Sukses

Halving Makin Dekat, Ke Mana Arah Bitcoin?

Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur mengatakan Bitcoin hampir tidak bertahan di atas USD 51.000 selama pergerakan pada awal pekan ketiga Februari 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang halving, harga Bitcoin berhadapan langsung dengan likuiditas di level USD 53.000 pada pergerakan tengah pekan ini. Penolakan kenaikan tersebut memicu aksi jual yang mengakibatkan penurunan lebih dalam di bawah USD 52.000, level yang menjadi penting bagi para pelaku pasar akhir pekan lalu.

Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur mengatakan Bitcoin hampir tidak bertahan di atas USD 51.000 selama pergerakan pada awal pekan ketiga Februari 2024. Para pelaku pasar cenderung melihat level harga USD 50.000 dan USD 48.000 sebagai area dukungan potensial berikutnya. Terlebih momen halving yang semakin dekat kurang dari 60 hari.

"Halving Bitcoin yang diperkirakan terjadi antara 20-22 April 2024 nanti akan semakin menarik perhatian investor dan trader. Event halving ini diketahui memiliki dampak signifikan terhadap suplai Bitcoin, di mana hadiah untuk penambangan blok Bitcoin akan berkurang setengahnya. Ini merupakan mekanisme yang telah terprogram untuk mengurangi laju inflasi Bitcoin dan secara historis telah memicu kenaikan harga," kata Fyqieh dalam keterangan resmi, Kamis (22/2/2024).

Meski begitu, Fyqieh menilai pelaku pasar harus mengetahui tren Bitcoin halving yang terjadi secara berulang sejak 2009. Dalam catatannya, memang benar bahwa penurunan harga yang signifikan mendahului setiap halving, sehingga membuka peluang bagi lonjakan pasar berikutnya.

Misalnya, pada 2012, penurunan harga Bitcoin secara dramatis sebesar 50,78 persen terjadi hanya beberapa bulan sebelum halving. Namun, Bitcoin naik ke level baru setelahnya. Pola serupa juga terjadi pada tahun 2016 dan 2020, dengan koreksi sebelum halving masing-masing sebesar 40,37 persen dan penurunan tajam sebesar 63,09 persen, diikuti oleh pemulihan yang kuat setelah halving.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Potensi Mencapai Puncak

"Pada awal tahun 2024, Bitcoin mengalami pertumbuhan sebesar 21,17 persen, memicu spekulasi pasar bullish yang akan datang. Namun, jika pola historis menunjukkan hal ini, pasar mungkin bersiap menghadapi koreksi, berpotensi turun di bawah USD 50.000 sebelum naik pasca-halving," beber Fyqieh.

Fyqieh menjelaskan trader dan investor juga akan terus mencoba untuk menaikan harga BTC di atas resistensi USD 53.000. Pengujian ulang yang berhasil pada level ini akan menyiratkan tren naik yang lebih kuat yang menargetkan area di atas USD 54.000.

Meskipun terjadi koreksi di bawah USD 50.000, Bitcoin menegaskan potensi mencapai puncaknya antara USD 58.000 dan USD 60.000 sebelum berkurang separuhnya.

Meski ada potensi penurunan, pentingnya kenaikan harga peristiwa halving ini tidak dapat dilebih-lebihkan. Setelah halving pada tahun 2012, 2016, dan 2020, Bitcoin mengalami lonjakan yang mengejutkan masing-masing sebesar 11,000 persen, 3,072 persen, dan 700 persen. Periode momentum bullish ini berlangsung antara 365 dan 549 hari, mencerminkan dampak besar halving terhadap dinamika pasar.

"Jika pasar bullish yang akan datang mencerminkan lintasan masa lalu, ekspektasi dapat menentukan puncak pasar Bitcoin berikutnya sekitar bulan April atau Oktober 2025," pungkas Fyqieh.

3 dari 4 halaman

Penulis Ternama Robert Kiyosaki Prediksi Harga Bitcoin Tembus USD 100.000 di Juni 2024

Sebelumnya diberitakan, investor dan penulis terkenal Robert Kiyosaki kembali membagikan pandangannya untuk aset kripto. Melalui postingannya di X, Kiyosaki memperkirakan harga Bitcoin (BTC) akan naik menjadi USD 100.000 atau setara Rp 1,5 miliar (asumsi kurs Rp 15.633 per dolar AS) pada Juni 2024. 

Dilansir dari Coinmarketcap, Selasa (20/2/2024), postingan tersebut mendapat reaksi positif dari banyak pelaku pasar kripto. Dikenal karena buku keuangan pribadi terlarisnya “Rich Dad Poor Dad” dan partisipasi aktifnya di pasar keuangan, Kiyosaki telah menarik perhatian investor dan penggemar kripto dengan membagikan ekspektasi bullishnya terhadap Bitcoin di akun X pribadinya.

Dalam postingannya, Kiyosaki menekankan optimismenya terhadap potensi jangka panjang Bitcoin dan kemampuannya untuk melanjutkan tren kenaikannya di tahun-tahun mendatang. Target harga USD 100.000 mewakili tonggak penting bagi Bitcoin, sesuai dengan kenaikan 92% dari tingkat harga saat ini.

Penggambaran Kiyosaki tentang BTC sebagai opsi investasi yang menguntungkan adalah bagian dari semakin banyak suara yang mengungkapkan ekspektasi pertumbuhan signifikan untuk mata uang kripto terbesar ini. 

Rekam Jejak Robert Kiyosaki

Rekam jejak Kiyosaki sebagai investor sukses memberikan kredibilitas pada prediksinya, semakin meningkatkan optimisme di kalangan investor Bitcoin dan memperkuat kepercayaan terhadap kinerja masa depan mata uang kripto terkemuka tersebut.

Postingan Kiyosaki bertepatan dengan periode peningkatan volatilitas dan volume perdagangan Bitcoin. 

Seiring dengan berlanjutnya dukungan dari sebelas ETF Bitcoin spot yang diluncurkan di AS pada Januari dan penerimaan arus utama terhadap altcoin meningkat, banyak analis dan pakar seperti Kiyosaki memperkirakan nilai Bitcoin akan semakin meningkat dalam beberapa bulan dan tahun mendatang.

 

 

4 dari 4 halaman

Lindung Nilai

Selain itu, penggambaran Kiyosaki tentang Bitcoin sebagai lindung nilai yang sesuai terhadap inflasi dan ketidakpastian ekonomi melengkapi narasi yang lebih luas seputar peran mata uang kripto terbesar ini sebagai emas digital. 

Ketika bank sentral di seluruh dunia menerapkan kebijakan moneter yang ketat dan pemerintah bergulat dengan meningkatnya beban utang, kelangkaan dan sifat desentralisasi Bitcoin menjadikannya sebagai penyimpan nilai dan aset investasi alternatif yang menarik.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.