Sukses

5 Mahasiswa Disabilitas Raih IPK Sempurna di Universitas Lambung Mangkurat Kalsel

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak lima mahasiswa disabilitas dan raihan indeks prestasi kumulatif (IPK) 4,00 atau IPK sempurna untuk seorang lulusan terbaik mewarnai gelaran wisuda ke-106 Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

"Alhamdulilah wisuda kali ini terbilang spesial dengan sejumlah torehan prestasi bisa kita cetak, termasuk ada mahasiswa disabilitas dan seorang lulusan nilai sempurna," kata Rektor ULM Prof Sutarto Hadi di Banjarbaru, dikutip Antara, Selasa (7/6/2022).

Adapun lima lulusan dari Program Studi S1 Pendidikan Khusus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) itu, yakni Muhammad Ridho Illahi, Muhammad Asef Alfayet, Steven Christofel Palloan, Elsa Yuwanda Dewi, dan Eka Permata Sari. Kelimanya memiliki keterbatasan pendengaran alias tunarungu.

Sementara lulusan terbaik tingkat universitas dengan IPK 4,00 diraih Nurul Huda dari Program Magister S2 Teknik Kimia dengan lama studi 1 tahun 5 bulan.

Sutarto menegaskan ULM adalah universitas inklusi jadi siapapun bisa kuliah tanpa memandang keterbatasan fisik. Sepanjang calon mahasiswa lulus seleksi secara akademik dan kompetensinya maka bisa mengenyam pendidikan tinggi hingga menjadi sarjana.

"Kewajiban kita mendidik semua anak bangsa tanpa memandang apapun, termasuk keterbatasan fisik," tegasnya.

Sutarto pun mengaku sangat bangga atas prestasi ULM pada wisuda kali ini yang prosesi sidang senat terbukanya dipimpin Ketua Senat ULM Prof Muhammad Hadin Muhjad. Meski di tengah keterbatasan akibat pandemi, perguruan tinggi negeri terakreditasi A itu secara konsisten dapat mencetak lulusan dengan kualitas dan kuantitas terjaga.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

1.092 lulusan dikukuhkan

Ada sebanyak 1.092 lulusan yang dikukuhkan mulai jenjang Diploma (D3), Sarjana (S1), Magister (S2) hingga Doktor (S3).

Dia menyebut masyarakat di Pulau Kalimantan tidak perlu harus jauh-jauh lagi ke Pulau Jawa untuk kuliah S3, karena ULM telah menyediakan banyak Program S3 yang kini sudah berhasil meluluskan sebanyak 20 doktor Ilmu Pertanian.

 

3 dari 3 halaman

Ucapan terima kasih

Sementara Nurul Huda yang berhasil menjadi lulusan terbaik menyampaikan terima kasih kepada ULM karena telah mengantarkannya sejak sarjana hingga kini bergelar magister.

Alumni SMAN 2 Banjarbaru ini pun mengaku ingin membalas jasa besar ULM dengan mengabdi sebagai dosen jika diberikan kesempatan suatu hari nanti.

"Kini saya fokus mencari beasiswa S3 dulu," ucap wanita kelahiran Barabai, Hulu Sungai Tengah, yang kini bekerja di PLTU Asam-Asam, Kabupaten Tanah Laut.