Sukses

3 Manfaat Kunyit untuk Perawatan Wajah di Rumah

Berikut tiga manfaat kunyit untuk kecantikan kulit wajah dengan perawatan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Kunyit merupakan salah satu bahan dapur yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Kandungan di dalam kunyit dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan baik sebagai pembersih, scrub, hingga masker.

Seperti dilansir dari situs Boldsky, Senin (4/6/2018), kunyit kaya akan antioksidan yang melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan. Selain itu, bahan dapur berwarna kuning ini juga memberikan kelembapan pada kulit, melindungi dari sinar matahari, dan menjaga pertumbuhan kolagen pada kulit.

Bagi Anda yang ingin menggunakan kunyit sebagai bahan perawatan kulit di rumah, berikut tiga manfaat kunyit pada wajah.

1. Pembersih

Membersihkan wajah merupakan langkah pertama dalam perawatan kulit di rumah. Anda dapat membersihkan kulit dari kotoran dan debu yang menempel serta minyak berlebih pada kulit menggunakan kunyit.

Ambil setengah sendok makan kunyit bubuk, kemudian campurkan dengan tepung beras dan santan kelapa. Aduk hingga merata lalu aplikasikan secara merata pada seluruh bagian wajah. Biarkan hingga 20 menit lanjutkan dengan membilasnya hingga bersih menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini dua kali untuk wajah yang lebih lembap dan sehat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Scrub

2. Scrub

Setelah membersihkan wajah, langkah perawatan selanjutnya adalah eksoliasi menggunakan scrub. Anda bisa menggunakan kunyit sebagai bahan dasar scrub alami di rumah.

Ambil kunyit bubuk dan campurkan dengan gula dan minyak kelapa. Aplikaskan pada wajah kemudian pijat secara lembut dengan gerakan melingkar. Proses ini dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah sehingga terlihat lebih cerah dan glowing. Setelah lima menit, bilas wajah dengan air hingga bersih.

 

3 dari 3 halaman

Masker

3. Masker

Masker merupakan langkah terakhir yang membantu kulit terlihat lebih cerah dan glowing. Setelah wajah dibersihkan dan eksfoliasi lanjutkan dengan menggunakan kunyit sebagai masker wajah. Hal ini akan menutrisi kulit sehingga terlihat sehat dari dalam.

Campurkan kunyit bubuk dengan madu asli. Aplikasikan pada seluruh bagian wajah hingga leher secara merata. Biarkan hingga 15 menit kemudian bilas hingga bersih. Lakukan ritual perawatan rutin ini dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.