Sukses

Sam Bankman-Fried hingga Changpeng Zhao, Tokoh Besar Kripto yang Terjerat Kasus Sepanjang 2023

Berikut dua skandal besar yang dilakukan oleh tokoh kripto yakni Sam Bankman-Fried hingga Changpeng Zhao sepanjang 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang 2023 industri kripto menjalani berbagai macam sentimen positif dan negatif. Segi positif, harga Bitcoin dan beberapa kripto lainnya berhasil pulih dari penurunan pada 2022.

Dari sentimen negatif, ada beberapa skandal besar dari tokoh terkemuka kripto yang cukup menggemparkan industri kripto pada 2023. Dilansir dari CNN, Minggu, 31 Desember 2023, berikut dua skandal besar yang dilakukan oleh tokoh kripto sepanjang 2023.

Skandal Sam Bankman-Fried

Tidak ada sosok yang lebih besar dalam hal kripto pada 2023 selain Sam Bankman-Fried (SBF), pengusaha yang pernah dipuji sebagai seorang visioner yang dinyatakan bersalah pada November karena mengatur penipuan bernilai miliaran dolar selama bertahun-tahun melalui platform perdagangan FTX miliknya.

Pengadilan SBF, begitu dia dikenal secara luas, adalah tontonan tahun ini bagi para kritikus terbesar kripto dan penggemar paling kerasnya. 

Bagi mereka yang cenderung menganggap kripto sebagai penipuan yang rumit, pengadilan tersebut menutup tirai penipuan yang mendasari FTX, yang menarik jutaan investor arus utama dengan promosinya sebagai cara yang ramah bagi pemula untuk masuk ke dalam aset digital yang sedang berkembang.

Di sisi lain, para penganut kripto yang menjadikan SBF menjadi miliarder penyelamat semu juga bersorak atas keyakinannya, menyebut putusan tersebut sebagai pembersihan apel buruk yang sudah terlambat.

Kasus Changpeng Zhao

Beberapa minggu setelah putusan kepada SBF, pihak berwenang AS kembali melakukan penegakan hukum. Changpeng Zhao, alias CZ, pendiri platform perdagangan kripto paling populer, Binance, mengaku bersalah atas tuduhan pencucian uang sebagai bagian dari penyelesaian USD 4 miliar atau setara Rp 61,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.390 per dolar AS).

Dalam dua minggu setelah pengakuan bersalah CZ, bitcoin melonjak 23% hingga mencapai USD 44.000 atau setara Rp 677,1 juta level tertinggi dalam 18 bulan, karena investor menantikan berita yang lebih positif di masa depan.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pejabat CFTC Sebut Penyelesaian Kasus Binance Bisa Jadi Pandangan bagi Perusahaan Kripto

Sebelumnya diberitakan, tindakan penegakan hukum terhadap perusahaan kripto telah mencapai puncaknya setelah penyelesaian senilai USD 4,3 miliar atau setara Rp 66,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.474 per dolar AS) oleh Binance bulan lalu. 

Mengomentari hal ini, Komisaris Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi (CFTC), Kristin Johnson menyebut kasus tersebut memberi perusahaan kripto pandangan tentang bagaimana mereka harus diatur.

Penyelesaian Binance dengan CFTC dan Departemen Keuangan, yang dinegosiasikan oleh Departemen Kehakiman, adalah karena melanggar undang-undang anti pencucian uang dan sanksi AS.

“Harapan saya adalah kita melihat adanya lonjakan, dan apa yang akan kita lihat ke depan adalah kasus-kasus awal ini akan menjadi sebuah peringatan bagi perusahaan-perusahaan yang benar-benar ingin berhasil beroperasi dalam ekosistem ini,” kata Johnson, dikutip dari Yahoo Finance, Senin (11/12/2023).

Johnson menambahkan, regulator AS telah mengajukan beberapa kasus terhadap perusahaan kripto seperti Binance, membantu membangun pagar pembatas untuk membawa ketertiban dan struktur ke pasar.

Dia mendesak perusahaan kripto untuk mempelajari penyelesaian Binance untuk melihat regulator tata kelola seperti apa yang dicari di perusahaan kripto.

“Bagi perusahaan-perusahaan yang benar-benar ingin sukses beroperasi di bidang ini, terdapat pola yang semakin jelas tentang cara beroperasi. Ambillah petunjuknya," ujarJohnson.

CFTC juga akan sangat bijaksana dalam mewajibkan pengungkapan yang lebih baik di perusahaan kripto yang terintegrasi secara vertikal, menggabungkan berbagai aktivitas di bawah satu atap.

