Sukses

Taman Hiburan Universal Kini Mewajibkan Penyandang Disabilitas Memiliki Kartu Akses Spesial Untuk Akomodasi

Universal Orlando Resort dan Universal Studios Hollywood akan mewajibkan wisatawan disabiltas mengajukan kartu khusus

Liputan6.com, Jakarta Universal belum lama ini telah mengubah protokol untuk penyandang disabilitas yang mencari akomodasi selama kunjungan wisata.

Sebelumnya, seseorang yang tidak dapat mengantre untuk wahana dan atraksi lainnya dapat memperoleh Attraction Assistance Pass di lokasi Universal di Florida dan California.

Tiket tersebut memungkinkan pengunjung untuk menjadwalkan waktu kembali untuk satu wahana sekaligus sehingga mereka dapat melihat area taman lainnya sambil menunggu giliran.

Namun, mulai minggu ini, Universal Orlando Resort dan Universal Studios Hollywood akan mewajibkan wisatawan disabiltas mengajukan kartu khusus yang dikenal sebagai Individual Accessibility Card sebelum kunjungan mereka agar memenuhi syarat untuk mendapatkan Attraction Assistance Pass.

Dilansir dari Disabilityscoop, Individual Accessibility Card (IAC) dikeluarkan oleh International Board of Credentialing and Continuing Education Standards, atau IBCCES, sebuah organisasi yang memberikan pelatihan dan sertifikasi bagi para profesional yang bekerja dengan individu penyandang autisme dan disabilitas kognitif lainnya.

Untuk menerima kartu tersebut, penyandang disabilitas harus menyerahkan foto dan dokumentasi dari penyedia layanan kesehatan, lembaga pemerintah, atau profesional pendidikan yang merinci jenis akomodasi yang diminta. Proses tersebut harus diselesaikan setidaknya 48 jam sebelum kedatangan di taman Universal.

Setelah semua persyaratan untuk IAC terpenuhi, Universal mengatakan bahwa anggota tim akan menghubungi pemegang kartu untuk membahas akomodasi tertentu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Khusus

“Kartu Aksesibilitas IBCCES (IAC) adalah program pra-kedatangan yang dirancang khusus untuk merampingkan proses bagi tamu dan staf di taman hiburan dan atraksi,” kata Natalia Gonzales, manajer pemasaran di IBCCES.

“Tujuan utama IAC adalah memberdayakan staf di objek wisata untuk melayani tamu dengan lebih baik dan lebih efisien yang membutuhkan dukungan tambahan saat berada di lokasi.”

IBCCES mengatakan IAC berlaku selama satu tahun dan juga membantu mengamankan akomodasi di semua lokasi Six Flags di AS, Sesame Place Philadelphia, dan taman hiburan lainnya.

Universal tidak menanggapi beberapa permintaan komentar tentang perubahan tersebut, tetapi mengindikasikan di situs webnya bahwa “kami sedang memperbarui kebijakan permintaan akomodasi kami untuk membantu merampingkan proses kami dan memberikan layanan terbaik kepada tamu kami yang disabilitasnya menghalangi mereka untuk menunggu di lingkungan antrean objek wisata konvensional.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.