Sukses

Jangan Lupa Wisata Alam Biar Mental Sejahtera dan Sehat Jasmani

Liputan6.com, Jakarta Para peneliti dari University of Plymouth di Inggris menemukan bahwa orang yang melakukan wisata alam mingguan memiliki kesejahteraan mental dan fisik yang lebih baik dibanding orang yang tidak berwisata alam.

Para peneliti juga menemukan bahwa orang yang berwisata alam lebih cenderung mempromosikan kesehatan lingkungan, seperti kegiatan daur ulang dan konservasi.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Environmental Psychology itu menunjukkan bahwa berhubungan kembali dengan alam bisa menjadi kunci untuk mencapai perbaikan sinergis terhadap kesehatan manusia dan planet.

"Ini adalah studi pertama yang menganalisis kontribusi dari kontak alam dan hubungan dengan kesehatan manusia, kesejahteraan dan perilaku pro-lingkungan," kata Leanne Martin, pemimpin penulis dari University of Plymouth seperti dikutip dari The Week.

2 dari 3 halaman

Wawasan Baru

Tim melihat keterlibatan orang dengan alam dari banyaknya akses ke ruang hijau, kegiatan wisata alam yang dilakukan, dan sejauh mana mereka merasa terhubung secara psikologis dengan alam bebas.

"Dalam konteks peningkatan urbanisasi, penting untuk memahami bagaimana keterlibatan sumber daya alam dengan kesehatan dan perilaku manusia," kata Leanne.

"Hasil kami menunjukkan bahwa berhubungan kembali secara fisik dengan alam dapat bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Pada saat yang sama juga mendorong individu untuk bertindak melindungi kesehatan planet ini," kata Martin.

Temuan ini memberikan wawasan baru yang vital tentang perlunya meningkatkan kontak dengan alam. Serta, jenis pengalaman yang benar-benar membantu orang membangun hubungan emosional, kata Marian Spain, Kepala Eksekutif Natural England, penasihat pemerintah Inggris untuk lingkungan alam.

"Ini adalah kunci untuk membuka manfaat kesehatan serta menginspirasi orang untuk mengambil tindakan dalam membantu lingkungan mereka," kata Spain.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: