Sukses

SEC Tunda Keputusan ETF Bitcoin Termasuk Blackrock Jelang Shutdown, Ini Kata Analis

SEC menunda keputusan ETF Bitcoin jelang penutupan pemerintahan Amerika Serikat (AS) atau shutdown menambah ketidakpastian penerbitan ETF Bitcoin.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) telah menunda keputusannya mengenai dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF) yang diusulkan oleh beberapa perusahaan.

Penundaan pengajuan aplikasi perusahaan besar keuangan Blackrock, manajer aset Valkyrie, dan lainnya terjadi menjelang penutupan pemerintah yang diperkirakan akan berdampak pada SEC.

Melansir Bitcoin, ditulis Minggu (1/10/2023), masa depan sejumlah upaya untuk menerbitkan ETF bitcoin spot di Amerika Serikat masih belum jelas setelah badan pengawas pasar sekuritas negara tersebut menunda keputusannya lagi. Langkah tersebut menyangkut penerapan raksasa investasi terkenal Blackrock serta Valkyrie, Bitwise, dan Invesco, menurut pengajuan pada Kamis.

Perkembangan ini mengikuti penundaan putusan pada saham Ark 21 dan ETF bitcoin spot Global X awal pekan ini. Yang pertama diusulkan bersama oleh Cboe BZX Exchange, 21shares, dan Ark Invest, sedangkan yang kedua diajukan oleh Global X dan Cboe BZX.

Penundaan terbaru terjadi setelah pada akhir Agustus SEC menunda penilaiannya terhadap tujuh dana, termasuk Wisdomtree, Vaneck, dan Fidelity. Batas waktu untuk beberapa di antaranya adalah pada paruh kedua Oktober. Di antara kandidatnya juga ada Franklin Templeton yang ikut mencalonkan diri bulan ini.

Menurut analis Bloomberg James Seyffart, penundaan perintah tersebut, yang datang lebih awal dari perkiraan, disebabkan oleh penutupan sebagian pemerintah AS yang akan terjadi. Yang terakhir ini akan meninggalkan SEC dengan staf “kerangka”, Ketuanya Gary Gensler memperingatkan anggota parlemen pada Rabu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manajer Aset Menantang Keputusan SEC

Komisi dan lembaga pemerintah lainnya harus memberhentikan pegawai federal jika partai-partai di Kongres gagal menyetujui pendanaan mereka. Dalam postingannya di X, sebelumnya Twitter, Seyffart menambahkan ke daftar perkiraan penundaan aplikasi Vaneck, Wisdomtree, dan Fidelity juga.

SEC mungkin akan menunda keputusannya lebih lanjut pada awal tahun depan. Regulator juga dapat mencoba mengajukan banding atas keputusan pengadilan yang mendukung Grayscale mulai Agustus yang memberikan harapan bagi ETF bitcoin di Amerika.

Manajer aset kripto telah menantang keputusan SEC untuk menolak konversi Bitcoin Trust (GBTC) menjadi ETF bitcoin spot dengan hakim menggambarkannya sebagai "sewenang-wenang dan berubah-ubah.”

3 dari 5 halaman

Meneropong Prospek Harga Bitcoin di Tengah Sentimen Shutdown Pemerintahan AS

Sebelumnya, Bitcoin (BTC) meski masih berada di jalur untuk mengakhiri kerugian selama enam tahun berturut-turut pada September 2023, kemunduran kecil menjelang penutupan atau shutdown pemerintah federal dapat membahayakan kemajuan yang ada pada bulan ini.

Kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar berpindah tangan pada USD 26.800 selama jam Jumat sore, membukukan pengembalian 3,2 persen pada September sejauh ini. Namun, BTC telah turun 1,6 persen dari USD 27,400 yang disentuhnya dalam waktu singkat pada Kamis.

Memperpanjang aksi harga yang lemah ini hingga akhir pekan dapat membahayakan pengembalian bulanan positif sementara BTC karena kripto dimulai pada September dengan harga hanya sekitar USS 26.000.

Ether (ETH) sebagian besar diperdagangkan datar di sekitar USD 1.660, karena pelaku pasar mengantisipasi dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) berbasis berjangka untuk diluncurkan awal minggu depan.

XRP Ripple, SOL Solana, dan token asli jaringan Tron, TRON, membukukan kenaikan 3-5 persen, mengungguli pasar aset digital yang lebih luas. Indeks Pasar CoinDesk (CMI) turun 0,5 persen.

"Ketidakpastian makro yang menindas masih menjadi hambatan besar," Analis Makro Noelle Acheson, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (30/9/2023)

Dia bilang, pasar obligasi di seluruh dunia menunjukkan tanda-tanda tekanan, karena imbal hasil (yield) telah mencapai rekor multi-tahun di Amerika Serikat, Inggris, Jerman dan Jepang, dan masih banyak lagi pasar lainnya.

4 dari 5 halaman

Shutdown Pemerintah AS Menambah Ketidakpastian

Menurut ia, penutupan pemerintahan AS yang semakin dekat menambah ketidakpastian dan mencatat pertumbuhan belanja konsumen AS pada kuartal II direvisi lebih rendah, sebuah indikasi konsumen mungkin tidak begitu tangguh terhadap pengetatan kondisi keuangan.

“Meskipun hal ini terdengar menakutkan, selama 21 kali penutupan pemerintahan [di masa lalu], S&P 500 naik 55 persen, menghasilkan imbal hasil rata-rata 0,3 persen,” tulis perusahaan penasihat Asgard Markets dalam laporan pasar pada Jumat.

Perusahaan investasi aset digital NYDIG mengatakan penutupan pemerintah dapat menunda keputusan peraturan, karena staf Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) akan dikurangi secara drastis.

"ETF bitcoin spot harus menunggu sampai karyawan SEC kembali dari kemungkinan cuti,” tulis Greg Cipolaro selaku kepala penelitian NYDIG, dalam laporan tersebut.

 

5 dari 5 halaman

Prediksi Harga Bitcoin

Namun, pasar kripto bertahan dengan baik baru-baru ini dibandingkan dengan aksi jual saham. Meskipun gambaran makro nya sulit, Asgard memiliki prospek aset berisiko yang lebih konstruktif pada kuartal IV.

"BTC dan ETH sekarang mencoba untuk menembus ke atas di luar kisaran yang ditetapkan dalam satu setengah bulan terakhir. Kami mencari pergerakan jangka pendek antara USD 28,500 dan USD 30,000, selama BTC tidak menelusuri kembali di bawah 26,000," kata Asgard.

Secara historis, Oktober biasanya merupakan bulan bullish bagi bitcoin. Kepala Riset Matrixport Markus Thielen menunjukkan bahwa selama 10 tahun terakhir, delapan kali pada Oktober, pasar sebenarnya naik dengan rata-rata 22 persen. Selain itu, setelah suku bunga menjadi dovish, bitcoin akan terjadi dengan cukup agresif.  

Thielen juga berpendapat penambang bitcoin, khususnya Marathon Digital, memasuki kuartal berikutnya dengan operasi yang jauh lebih efisien.

Pada saat yang sama, halving masih ada dalam pikiran semua orang: Marathon Digital, menurut Thielen, memperkirakan biaya penambangan mereka akan meningkat dari USS 24,000 menjadi USD 29,000 per bitcoin.

"Meski demikian, kita harus benar-benar mengumpulkan di atas 30.000,” ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini