Sukses

CEO Ripple Labs Ramal Kaptalisasi Pasar Kripto Tembus USD 5 Triliun di 2024

CEO Ripple Labs, Brad Garlinghouse memperkirakan kapitalisasi pasar gabungan dari pasar kripto akan melampaui USD 5 triliun tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta CEO Ripple Labs, Brad Garlinghouse membahas pandangannya terhadap pasar kripto dan peraturan kripto Amerika Serikat.

Mengutip News.bitcoin, Rabu (10/4/2024) Garlinghouse memperkirakan kapitalisasi pasar gabungan dari pasar kripto akan melampaui USD 5 triliun tahun ini.

"Saya sudah lama berkecimpung dalam industri ini, dan saya telah melihat tren ini datang dan pergi," kata Garlinghouse.

"Saya sangat optimis (pada kripto). Saya pikir tren makro, gambaran besarnya seperti ETF, untuk pertama kalinya mendorong uang institusional nyata," ungkapnya.

Eksekutif Ripple itu mengutip berbagai faktor yang mendorong harga Bbitcoin dan pasar kripto secara keseluruhan, termasuk peluncuran dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) bitcoin spot pertama di AS dan halving Bitcoin yang akan datang.

"Anda melihat hal tersebut mendorong permintaan, dan pada saat yang sama permintaan meningkat, pasokan menurun," katanya.

"Tidak perlu mengambil jurusan ekonomi untuk memberi tahu Anda apa yang terjadi ketika kontrak pasokan dan permintaan meningkat," jelas Garlinghouse.

Memperhatikan bahwa kapitalisasi pasar kripto secara keseluruhan dipengaruhi oleh semua faktor makro ini, Garlinghouse memperkirakan kapitalisasi pasar keseluruhan industri kripto akan meningkat dua kali lipat pada akhir tahun 2024 ini.

Dengan total kapitalisasi pasar kripto saat ini yang berada di sekitar USD 2,7 triliun, peningkatan dua kali lipat akan mendorongnya melampaui USD 5 triliun, katanya.

Peraturan kripto AS yang positif juga dapat meningkatkan pasar, menurut Garlinghouse.

"Sebenarnya, salah satu hal yang ingin saya sampaikan mengenai dampak makro bagi industri ini: Saya pikir kita akan mendapatkan lebih banyak kejelasan di Amerika Serikat," bebernya.

"AS masih merupakan negara dengan perekonomian terbesar di dunia, dan sayangnya AS merupakan salah satu pasar kripto yang paling bermusuhan. Dan saya pikir itu akan mulai berubah," imbuh Garlinghouse.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Kripto Hari Ini 8 April 2024: Bitcoin Cs Menguat Terbatas

Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada Senin (8/4/2024). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali masih di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali menguat. Bitcoin naik 1,39 persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah 2,19 persen sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 69.365 atau setara Rp 1,10 miliar (asumsi kurs Rp 15.887 per dolar AS).

Ethereum (ETH) turut menguat. ETH naik 1,48 persen sehari terakhir, tetapi masih merosot 6,20 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 54,1 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB turun 0,51 persen dan 4,17 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 9,25 juta per koin. 

Kemudian kripto Cardano (ADA) masih berada di zona hijau. ADA menguat 0,69 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih lesu 9,51 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 9.314 per koin.

Adapun Solana (SOL) masih menguat. SOL naik tipis 0,88 persen dalam sehari, tetapi masih anjlok 9,97 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 2,84 juta per koin. 

XRP terpantau masih berada di zona hijau. XRP naik 0,37 persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah 5,56 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 9.407 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) masih perkasa. Dalam satu hari terakhir DOGE terbang 7,90 persen, tetapi masih melemah 10,10 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 3.169 per token.

Harga kripto hari ini stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC) sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 2,59 triliun atau setara Rp 41.149 triliun. 

3 dari 3 halaman

Transaksi Kripto Warga Rusia Sentuh Rp 812 Triliun pada 2023

Sebelumnya diberitakan, Bank Rusia mencatat warga negara Rusia bertransaksi senilai USD 51 miliar atau setara Rp 812 triliun (asumsi kurs Rp 15.922 per dolar AS) dalam kripto sepanjang 2023.

Mengutip dari Bitcoin.com, Minggu (7/4/2024), menurut laporan tahunan yang dikeluarkan oleh bank tersebut, penyelidikannya menemukan aliran volume yang setara dengan jumlah tersebut, terutama dalam Bitcoin dan Eter, dikaitkan dengan kepada warga negara Rusia dalam pertukaran besar.

Laporan tersebut juga menyoroti volume transaksi mata uang kripto yang dianggap berisiko tinggi oleh bank, seperti operasi p2p dan penyelesaian dengan bisnis bayangan, meningkat pada 2023.

Volume transaksi Bitcoin pada kuartal satu dan dua 2023 menunjukkan penurunan sebesar 22,4% dibandingkan volume yang ditransaksikan pada periode yang sama selama 2022. Bank menyatakan ini hanya arus transaksi dan tidak dapat diartikan sebagai volume investasi.

Meskipun demikian, laporan tersebut menetapkan kepemilikan orang Rusia di bursa kripto turun 3,1% dibandingkan 2022.

Laporan tentang orang Rusia yang memiliki mata uang kripto dalam jumlah besar bukanlah hal baru. Pada 2022, Bloomberg melaporkan pihak berwenang memperkirakan warga negara Rusia memiliki kripto senilai USD 215 miliar atau setara Rp 3.423 triliun, sehingga memotivasi pemerintah untuk menyusun peta jalan untuk mengatur aktivitas ini.

Kemudian pada 2023, Layanan Pemantauan Keuangan Federal Federasi Rusia (Rosfinmonitoring) juga memperingatkan tentang tingginya popularitas kripto di negara tersebut. Pada saat itu, Yury Chikhanchin, kepala layanan, melaporkan perputaran mata uang kripto lebih dari 630.000 bitcoin, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Namun, baru-baru ini Bank Sentral dan Kementerian Keuangan bertemu untuk menentukan apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan dengan cryptocurrency secara internal di Rusia, menurut Menteri Keuangan Anton Siluanov.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini