Sukses

Sempat Temui Mantan Presiden AS Sebelum FTX Runtuh, Sam Bankman-Fried Diduga Miliki Kekuatan Politik

Nama-nama yang terungkap termasuk mantan Presiden AS, Bill Clinton, Gubernur New York Kathy Hochul, dan ketua raksasa minyak Saudi Aramco

Liputan6.com, Jakarta - Menurut dokumen pengadilan terbaru, dua bulan sebelum pertukaran kripto FTX runtuh, Sam Bankman-Fried, melakukan perjalanan keliling New York dan bertemu dengan beberapa tokoh paling berpengaruh dan kaya di dunia.

Dilansir dari Yahoo Finance, Kamis (19/10/2023), nama-nama yang terungkap termasuk mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Bill Clinton, Gubernur New York Kathy Hochul, dan ketua raksasa minyak Saudi Aramco Yasir Al-Rumayyan. 

Email dan undangan kalender yang dipamerkan di pengadilan membuktikan jaksa New York yang memiliki wewenang untuk mengajukan tuntutan terhadap pendiri kripto menunjukkan Bankman-Fried memiliki kekuatan politik yang siap membantu kasusnya.

Setelah dugaan pertemuan dengan Walikota NYC Eric Adams pada Maret 2022 di Osteria La Baia, Bankman-Fried kembali ke Manhattan pada 16 September 2022 untuk bertemu dengan Hochul.

Data telepon seluler mengonfirmasi mantan CEO FTX itu memang berada di Manhattan selama pertemuan terjadwal dengan kedua politisi New York tersebut, menurut agen FBI yang melakukan analisis forensik terhadap telepon Bankman-Fried. 

Namun, juru bicara Hochul tidak segera menanggapi permintaan komentar tentang di mana dia bertemu dengan Bankman-Fried dan hidangan apa, jika ada, yang dia pesan. Tim pers Adams juga tidak segera menanggapi apakah pertemuan mereka memang mencerminkan perjalanan ke Italia.

Kemudian, pada 20 September, Sam Bankman-Fried dijadwalkan bertemu dengan Bill Clinton, yang pernah menjadi pemimpin AS, mulai pukul 4 sore. sampai jam 5 sore. di New York Hilton Midtown. 

Data seluler sekali lagi memastikan dia ada di sekitar. Namun sekali lagi, perwakilan media di Clinton Foundation tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai rincian pertemuan tersebut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mencari Modal

Bankman-Fried tidak hanya menyukai kekuasaan politik tetapi juga uang, dan pameran di pengadilan menggambarkan ia menghabiskan sebagian kunjungannya ke New York untuk mencari modal, termasuk makan malam larut malam di The Pierre, sebuah hotel bintang lima yang menghadap Central Park.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

Habiskan Rp 17,7 Triliun untuk Biaya Sponsor hingga Sumbangan Politik

Sebelumnya diberitakan, Mantan direktur teknik FTX, Nishad Singh mengatakan kepada juri dalam persidangan pada Senin, 16 Oktober 2023 Sam Bankman-Fried, pendiri pertukaran kripto FTX, menghabiskan USD 1,13 miliar atau setara Rp 17,7 triliun (asumsi kurs Rp 15.686 per dolar AS). 

Dilansir dari CNBC, Selasa, 17 Oktober 2023, dana sebanyak ini digunakan untuk segala hal mulai dari investasi real estat dan ventura hingga sumbangan kampanye dan dukungan selebriti.

Singh mengatakan dia sering menemui Bankman-Fried untuk menyuarakan keprihatinannya atas pengeluaran perusahaan. 

Menghabiskan uang FTX adalah bagian penting dari kasus penuntutan karena sebagian besar dugaan penipuan berkisar pada apa yang terjadi pada miliaran dolar dana pelanggan yang seharusnya diinvestasikan dalam kripto dan disimpan di rekening klien tetapi kemudian menghilang. 

Bankman-Fried menghadapi tujuh tuntutan pidana terkait dengan runtuhnya FTX dan Alameda, termasuk penipuan kawat, penipuan sekuritas, dan pencucian uang yang dapat membuatnya dipenjara seumur hidup. Dia mengaku tidak bersalah.

3 dari 5 halaman

Dukungan Ratusan Juta Dolar AS

Pengadilan menunjukkan spreadsheet investasi yang dilakukan pada 2021. Investasi tersebut termasuk USD 1 miliar atau setara Rp 15,6 triliun ke Genesis untuk perusahaan pertambangan, USD 499 juta atau setara Rp 7,8 triliun untuk startup Anthropic, dan USD 200 juta atau setara Rp 3,1 triliun untuk perusahaan investasi K5.

Singh mengatakan pengeluaran K5 adalah hal yang paling meresahkan. Bankman-Fried juga memberikan bonus ratusan juta dolar kepada pemiliknya, Michael Kives dan Bryan Baum. 

Dalam sidang, juri diberikan spreadsheet terpisah mengenai kesepakatan sponsorship selebriti. Itu termasuk USD 205 juta atau setara Rp 3,2 triliun untuk arena FTX di Miami, USD 150 juta atau setara Rp 3,2 triliun untuk Major League Baseball.

Kemudian USD 28,5 juta atau setara Rp 447,1 miliar untuk Stephen Curry, USD 50 juta atau setara Rp 784,5 miliar untuk Tom Brady dan Giselle Bundchen, dan USD 10 juta atau setara Rp 156,9 miliar untuk Larry David. 

 

4 dari 5 halaman

Pelanggan Kripto Ungkap Masih Terdampak Bangkrutnya Pertukaran Kripto FTX

Sebelumnya diberitakan, satu pelanggan pertukaran kripto FTX, Lee Rees mengungkapkan masih terdampak dari bangkrutnya FTX. Ketika FTX runtuh tahun lalu, Rees kehilangan USD 100.000 atau setara Rp 1,5 miliar (asumsi kurs Rp 15.661 per dolar AS), ini setengah pendapatan tahunannya.

Jaksa memanggil beberapa pelanggan FTX untuk bersaksi dalam persidangan pendiri FTX dan mantan CEO Sam Bankman-Fried. Mereka diberi tahu aset mereka aman, dan untuk menceritakan bagaimana keruntuhan FTX berdampak pada mereka.

"Itu mempengaruhi hidup saya. Saya punya nyawa yang harus dibayar. Seperti bosmu tidak membayarmu. Kamu tidak bisa hidup, bukan?” kata Rees dalam kesaksiannya di pengadilan dikutip dari Yahoo Finance, Senin (9/10/2023). 

Sam Bankman-Fried dituduh menggelapkan USD 10 miliar atau setara Rp 156,6 triliun dari pelanggan yang tidak menaruh curiga untuk menopang dana lindung nilai Alameda Research. 

Bankman-Fried juga terungkap dalam persidangannya di New York minggu ini, dirinya membeli properti mewah, dan mendanai sumbangan politik menggunakan dana pengguna. 

5 dari 5 halaman

Dampak pada Pasar Kripto

Industri kripto tumbuh pesat selama 2020 dan 2021, tetapi pada 2022 harga token anjlok karena suku bunga naik dan investor memindahkan uang mereka ke tempat lain, sehingga memicu serangkaian keruntuhan.

Saat ini, kripto senilai sekitar USD 30 miliar atau setara RP 469,8 triliun hingga USD 35 miliar atau setara Rp 548,1 triliun terkunci dalam kebangkrutan mata uang kripto, dengan sekitar 15 juta orang terkena dampaknya, menurut Xclaim. Ada sekitar USD 16 miliar atau setara Rp 250,5 triliun kripto yang terjebak di FTX ketika runtuh, menurut Xclaim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.