Sukses

5 Rencana Diet Adaptif untuk Penyandang Disabilitas

Apakah Anda difabel atau non-difabel, makan dengan sehat adalah sesuatu yang harus kita semua lakukan

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda difabel atau non-difabel, diet sehat adalah sesuatu yang harus kita semua lakukan. Anda mungkin ingin mengubah kebiasaan makan Anda, tapi jika memiliki keterbatasan maka Anda pasti mencari rencana yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Dilansir dari Disability Horizon, advokat nutrisi Tracy Williams membagikan 5 rencana makanan adaptif untuk penyandang disabilitas dan cara memasak makanan yang mudah diakses.

"Saya memiliki gelar di bidang Nutrisi dan Diet dari Universitas Dominika dan menjadi konsultan untuk tiga organisasi yang melayani komunitas disabilitas di Amerika. Saya sendiri menderita cerebral palsy, jadi ketahuilah dengan baik betapa pentingnya nutrisi yang baik untuk tubuh Anda, apa pun disabilitas Anda," ujarnya.

1. Diet Mediterania

Diet Mediterania meliputi biji-bijian, ikan, makanan laut, buah-buahan, sayuran, bumbu dan rempah-rempah, kacang-kacangan, biji-bijian, dan berbagai kacang-kacangan. Ini menyediakan lemak dan serat sehat, yang membantu kesehatan usus, kesehatan otak, dan kesehatan jantung.

Saat Anda memulai diet Mediterania, Anda mungkin ingin menyesuaikan diri dengan rencana makan. Pertimbangkan untuk makan tanpa daging dan makanan ikan atau makanan laut dua sampai tiga hari seminggu.

Ayam atau daging tanpa lemak boleh dikonsumsi satu hingga dua hari dalam seminggu, sedangkan daging merah hanya dikonsumsi sesekali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Diet DASH

Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) adalah pola makan sehat yang dirancang untuk membantu mengobati atau mencegah tekanan darah tinggi.

Ini termasuk makanan yang kaya akan potasium, kalsium dan magnesium, semua nutrisi yang membantu mengontrol tekanan darah.

Paket makan ini berfokus pada buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, susu rendah lemak, kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan.

Diet DASH memberikan target nutrisi harian dan mingguan. Jumlah porsi yang harus Anda konsumsi tergantung pada kebutuhan kalori harian Anda.

Biji-bijian bernutrisi tinggi, seperti beras merah, quinoa, pasta gandum, pasta kacang, serta roti gandum untuk sandwich, sebaiknya dikonsumsi enam sampai delapan kali seminggu.

Buah dan sayur sebaiknya dikonsumsi empat sampai lima kali sehari. Produk susu rendah lemak dapat dikonsumsi dua hingga tiga kali sehari dari makanan termasuk yoghurt, keju, dan keju cottage. Mengurangi berapa kali Anda mengonsumsi susu dapat membantu Anda mengurangi lendir jika Anda memiliki kondisi paru-paru atau alergi lingkungan.

Daging tanpa lemak, unggas, dan ikan harus dikonsumsi enam kali sehari, dengan ukuran porsi satu ons setiap kali. Kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan harus dimakan empat hingga lima kali seminggu. Lemak dan minyak yang sehat harus dikonsumsi dua hingga tiga kali sehari.

3 dari 5 halaman

3. Diet Flexitarian

Diet ini pada dasarnya adalah alternatif yang fleksibel untuk menjadi seorang vegetarian. Fokusnya adalah memiliki makanan nabati, yang berarti biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan polong-polongan berserat tinggi, serta buah-buahan dan sayuran dengan sesekali daging, ayam, atau telur.

Menjadi seorang vegetarian mungkin tidak nyaman jika Anda masih menyukai burger atau steak dan Anda tidak ingin membatasinya, menjadikan diet fleksibel sebagai pilihan yang baik.

