Sukses

8 Rekomendasi Film Hollywood yang Diadaptasi dari Buku yang Wajib Ditonton

Anda mungkin tidak menyangka jika beberapa film hollywood ini rupanya diangkat dari sebuah novel. Ada apa saja? Yuk, simak daftarnya!

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua film yang beredar dan pernah Anda tonton merupakan naskah asli. Bisa jadi ada beberapa film merupakan adaptasi dari sebuah novel yang sudah pernah beredar sebelumnya. Sebut saja seperti franchise Harry Potter dan beberapa film Hollywood lainnya.

Meskipun rasanya sulit untuk menyesuaikan alur cerita dan pengembangan karakter yang ditulis dari novel kemudian diangkat menjadi sebuah cerita di layar kaca. Namun, beberapa film yang dibuat rupanya berhasil memberikan hasil yang sesuai dengan bukunya. Walau ada beberapa cerita yang diubah sekalipun, tetap bisa menarik perhatian penonton dengan hasil yang lebih baik. 

Nah, apakah Anda sendiri termasuk orang yang suka membaca buku terlebih dahulu kemudian menonton filmnya? Atau apakah Anda cukup menonton filmnya saja? Tentunya semua punya alasan tersendiri dan tidak ada yang salah dengan hal tersebut.

Dari beberapa sumber yang sudah kami rangkum, Rabu (8/5/2024), berikut ini adalah rekomendasi film Hollywood yang bisa Anda tonton, antara lain:

1. Gone Girl

Gone Girl adalah film adaptasi buku yang cukup sukses. Di mana memiliki cerita yang sangat kompleks sehingga kita dapat membicarakannya lama sekali dan masih belum mencakup semua tema rumitnya.

Disutradarai oleh David Fincher, film misteri ini berkisah tentang seorang suami yang menjadi tersangka hilangnya istrinya. Film thriller ini menggali isu-isu seperti mengasuh anak, manipulasi, misogini, dan yang terpenting lika-liku pernikahan. Dalam hal mengubah buku menjadi film, adaptasi ini termasuk yang terbaik. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. To All the Boys I’ve Loved Before

Kisah cinta Laura Jean dan Peter Kavinsky akan menjadi salah satu kisah cinta paling dicintai di zaman kita. Trilogi novel komedi romantis remaja karya Jenny Han yang diubah menjadi film Netflix telah mendapatkan popularitas luar biasa karena alasan yang bagus.

Meskipun plotnya mungkin memiliki beberapa elemen yang familier, adaptasi filmnya berhasil terasa segar, khas, dan tulus. Tentunya tontonan ringan yang tidak perlu terlalu memikirkan plotnya.

3. Oppenheimer

Film biografi Christopher Nolan tentang bapak bom atom serta perjalanan hidup dari yang diakibatkannya, memang menjadi salah satu film paling sukses dan mendapat pujian di tahun lalu. Namun siapa sangka jika film ini diambil dari biografi American Prometheus yang ditulis oleh Kai Bird dan Martin J. Sherwin.

Film ini terkenal karena melanggar format biopik yang sudah dikenal. Akan tetapi, cerita besarnya tetap berasal dari buku dan tidak dilebih-lebihkan. Skenario Nolan menceritakan kisah Proyek Manhattan yang dipimpin Oppenheimer dan penggulingannya yang kemudian bermotif politik dengan keberanian yang sering berpindah-pindah waktu.

3 dari 4 halaman

4. The Zone of Interest

The Zone of Interest diangkat dari novel yang berjudul sama yang ditulis oleh Martin Amis. Film ini berlatar di Auschwitz, Jerman, di era perang dunia ke-2, tepatnya pada tahun 1943. Di sana, komandan kamp konsentrasi Rudolf Hoss (Christian Friedel) dan istri, Hedwig (Sandra Huller), membesarkan lima anak.

Kelima anak pasutri ini yakni, Klaus (Johann Karthaus), Hans Jurgen (Luis Noah Witte), Inge Brigitt (Nele Ahrensmeier), Heidetraut (Lilli Falk), dan Annegre (Anastazja Drobniak). Sebagai Nyonya, Hedwig mempekerjakan banyak pembantu.

Rumah gedongan pasangan ini dikepung tembok tinggi dengan halaman luas plus kolam renang di tengah. Hedwig membudidayakan beragam tanaman hias hingga sayuran. Di luar tembok, terdengar tembakan, jeritan korban perang, kereta api, dan masih banyak lagi.

5. Harry Potter

Siapa yang mengira bahwa kisah seorang anak laki-laki yang berhasil hidup dari kematian ini bisa mendapatkan perhatian global? Penggemar dari segala usia telah terpikat oleh Wizarding World selama bertahun-tahun, dan tidak mengherankan.

Sebab, ceritanya terkait tentang ikatan persahabatan, pesona sihir, sensasi, dan humor sama menawannya di layar maupun di luar layar kaca. Pasti Anda semua sudah pernah menontonnya, kan?

4 dari 4 halaman

6. The Hunger Games: The Ballad of Songbirds & Snakes

Berdasarkan novel yang ditulis oleh Suzanne Collins, The Hunger Games: The Ballad of Songbirds & Snakes membawa kita ke Panem jauh sebelum kedatangan Katniss yang mesianis, menunjukkan kepada kita hari-hari awal Coriolanus Snow, pemuda yang pada akhirnya menjadi presiden jahat, selama Hunger Games ke-10.

Michael Arndt dan Michael Lesslie mengambil alih tugas adaptasi film dengan membawakan prekuel Suzanne Collins tahun 2020 kepada penonton dengan semoga kejayaan franchise-nya tidak berkurang. Meskipun film tersebut berfokus pada karakter yang lebih gelap.

7. Leave the World Behind

Bencana yang terjadi dalam Leave the World Behind, karya Sam Esmail yang bertabur bintang tentang finalis National Book Award yang populer dan kesuksesan di era COVID.

Sebuah rumah di Long Island memberikan perlindungan dan ketegangan bagi dua keluarga (dipimpin oleh Julia Roberts, Ethan Hawke, dan Mahershala Ali) ketika pemadaman listrik menandai tanda pertama kiamat, memunculkan prasangka ras dan kelas ketika mereka berusaha untuk bertahan hidup. Film ini dapat Anda tonton di Netlix.

8. Robot Dreams

Berdasarkan novel grafis karya Sara VaronRobot Dreams memulai debutnya di Festival Film Cannes pada tahun 2023.

Robot Dreams adalah film animasi tragikomedi tahun 2023 yang ditulis dan disutradarai oleh Pablo Berger. Sebuah produksi bersama Spanyol-Prancis. Berkisah tentang persahabatan antara seekor anjing dan robot di New York pada tahun 1984.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.