Sukses

The Healing Powers of Dude, Serial Netflix yang Bercerita tentang Anak Difabel

Liputan6.com, Jakarta The Healing Powers of Dude adalah serial terbaru Netflix yang bercerita tentang anak difabel usia 11 tahun bernama Noah. Ia memiliki gangguan kecemasan atau anxiety.

Dilansir dari disabilityhorizons.com, setelah menghabiskan beberapa tahun untuk home schooling, Noah memutuskan untuk mengenal dunia luar dengan bersekolah di sekolah umum. Uniknya, bocah laki-laki ini membawa serta anjingnya yang lincah bernama Dude.

"Di sekolah tersebut, Noah berhasil mendapatkan teman, salah atunya Amara. Seorang gadis pengguna kursi roda yang tak kenal takut," dikutip dari Disability Horizons (19/1/2020).

Serial ini menceritakan Noah yang berjuang mengatasi tantangan hidup sebagai penyandang gangguan kecemasan. Tantangan-tantangan tersebut antara lain menghadiri kelas, melakukan presentasi, naik bus, menghadapi pengganggu, menghadiri pesta dan tampil di atas panggung. Semua hal tersebut ia capai dengan dukungan Dude.

2 dari 2 halaman

Pemain dan Tim Produksi The Healing Powers of Dude

Healing Powers of Dude  adalah serial garapan Erica Spates dan Sam Littenberg-Weisberg. Karakter Noah, yang diperankan oleh Jace Chapman adalah gambaran pengalaman pribadi mereka yang juga memiliki gangguan kecemasan sosial.

Teman Noah, Amara, diperankan oleh Sophie Kim, yang menderita Ullrich Congenital Muscular Dystrophy, suatu kondisi yang menyebabkan kelemahan pada otot rangka. Para kru sepakat bahwa penting untuk memasukkan perwakilan disabilitas dalam serial ini dengan memerankan penyandang disabilitas.

Menurut Deadline Hollywood News yang dilansir dari disabilityhorizons.com, untuk membuat representasi disabilitas menjadi sempurna, tim produksi bekerja dengan beberapa ahli. Diantaranya konsultan kesehatan perilaku dan konsultan hewan serta dengan RespectAbility, sebuah organisasi nirlaba yang bekerja pada upaya inklusi untuk penyandang cacat.

Dalam serial ini, Dude dapat menyuarakan apa yang ia pikirkan dan pengisi suaranya adalah Steve Zahn. Penonton dapat mendengar pikirannya yang sangat lucu dan menghibur.

The Healing Powers of Dude terdiri dari delapan episode. Anda tertarik menontonnya?

Loading
Artikel Selanjutnya
Anggar Kursi Roda, Pilihan Olahraga untuk Difabel
Artikel Selanjutnya
Dilema Juru Bahasa Isyarat, Antara Profesi dan Sukarela