Sangat mudah untuk masuk ke dalam rencana makan fleksibel. Merupakan ide bagus untuk mulai mengonsumsi lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian yang lebih sehat. Lebih baik fokus pada protein nabati daripada protein hewani, tetapi tidak apa-apa untuk menghindari protein hewani.

Bersikaplah fleksibel dan gabungkan daging dan produk hewani. Konsumsi lebih sedikit makanan olahan dan lebih banyak sumber makanan alami, sambil mengurangi tambahan gula dan permen.

 

4 dari 5 halaman

4. Makanan Penutup yang Sehat

Fokuslah pada makanan penutup dengan porsi kecil, seperti brownies kecil, kue mangkuk atau muffin kecil, daripada sepotong besar kue atau brownies yang lebih besar.

Kue buah atau salad buah adalah pilihan makanan penutup sehat lainnya atau bahkan hanya buah-buahan seperti pisang, persik, atau stroberi.

Conth resep hidangan penutup yang sehat:

- Strawberry oatmeal bar

- Ini adalah makanan penutup buah yang lebih sehat yang dibuat dengan stroberi segar, topping remah mentega gandum utuh, dan glasir vanila yang sedikit dimaniskan.

 

5 dari 5 halaman

5. Asupan Cairan

Selain mengonsumsi makanan yang tepat, kita semua harus mengonsumsi cairan. Jumlah air yang harus diminum seseorang setiap hari berbeda antara otoritas kesehatan yang berbeda. NHS merekomendasikan enam hingga delapan cangkir atau gelas sehari.

Akademi Sains, Teknik, dan Kedokteran Nasional AS menetapkan bahwa asupan cairan harian yang memadai adalah sekitar 15,5 cangkir (3,7 liter) cairan sehari untuk pria dan sekitar 11,5 cangkir (2,7 liter) cairan sehari untuk wanita.

Anda tidak perlu membatasi diri pada air – teh, jus buah 100%, dan kopi dapat dimasukkan untuk meningkatkan kebiasaan hidrasi harian Anda, perhatikan saja berapa banyak gula dan kafein yang Anda konsumsi.

Anda mungkin juga ingin membuat smoothie di rumah untuk memenuhi kebutuhan lima hari dan cairan Anda. Sekali lagi, ketahuilah bahwa blitzing buah khususnya dapat melepaskan lebih banyak gula dan mengurangi serat.

Jika fungsi tangan Anda terbatas, ada blender berkancing besar di pasaran untuk memudahkan penggunaannya.

Banyak orang memiliki masalah kesehatan usus atau kandung kemih, sehingga asupan cairan dapat membantu mengatasi masalah ini.

Namun, kekhawatiran umum bahwa penyandang disabilitas dapat membatasi asupan cairan mereka karena kesulitan menemukan kamar mandi yang dapat diakses di tempat umum. Ini tidak boleh terjadi karena dapat menyebabkan dehidrasi dan infeksi urin.

Jika Anda merasa perlu membatasi asupan cairan, disarankan agar Anda tetap minum sebanyak yang Anda bisa dan rencanakan dengan hati-hati bagaimana dan kapan Anda mengakses toilet.

Jika Anda kesulitan mengakses atau memegang minuman, cobalah botol air Hydrant, yang memiliki tabung panjang dan katup gigitan yang memungkinkan Anda minum tanpa menggunakan tangan dari sofa, kursi roda, atau tempat tidur.

Contoh resep minuman sehat:

- Jus hijau. Diisi dengan campuran sayuran hijau termasuk bayam, seledri dan mentimun.

- Smoothie buah dan yoghurt

– Smoothie sehat berisi buah beri, pisang, sendok teh jus nanas, jus jeruk, gula putih, dan yoghurt.

Tidak ada batasan dalam hal memasak jika Anda memiliki keterbatasan, apakah Anda melakukannya sendiri atau dengan bantuan dari anggota keluarga, pasangan, atau pengasuh.

Jika Anda kesulitan memotong makanan, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli blender listrik untuk meredakan nyeri tangan atau pembuka toples dengan pegangan yang lebar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.