Sukses

Punya Foto Pizza Hasil AI, Yuk Ikut Program One Bite of Bitcoin!

Bitcoin sebagai aset kripto terbesar dan tertua di dunia memiliki beberapa momen bersejarah, salah satunya adalah Bitcoin Pizza Day. Untuk memperingatinya di tahun ini, CoinEx meluncurkan program "One Bite of Bitcoin".

Liputan6.com, Jakarta - CoinEx meluncurkan program "One Bite of Bitcoin" pada Bitcoin Pizza Day atau Hari Pizza Bitcoin. Dalam kegiatan One Bite of Bitcoin ini, CoinEx mengajak komunitas kripto global untuk memperingati dan bergabung dalam perayaan ini.

Bitcoin Pizza Day dirayakan pada 22 Mei setiap tahun. Hari Pizza Bitcoin adalah untuk memperingati hari bersejarah ketika Laszlo Hanyecz menukarkan 10.000 BTC dengan dua pizza pada 22 Mei 2010. Momen ini menjadi sebuah titik balik dalam aplikasi praktis Bitcoin.

Dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (15/5/2024), untuk merayakannya "One Bite of Bitcoin", CoinEx akan mengadakan acara secara daring dan luring lewat kegiatan-kegiatan berikut:

One Line to Bitcoin

Peserta dapat membuat slogan yang mencerminkan pendapat mereka seputar prospek Bitcoin dalam sebuah posting pada akun Twitter/X resmi CoinEx. Slogan yang paling inovatif dan menarik akan mendapatkan 10.000 $CET dari CoinEx.

Share Your Slice

Peserta dapat membagikan foto pizza atau foto pizza yang dihasilkan AI atau perangkat lain dalam kolom komentar dari sebuah posting yang ditayangkan akun Twitter/X resmi CoinEx. Hadiah 10.000 $CET akan dibagikan kepada peserta terbaik.

Offline Meetup

Offline meetups akan digelar di sejumlah lokasi, termasuk Brazil, Kamerun, India, Indonesia, Malaysia, Nigeria, Filipina, Spanyol, dan Vietnam. Kegiatan ini akan berlangsung dalam beragam format sesuai dengan budaya lokal, seperti pertemuan di gerai pizza, food truck, dengan hidangan pizza.

Informasi lebih lanjut segera tersedia lewat akun regional CoinEx di Twitter/X.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah Bitcoin Pizza Day

Sebelumnya, dalam perjalanannya, Bitcoin sebagai aset kripto terbesar dan tertua di dunia memiliki beberapa momen bersejarah, salah satunya adalah Bitcoin Pizza Day. Apa itu Bitcoin Pizza Day dan apakah berpengaruh pada pergerakan harga Bitcoin?

CEO Indodax Oscar Darmawan menjelaskan bitcoin mengalami sejarah yang cukup unik berkenaan dengan pembelian Pizza. 

“Bitcoin pertama kali ditransaksikan ditukarkan dengan Pizza pada tahun 2008. Momen unik ini pun akhirnya diberi nama Bitcoin Pizza Day yang diperingati setiap tanggal 22 Mei setiap tahunnya,” kata Oscar dalam siaran pers, dikutip Minggu (21/5/2023).

Oscar menambahkan, saat itu Miner dan programmer Bitcoin yang berasal dari Florida bernama Laszlo Hanyecz berpikir untuk menukar 10.000 BTC nya dengan pizza. Laszlo pun mengiklankan hal tersebut di forum Bitcointalk untuk membeli dua pizza dengan imbalan 10.000 Bitcoin. 

Tawaran tersebut pun diterima oleh seseorang dan dengan cepat orang tersebut mengirimkan dua pak pizza Papa John ke Laszlo dan mendapatkan 10.000 BTC. Semenjak adanya transaksi itulah setiap tanggal 22 Mei dirayakan sebagai Bitcoin Pizza Day oleh para komunitas kripto.

3 dari 3 halaman

Dampak Bitcoin Pizza Day pada Harga Bitcoin

Oscar mengungkapkan jika Bitcoin Pizza Day belum tentu menaikkan harga Bitcoin. Karena penentu sebenarnya adalah harga market yang berdasarkan supply dan demand. 

“Beberapa orang bertanya apakah Bitcoin Pizza Day akan menaikkan harga Bitcoin ke depan? Jawabannya bisa ya ataupun tidak. Harga Bitcoin dan kripto lainnya tergantung pasar,” jelas Oscar. 

Dilihat berdasarkan data historikal, di tahun lalu, Bitcoin sempat mengalami kenaikan sekitar 5 persen dari 22 Mei 2022 hingga 31 Mei 2022. Jika dilihat tahun ini, harga Bitcoin kemungkinan besar masih akan mengalami kenaikan tipis. Namun, bukan berarti ini dipengaruhi oleh momen Bitcoin Pizza Day.

“Jadi, trader dan investor perlu berhati-hati dan melakukan riset mendalam soal momen-momen penting Bitcoin,” ujarnya.

Menurut Oscar, Bitcoin Halving day yang akan terjadi pada tahun depan adalah momen penting yang akan menaikkan harga. Karena semakin terbatasnya supply atau pasokan Bitcoin di mining zone. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.