Sukses

Harga Bitcoin Diramal Terjun Bebas ke Level Segini

Pedagang veteran Peter Brandt memperkirakan harga Bitcoin akan turun ke kisaran tertinggi antara USD 40.000 hingga USD 50.000.

Liputan6.com, Jakarta Harga Bitcoin telah turun sekitar 3,70% dari minggu ini hingga mencapai sekitar USD 61,650 pada 9 Mei 2024.

Harga tersebut menandai penurunan sekitar 16,50% setelah harga Bitcoin mencetak rekor tertinggi baru sekitar USD 73,835 pada 14 Maret lalu.

Penurunan pada harga Bitcoin terjadi dalam beberapa minggu terakhir bertepatan dengan respons yang lemah terhadap debut pasar dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin dan Ethereum di Hong Kong, kebijakan suku bunga Federal Reserve Amerika Serikat yang lebih tinggi untuk jangka panjang, dan berkurangnya aliran dana ke ETF Bitcoin spot di AS.

Melansir Cointelegraph, Senin (13/5/2024) pedagang veteran Peter Brandt memperkirakan harga Bitcoin akan turun ke kisaran tertinggi antara USD 40.000 hingga USD 50.000.

Brandt mengutip pola segitiga menurun yang berkembang setelah kegagalan mata uang kripto tersebut untuk kembali rekor tertinggi sebelumnya di USD 69.000.

"Fakta sederhana perlu diselesaikan - bahwa Bitcoin belum melampaui puncak yang dicapai tiga tahun lalu meskipun ada halving dan ETF. Mungkin harga turun ke level 40-an, lalu kenaikan kembali terjadi," katanya.

Menariknya, perspektif Brandt terhadap Bitcoin menunjukkan skenario pembalikan segitiga menurun klasik, di mana harga dapat menembus garis tren bawah dari segitiga tersebut dan menjatuhkan jumlah yang setara dengan jarak maksimum antara garis tren atas dan bawah.

Konfirmasi skenario pembalikan segitiga menurun akan meningkatkan kemungkinan harga Bitcoin turun menuju USD 48,550, turun lebih dari 20% jika diukur dari tingkat harga saat ini, selaras dengan prediksi USD 40,000 atau lebih versi Brandt.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Bitcoin Anjlok Nyaris 10% Usai Cetak Rekor Tertinggi, Apa Ada?

Harga Bitcoin telah turun hampir 10 persen sejak mencapai rekor tertinggi pada Maret 2024 di level USD 73.750 atau setara Rp 1,18 miliar (asumsi kurs Rp 16.043 per dolar AS). Bitcoin lebih banyak terkoreksi usai terjadi Halving pada 20 April 2024.

Lantas apa penyebab terjadinya penurunan Bitcoin usai Halving? Melansir dari Yahoo Finance, Rabu (8/5/2024) ada beberapa penyebab terjadinya penurunan harga Bitcoin usai Halving.

Salah satunya adalah arus masuk investor ke ETF Bitcoin telah melambat sejak laju awalnya yang sangat cepat. Tapi hal itu sudah banyak diprediksi, investor akan lebih berhati-hati dalam memasukkan uangnya ke ETF jika harga aset dasar sedang menurun. Hal ini berlaku untuk semua ETF, bukan hanya ETF Bitcoin.

 

3 dari 3 halaman

ETF Bitcoin

Namun prospek jangka panjang ETF Bitcoin tetap tidak berubah. Semakin banyak investor yang memandang Bitcoin sebagai kelas aset mandiri yang layak mendapat tempat dalam portofolio mereka.

Saat ini, konsensus yang berkembang adalah investor harus mengalokasikan setidaknya 1% dari portofolio mereka ke Bitcoin, dan itulah yang mendorong kuatnya arus masuk investor ke Bitcoin. Ketika persentase ini meningkat dari waktu ke waktu, arus masuk investor juga akan meningkat.

Selain itu, investor juga masih menunggu kepastian The Fed untuk menurunkan suku bunga. Di sisi lain, Halving Bitcoin masih banyak dianggap sebagai fenomena ajaib untuk meningkatkan harga Bitcoin secara signifikan. Sehingga hal tersebut menimbulkan ekspektasi bagi para investor, terutama investor baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini