle Green, MD, menjelaskan bahwa mandi dengan air dingin dapat meningkatkan aktivitas otak sekaligus mengurangi stress dan depresi. Ditambah studi di Belanda yang membuktikan bahwa orang yang setidaknya mandi air dingin selama 30 detik dalam sehari memiliki 29% kans terhindar sakit. Sounds cool, right?

 

2 dari 3 halaman

Manfaat mandi dengan air dingin

Manfaat mandi air dingin akan semakin maksimal bila sebelumnya kita berolahraga, seperti yang dikatakan dermatolog Kavita Mariwalla, MD. Saat olahraga, pembuluh darah melebar dan panas memancar melalui kulit. Dilanjutkan mandi, air dingin akan mengerutkan pembuluh darah dan membuat aliran darah tetap lancar. Dari sisi kecantikan, membuat kulit lebih segar dan muda karena air dingin mengecilkan pori-pori dan menjaga kelembapan kulit.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat mandi dengan air dingin

Mariwalla memberi saran sebaiknya mandi air dingin tidak lebih dari 15 menit. Jika terlalu lama disiram air dingin, bisa-bisa jari dan ibu jari kaki menjadi biru, atau kondisi yang biasa dikenal dengan nama sindrom Raynaud. Ditekankan pula, mandi air dingin setelah beraktivitas di tempat dingin sangat tidak disarankan.

Bayangkan, ketika cuaca sedang panas-panasnya lalu kita mandi dengan air dingin, segarnya seperti mendapat energi baru. Dan mandi dengan air dingin bukan sesuatu yang baru. Mengetahui fakta ini, mungkin jadi lebih suka mandi. 

Sumber: Fimela.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Duh, Wanita Ini Tak Mandi Selama Sebulan Usai Melahirkan
Artikel Selanjutnya
Mandi Setelah Berhubungan Seks, Jangan Lakukan 2 Hal Ini