Sukses

Platform Restoran Kripto Blackbird Labs Raih Pendanaan Rp 375,5 Miliar

Pendanaan ini dipimpin oleh perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz (a16z).

Liputan6.com, Jakarta Blackbird Labs, sebuah aplikasi dan program loyalitas yang menghubungkan restoran dan pelanggan mereka melalui aplikasi bertenaga kripto, mengumumkan mereka telah mengumpulkan USD 24 juta atau setara Rp 375,5 miliar (asumsi kurs Rp 15.648 per dolar AS) dalam putaran pendanaan seri A.

Pendanaan ini dipimpin oleh perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz (a16z). Melalui Blackbird, yang dibangun di atas blockchain Layer-2 Base Coinbase, pelanggan mengetuk ponsel mereka pada pembaca komunikasi jarak dekat (NFC) dan membuat keanggotaan Non Fungible Token (NFT). NFT kemudian dicetak ketika pengguna memilih restoran tersebut.

“Keanggotaan Blackbird membuka hadiah dan keuntungan orang dalam seperti item di luar menu dan petugas SMS,” kata siaran pers perusahaan, dikutip dari Yahoo Finance, Selasa (17/10/2023).

Proyek ini telah menarik perhatian arus utama karena CEO-nya adalah Ben Leventhal, salah satu pendiri jaringan makan Resy.

Namun di balik layar terdapat infrastruktur berbasis blockchain dan etos terdesentralisasi. Pengunjung juga bisa mendapatkan token FLY Coin dan tautan situs web Blackbird ke "Flypaper" yang menjelaskan beberapa mekanismenya.

Blackbird telah bermitra dengan Privy sehingga pengguna tidak perlu memiliki dompet kripto sebelum bergabung; mereka hanya perlu masuk dengan nomor telepon mereka yang secara otomatis memberi mereka akses ke dompet hak asuh mandiri.

Blackbird diluncurkan beberapa bulan lalu dan telah mendaftarkan sekitar 80 restoran di New York City. Hal ini terjadi ketika sejumlah perusahaan telah mencoba sistem berbasis penghargaan melalui NFT dan berjuang untuk mempertahankan penggunaan yang konsisten.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertemuan Baru G20 Bahas Implementasi Aturan Kripto Global IMF dan FSB

Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral kelompok 20 (G20) bertemu di Marrakesh, Maroko, pada 12-13 Oktober 2023. Menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20 itu juga membahas berbagai topik, termasuk peraturan kripto.

Dilansir dari Bitcoin.com, Senin (16/10/2023), dalam komunike yang dikeluarkan pada akhir pertemuan dua hari tersebut, para kepala keuangan G20 menyatakan apresiasi mereka kepada Dana Moneter Internasional (IMF) dan Dewan Stabilitas Keuangan (FSB).

Apresiasi itu diberikan karena secara efektif lembaga tersebut menyusun Makalah Sintesis IMF-FSB yang mana para pemimpin (G20) disambut baik dalam Deklarasi G20 New Delhi. IMF dan FSB menerbitkan makalah sintesis mereka yang berjudul Kebijakan untuk Aset Kripto pada September 2023.

 

3 dari 3 halaman

Deklarasi Dukungan

Sebelumnya pada September 2023, para pemimpin G20 menyatakan dalam deklarasi mereka mereka mendukung rekomendasi IMF dan FSB untuk regulasi, pengawasan, dan pengawasan aktivitas dan pasar aset kripto serta pengaturan stablecoin global. 

Mereka juga mendesak FSB dan badan penetapan standar lainnya untuk mendorong penerapan rekomendasi ini secara efektif dan tepat waktu secara konsisten secara global untuk menghindari arbitrase peraturan.

Peta Jalan tersebut terperinci dan berorientasi pada tindakan ini sangat penting untuk mencapai tujuan bersama global mengenai stabilitas makroekonomi dan keuangan dan untuk memastikan implementasi kerangka kebijakan komprehensif untuk aset kripto yang efektif, fleksibel, dan terkoordinasi.

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

    Kripto

  • Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)
    Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)

    NFT

  • Blockchain

Video Terkini