Sukses

Bitcoin Spot Hong Kong dan ETF Ether Himpun Lebih dari USD 200 Juta saat Debut

Bursa Efek Hong Kong belum memperbarui data manajemen aset untuk ETF Bitcoin dan Ether spot dari Harvest Global, penerbit ETF ketiga. Namun, omzet gabungan kedua ETF ini telah mencapai USD 23 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Dana yang diperdagangkan di bursa (exchange-traded funds/ETF) Bitcoin dan Ether spot Hong Kong telah menarik lebih dari USD 200 juta total aset pada debutnya pada Selasa, 30 April kemarin.

Menurut data yang disediakan oleh Arkham Intelligence, ETF Bitcoin dan Ether spot Bosera HashKey telah mengumpulkan masing-masing 964 Bitcoin dan 4.290 Ether, dengan total aset yang dikelola sebesar USD 71,94 juta. Sementara itu, Analis ETF senior di Bloomberg, Eric Balchunas mengungkapkan bahwa ETF Bitcoin dan Ether spot yang dibuat oleh ChinaAMC telah mengumpulkan aset gabungan sebesar USD 123,61 juta.

Melansir Cointelegraph, Rabu (1/5/2024), Bursa Efek Hong Kong belum memperbarui data manajemen aset untuk ETF Bitcoin dan Ether spot dari Harvest Global, penerbit ETF ketiga. Namun, omzet gabungan kedua ETF ini telah mencapai USD 23 juta.

Nilai aset yang diminta tidak seberapa jika dibandingkan dengan rekan-rekan mereka di Amerika Serikat, di mana ETF Bitcoin spot menarik hampir USD 4 miliar aset yang dikelola selama minggu pertama debutnya dan volume USD 4,5 miliar pada 12 Januari saja, hari pertama perdagangan pada Wall Street.

“Kami mencoba memperingatkan semua orang untuk menurunkan ekspektasi mengenai HK... Meskipun demikian, jika Anda melokalisasi angka-angkanya, ini adalah nilai yang besar. Misalnya, ETF bitcoin ChinaAMC menghasilkan USD 123 juta pada hari pertama, yang sudah menempatkannya di peringkat ke-6 dari 82 ETF yang diluncurkan dalam 3 tahun terakhir di HK dan 20% teratas secara keseluruhan,” ulas Balchunas.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sentimen Positif Investor

Sementara itu, HashKey menulis bahwa yang penting adalah warga negara non-Hong Kong juga dapat berlangganan atau membeli unit di ETF jika mereka memenuhi persyaratan peraturan setempat, seperti lulus uji tuntas pelanggan. Selain itu, ETF kripto Hong Kong memungkinkan investor untuk berlangganan unit ETF secara langsung menggunakan BTC dan ETH, dan sebaliknya, yang tidak tersedia untuk unit ETF di AS.

Menurut survei tanggal 28 April yang dilakukan oleh bursa kripto OSL yang diatur di Hong Kong, 76,9% responden yang memiliki pengetahuan kripto di kota tersebut berencana untuk berinvestasi di tempat baru Bitcoin dan Ether ETF.

“Sentimen positif investor ini menunjukkan semakin besarnya penerimaan dan pentingnya aset digital dalam perekonomian kawasan, dan Hong Kong sekali lagi menandai posisinya sebagai pusat aset digital,” komentar direktur eksekutif dan kepala urusan regulasi OSL, Gary Tiu.

Meskipun terdapat antusiasme, ETF kripto Hong Kong tetap hanya dapat diakses oleh sekitar 6,4 juta penduduk dewasa di kota tersebut. Investor Tiongkok Daratan, yang jumlahnya mencapai 1 miliar, saat ini dilarang mengakses ETF baru kecuali mereka memiliki izin tinggal di Hong Kong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.