Sukses

Rayakan Hari Anak, Artis Drakor hingga Idol K-Pop Donasikan Uangnya untuk Anak Disabilitas

Liputan6.com, Jakarta Setiap 5 Mei, semua orang merayakan hari libur nasional di Korea Selatan untuk memperingati Hari Anak. Di hari spesial ini pula, para bintang ternama diketahui memberikan sumbangan untuk anak-anak dengan disabilitas di beberapa rumah sakit di penjuru Korea.

Dilansir dari Soompi, beberapa artis ternama ini juga dikenal rutin memberikan donasi tahunan dan turut menjadi sukarelawan.

1. Park Bo Young

Awal pekan lalu, Park Bo Young, menurut laporan, ia memberikan sumbangan tahunan ke-10 ke Seoul Children's Hospital melalui yayasan Future for Youth. Sumbangan Park Bo Young sebesar 100 juta won (sekitar Rp1,1 miliar) akan digunakan untuk meningkatkan terapi seni bagi anak-anak di rumah sakit ini yang mengalami disabilitas perkembangan.

Park Bo Young telah mempertahankan hubungan eratnya dengan Seoul Children's Hospital sejak 2014. Selama 10 tahun terakhir, aktris tersebut telah menyumbangkan lebih dari 250 juta won (sekitar Rp2,8 miliar) yang telah mendanai perangkat perawatan, AC, pembersih udara, dan biaya medis pasien. Selain memberikan donasi secara konsisten, Park Bo Young juga menghabiskan hampir 120 jam menjadi sukarelawan di rumah sakit anak.

2. Lee Jong Suk

Kemudian ada Lee Jong Suk yang memberikan donasi sebesar 100 juta won kepada rumah sakit anak di Asan Medical Center pada tanggal 3 Mei. Sumbangannya dikatakan termasuk hasil dari bazaar Lee Jong Suk yang diadakan secara pribadi akhir bulan lalu dan akan membantu menutupi biaya pengobatan untuk pasien anak dari keluarga berpenghasilan rendah.

 

 

2 dari 4 halaman

3. Kim Go Eun

Selanjutnya agensi Kim Go Eun, BH Entertainment, menyatakan bahwa aktris tersebut memberikan donasi sebesar 50 juta won (sekitar Rp557 juta) ke Seoul National University Children's Hospital. Ini menandai donasi tahunan ketiga Kim Go Eun sejak 2021 dan akan digunakan untuk perawatan anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah dengan penyakit parah atau kronis.

4. Chanyeol EXO

Pada tanggal 4 Mei, organisasi kesejahteraan masyarakat The Snail of Love mengungkapkan bahwa Chanyeol EXO telah menyumbangkan 20 juta won (sekitar Rp223 juta) untuk mendukung anak-anak tunarungu/Tuli. Donasi Chanyeol akan mendanai operasi implan koklea dan rehabilitasi bicara untuk dua anak tunarungu/Tuli.

 

 

3 dari 4 halaman

5. IU

Pada hari yang sama, IU membagikan hadiah yang berarti kepada para siswa Milal School, sebuah sekolah khusus untuk anak-anak penyandang disabilitas. Untuk siswa dan guru di Milal School, IU menghadiahkan makan siang berupa pizza dan minuman, serta kue beras yang ia siapkan bersama ibunya. Bulan lalu, IU berkolaborasi dengan siswa Sekolah Milal dan penulis lagu Jehwi (yang ikut menulis “Through the Night” IU) di “One Step,” sebuah lagu yang menyampaikan pesan penuh harapan kepada anak-anak penyandang disabilitas.

Selain itu, IU membagikan 100 juta won kepada ChildFund Korea, yang telah menyatakan bahwa mereka akan menggunakan donasi tersebut untuk membantu anak-anak cacat, orang tua tunggal, dan anak-anak yang dibesarkan oleh kakek nenek mereka. Sejak 2015, IU telah memberikan donasi tahunan ke ChildFund Korea.

IU mengunggah sertifikat donasinya di Twitter, menunjukkan bahwa donasi tersebut dibuat dengan nama yang berarti “IUAENA”, yang merupakan kombinasi dari IU dan klub penggemarnya UAENA. Ia menambahkan keterangan, “Dengan harapanku untuk menjadi payung yang kokoh untuk hati yang lembut di hari hujan seperti hari ini. Karena saya bersama UAENA, yang seperti sinar matahari di bulan Mei, saya merasakan musim semi yang hangat bahkan di hari hujan.”

4 dari 4 halaman

6. Lee Byung Hun

Menurut Asan Medical Center's Children's Hospital pada tanggal 5 Mei, aktor Lee Byung Hun mendonasikan 100 juta won untuk mendukung anak-anak dan remaja. Selain mendanai biaya medis untuk anak-anak yang keluarganya mengalami kesulitan keuangan, donasi Lee Byung Hun akan digunakan untuk layanan medis terpadu yang dapat membantu meringankan rasa sakit dan meningkatkan kualitas hidup pasien muda dan keluarga mereka.

7. Lee Seung Gi

Untuk secara pribadi menghibur pasien muda di Rumah Sakit Anak Universitas Nasional Seoul pada Hari Anak, Lee Seung Gi memberikan penampilan kejutan. Menurut pihak rumah sakit pada tanggal 3 Mei, Lee Seung Gi tampil untuk pasien sore itu untuk membantu memberi mereka kegembiraan dan keberanian di hari istimewa mereka. Dikatakan bahwa hampir 250 orang hadir untuk acara kejutannya, dari pasien, anggota keluarga, dan personel rumah sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.