Sukses

11 Saham Perusahaan Penambang Bitcoin Terdaftar di Nasdaq Menguat 3 Digit

Sebagian besar perusahaan penambang publik yang terdaftar di Nasdaq ini mengungguli bitcoin (BTC) pada 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak tahun ini dimulai, baik bitcoin maupun ekonomi kripto yang lebih luas telah meningkat nilainya secara signifikan, dengan bitcoin melonjak lebih dari 150% sejak 1 Januari 2023. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Minggu (31/12/2023), adapun 11 dari 13 perusahaan penambang bitcoin yang terdaftar di Nasdaq mengalami kenaikan yang sama yaitu peningkatan tiga digit yang lebih besar pada tahun ini. Bahkan, Marathon Digital Holdings mengalami kenaikan signifikan sebesar 767% sejak awal tahun.

Sebagian besar perusahaan penambang publik yang terdaftar di Nasdaq ini mengungguli bitcoin (BTC) tahun ini. Ini karena momentum menjelang halving bitcoin yang diperkirakan akan berlangsung sekitar 116 hari. Selain itu 2024 akan menjadi tahun yang sangat penting bagi perusahaan dan pengamat pertambangan.

Marathon Digital (MARA) mengklaim posisi terdepan tahun ini, meningkat 767% sejak awal tahun. Bitfarms (BITF) mengalami kenaikan signifikan sebesar 705% sejak Januari 2023. 

Sementara itu, Bit Digital (BTBT) naik sebesar 703% tahun ini, dan Iris Energy (IREN) meningkat sebesar 629%. Cleanspark (CLSK) melonjak 539%, Riot Platforms (RIOT) melonjak 433%, dan Terawulf (WULF) meningkat sebesar 332%. 

Selanjutnya, Hut8 (HUT) melonjak sebesar 324% terhadap dolar AS sejak Januari, sementara Argo Blockchain (ARBK) menguat sebesar 312%. 

Perusahaan pertambangan Hive (HIVE) melonjak 283%, dan Greenidge Generation (GREE), dengan peningkatan sebesar 174%, menjadi perusahaan pertambangan terakhir yang melampaui perolehan BTC.

Perusahaan pertambangan publik lainnya masih memperoleh keuntungan dengan Stronghold Digital (SDIG) naik 117% dan Bitdeer (Nasdaq: BTDR) melonjak 31%. Menjelang berakhirnya 2023, lonjakan jumlah bitcoin dan perusahaan pertambangan menggarisbawahi sektor yang berkembang pesat, melampaui pasar yang lebih luas. 

Dengan Marathon yang memimpin sebesar 767% dan bahkan perolehan terendahnya masih mengesankan, industri ini menantikan acara halving pada 2024 dengan penuh antisipasi, siap menghadapi potensi perubahan profitabilitas dan pertumbuhan lebih lanjut dalam lanskap dinamis penambangan kripto.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Reli Bitcoin Diprediksi Berlanjut, Ini Sentimen Pendorongnya

Sebelumnya diberitakan, tingkat pendanaan untuk bitcoin telah mulai kembali ke level normal menyusul reli baru-baru ini yang mendorong banyak trader membayar biaya lebih tinggi dari biasanya untuk tetap dalam posisi buy mereka.

Dilansir dari Coingape, Sabtu (30/12/2023), menurut data dari Coinglass, para trader membayar biaya mulai dari 0,19% hingga 0,93% untuk Bitcoin atas dana pinjaman mereka agar tetap dalam posisi beli dalam tujuh hari terakhir. Biayanya mencapai 4,6% untuk token ORDI berbasis Bitcoin.

Tingkat pendanaan untuk token utama lainnya  termasuk Ethereum, Solana, dan XRP juga telah menjadi normal, menunjukkan banyak pembeli pasar yang bearish. Ketika tingkat pendanaan berjangka kripto diatur ulang, pasar kripto mengalami hampir 138 juta likuidasi kumulatif dalam 24 jam terakhir.

Menurut definisinya, tingkat pendanaan adalah pembayaran berkala antara pedagang pendek dan panjang, yang bertujuan untuk menjaga harga kontrak masa depan abadi suatu aset mendekati harga spotnya. 

Kontrak berjangka abadi adalah perjanjian untuk membeli atau menjual aset dengan harga yang telah disepakati sebelumnya, dengan kontrak tersebut tidak memiliki tanggal kadaluarsa.