 

3 dari 4 halaman

Pangsa Pasar Binance Turun 30% pada Desember 2023

Sebelumnya diberitakan, Binance, yang pernah menjadi kekuatan dominan di ruang pertukaran kripto, telah mengalami penurunan pangsa pasar secara signifikan selama setahun terakhir.

Keterlibatan perusahaan dalam berbagai penyelidikan peraturan, ditambah dengan kepergian CEO dan pendirinya, Changpeng Zhao (CZ), telah mengakibatkan penurunan dominasi pasar secara signifikan.

Menurut CCData, pangsa pasar Binance turun menjadi 30,1% pada Desember, penurunan yang signifikan dari 55% yang dimilikinya pada awal tahun. 

Volume spot bulanan di bursa juga turun dari USD 474 miliar atau setara Rp 7.280 triliun (asumsi kurs Rp 15.360 per dolar AS) menjadi USD 114 miliar atau setara Rp 1.751 triliun antara Januari dan September, turun lebih dari 70%.

Partisipasi Binance dalam berbagai investigasi regulasi menghasilkan serangkaian penyelesaian, termasuk perjanjian senilai USD 4,3 miliar atau setara Rp 66 triliun dengan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas Amerika Serikat (CFTC) pada November.

Kesepakatan serupa telah dicapai dengan Departemen Kehakiman dan Keuangan Amerika Serikat. Tantangan peraturan juga menyebabkan beberapa eksekutif tingkat tinggi meninggalkan organisasi, sehingga menambah tahun penuh gejolak perusahaan.

Meskipun kehilangan pangsa pasar, volume perdagangan bulanan Binance mulai pulih sejak September. Lintasan pertukaran pada akhir tahun ini dipengaruhi oleh perjanjian penyelesaian dan pergantian kepemimpinan. Meskipun pangsa pasar perdagangan spotnya jauh lebih rendah, Binance tetap menjadi bursa kripto terbesar.

Menurut CCData, OKX meningkatkan pangsa pasarnya menjadi 8% pada Desember dari sekitar 4% pada awal tahun, mengamankan posisi kedua di belakang Binance. Ketika perdagangan spot dan berjangka digabungkan, pangsa pasar OKX naik menjadi 21%, sementara Binance turun menjadi 42%.

 

4 dari 4 halaman

Binance Tarik Permohonan Lisensi Manajemen Aset di Abu Dhabi

Sebelumnya diberitakan, Binance telah menarik permohonannya untuk lisensi manajemen aset di Abu Dhabi. Aplikasi tersebut akan memungkinkan unit Manajemen Investasi BV Binance untuk mengoperasikan dana investasi di Uni Emirat Arab (UEA).

Pernyataan akun resmi Binance Labs X mengatakan ini tidak ada hubungannya dengan pertukaran Binance. Dengan izin tersebut, kami bertujuan untuk mengelola dana yang diperoleh dari LP. 

"Namun, kami memutuskan untuk fokus pada inkubasi para pendiri dan startup tahap awal. Oleh karena itu, tingkat pemanfaatan dana tersebut rendah. Jadi, kami memutuskan untuk mengembalikan uang tersebut ke piringan hitam dan membatalkan lisensi karena kami tidak membutuhkannya,” kata Binance Labs X, dikutip dari Coinmarketcap, Rabu (13/12/2023).

Meskipun menarik tawarannya untuk mendapatkan lisensi, UEA terus menjadi wilayah penting bagi Binance. Perusahaan ini memiliki persetujuan peraturan aktif di Dubai dan Abu Dhabi, tempat tinggal pendiri keluarga tersebut, Changpeng Zhao.

Namun, seorang juru bicara mengatakan perusahaan tersebut memutuskan izin Abu Dhabi perlu direvisi untuk memenuhi perubahan kebutuhan internasional Binance.

CEO yang baru diangkat Richard Teng mengonfirmasi bahwa kantor pusat regional Binance berada di Dubai. Dia menambahkan rincian tentang basis global perusahaan akan dibagikan nanti.

Sejak 2022, Binance telah mencabut permohonan lisensi di Jerman, Siprus, dan Belanda. Regulator di Belgia, Inggris, Australia, dan Filipina telah memaksa Binance untuk menghentikan operasinya atau memblokir akses ke pengguna baru.

Baru-baru ini, Teng menegaskan kembali komitmen Binance untuk berkolaborasi dengan otoritas di seluruh dunia untuk menyediakan produk dan layanan aset digital yang sesuai.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini