Sukses

Debat Epik Soal Bitcoin Vs Emas, Mana yang Lebih Unggul?

Akankah Bitcoin bisa mengungguli emas sebagai aset safe haven sekaligus instrumen lindung nilai terbaik dari inflasi? berikut ini pandangan dari Anthony Scaramucci, Erik Voorhees, Nouriel Roubini dan Peter Schiff.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam debat yang berlangsung sangat sengit yang diselenggarakan oleh ZeroHedge dan ditayangkan di YouTube, investor sekaligus miliarder Anthony Scaramucci dari SkyBridge Capital berdebat dengan analis terkemuka Peter Schiff mengenai apakah Bitcoin (BTC) atau emas berfungsi sebagai lindung nilai inflasi yang lebih baik.

Mereka bergabung dengan CEO ShapeSchift Erik Voorhees dan profesor ekonomi di New York university (NYU) Nouriel Roubini.

Apakah BTC Bisa Disebut Emas Digital?

Dikutip dari u.today, Minggu (5/5/2024) Peter Schiff, seorang kritikus Bitcoin membuka perdebatan dengan menyatakan bahwa Bitcoin awalnya dibuat sebagai mata uang digital. Namun rencana tersebut gagal berfungsi dengan baik dan efektif karena sifatnya yang lambat dan mahal.

Kemudian, para pendukung Bitcoin mencoba untuk memposisikannya kembali aset tersebut sebagai emas versi digital. Namun, dalam pandangannya, nilai intrinsik emas masih jauh dari nilai intrinsik emas yang dilihat dari sifat fisiknya.

“Bitcoin bukan lagi emas digital, melainkan gambar hamburger adalah makanan digital,” kata Schiff.

Dia menekankan kegunaan nyata emas dalam industri seperti perhiasan dan elektronik, membandingkannya dengan Bitcoin, yang menurutnya kurang memiliki kegunaan dan kegunaan praktis.

Mengenai nilai abadi emas, Schiff menegaskan bahwa emas mempertahankan sifat intrinsiknya seiring berjalannya waktu, berfungsi sebagai penyimpan nilai sejati.

Dia juga berpendapat bahwa nilai Bitcoin hanya didasarkan pada permintaan spekulatif dan tidak mencerminkan kegunaan atau penerapan praktis apa pun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bitcoin Sebagai Aset

Scaramucci pun membantah argumen Schiff dengan menyoroti bahwa hanya 5% nilai emas yang berasal dari tujuan produksi, dengan mayoritas dikaitkan dengan penerimaannya sebagai penyimpan nilai.

Dia menekankan bahwa Bitcoin, seperti emas, memiliki aspek deflasi karena pasokannya yang tetap. Scaramucci memandang Bitcoin sebagai "emas digital", dengan memperhatikan portabilitasnya dibandingkan dengan emas fisik.

Dia juga menunjukkan bahwa Bitcoin mengikuti kurva adopsi yang akan berdampak pada nilainya selama beberapa dekade, menyamakannya dengan lintasan saham teknologi yang menjadi standar dari waktu ke waktu dan berkontribusi pada indeks S&P 500.

Bitcoin Kembali Tembus USD 63.000

Cryptocurrency rebound pada perdagangan hari Jumat, didorong oleh kenaikan harga Bitcoin (BTC), meningkatkan optimisme bahwa penarikan baru-baru ini mungkin akan mereda. BTC naik hampir 5%, sempat melampaui USD 63.000.

Lonjakan ini menyusul laporan pekerjaan AS pada bulan April yang lebih dingin dari perkiraan, sehingga mengurangi kekhawatiran mengenai potensi kenaikan suku bunga.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.