Intinya, tingkat pendanaan mencerminkan sentimen keseluruhan pedagang dan proyeksi mereka terhadap tren pasar di masa depan. Tingkat pendanaan negatif menandakan pedagang sedang melakukan short, yang berarti mereka memperkirakan pasar akan turun. 

Demikian pula, tingkat pendanaan positif menunjukkan pedagang melakukan pembelian, dan mengantisipasi kenaikan pasar seiring berjalannya waktu.

Data menunjukkan sebagian besar pedagang mengharapkan tingkat Bitcoin yang lebih rendah di masa depan. Namun, para analis memperkirakan Bitcoin akan melanjutkan tren naiknya meskipun terjadi kemunduran baru-baru ini.

3 dari 4 halaman

Microstrategy Kembali Borong Bitcoin Senilai Rp 9,4 Triliun

Sebelumnya diberitakan, perusahaan perangkat lunak MicroStrategy mengatakan pada Rabu, 27 Desember 2023 telah membeli bitcoin senilai sekitar USD 615,7 juta atau setara Rp 9,4 triliun (asumsi kurs Rp 15.405 per dolar AS) secara tunai. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Kamis (28/12/2023), MicroStrategy dan anak perusahaannya membeli sekitar 14.620 bitcoin dengan harga rata-rata sekitar USD 42.110 atau setara Rp 648,5 juta antara 30 November dan 26 Desember, menurut pengajuan perusahaan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Langkah MicroStrategy membeli bitcoin untuk melindungi nilai aset cadangannya telah membantu memperkuat daya tarik saham perusahaan, yang cenderung bergerak seiring dengan aset digital.

Dalam beberapa bulan terakhir, serentetan pengajuan, termasuk dari perusahaan keuangan tradisional kelas berat seperti BlackRock (BLK) telah menghidupkan kembali pasar kripto yang telah hancur setelah beberapa perusahaan terkenal seperti FTX milik Sam Bankman-Fried runtuh.

ETF kripto spot akan melacak harga pasar dari aset kripto yang mendasarinya, memberikan investor eksposur terhadap token tersebut tanpa harus membeli mata uang tersebut.

MicroStrategy, yang mulai membeli cryptocurrency pada 2020, mengatakan pihaknya bersama dengan anak perusahaannya sekarang memiliki sekitar 189.150 bitcoin yang dibeli dengan harga sekitar USD 5,9 miliar atau setara Rp 90,8 triliun.

Perusahaan mengatakan investasi bitcoinnya dimaksudkan sebagai kepemilikan jangka panjang dan berharap untuk terus mengakumulasi kripto terbesar dan paling terkenal di dunia.

 

4 dari 4 halaman

Pendiri Microstrategy Michael Saylor Sebut ETF Bitcoin Bakal Picu Lonjakan Harga Kripto

Sebelumnya diberitakan, salah satu pendiri Microstrategy, Michael Saylor menyatakan persetujuan ETF Bitcoin spot dapat memicu permintaan terpendam yang sangat besar terhadap kripto, sehingga memicu kenaikan harga yang drastis pada 2024.

Dalam sebuah wawancara di Bloomberg, Saylor berpendapat ETF Bitcoin spot akan memberi investor arus utama saluran yang sesuai dengan bandwidth tinggi pertama mereka untuk mendapatkan eksposur ke Bitcoin. 

“Hal ini dapat mendorong peningkatan permintaan sebesar 2 hingga 10 kali lipat, katanya,” kata Saylor dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (21/12/2023).

Pada saat yang sama, pasokan Bitcoin akan semakin sedikit pada April ketika peristiwa halving terjadi, sehingga mengurangi separuh pasokan baru yang dihasilkan setiap hari oleh para penambang.

Dengan meroketnya permintaan karena berkurangnya pasokan, Saylor memperkirakan harga akan lebih tinggi. Saylor percaya ETF spot akan menjadi perkembangan terbesar di Wall Street dalam 30 tahun, setara dengan penciptaan dana indeks S&P 500 pertama pada 1993 yang memberikan investor arus utama eksposur yang mudah ke pasar saham yang luas untuk pertama kalinya.

"Kami memperkirakan 2024 akan menjadi tahun yang baik bagi kelas aset. Kami tidak tahu sejauh mana aset tersebut akan berjalan pada saat ini," ujar Saylor.

Sebagai pendukung Bitcoin yang vokal, Saylor mengatakan MicroStrategy akan terus memanfaatkan leverage dan arus kas untuk memperluas kepemilikan Bitcoinnya daripada melikuidasi untuk berinvestasi di ETF spot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini