Sukses

Pendiri FTX Sam Bankman-Fried Ingin Temui Pengacaranya di Luar Penjara Selama 5 Hari

Pendiri FTX Sam Bankman-Fried ingin menemui anggota tim pembelanya di pengadilan federal di Manhattan, New York.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri FTX Sam Bankman-Fried (SBF) meminta untuk dibebaskan dari penjara lima hari dalam seminggu untuk mengerjakan pembelaannya atas persidangan penipuan terhadapnya yang akan dimulai pada Oktober.

Melansir Bitcoin, Minggu (20/8/2023), pengacara Bankman-Fried mengeluh kepada hakim di Manhattan waktu persiapan dan pengaturan yang diusulkan saat ini untuk kasusnya "tidak memadai". Hal itu diungkapkan pada Jumat lalu.

Sam Bankman-Fried meminta untuk diizinkan meninggalkan Pusat Penahanan Metropolitan (MDC) di Brooklyn, New York, lima hari seminggu untuk bertemu dengan anggota tim pembelanya di gedung pengadilan federal di Manhattan.

Permintaan tersebut datang hanya beberapa hari setelah pendiri FTX berusia 31 tahun dan mantan kepala eksekutif dari pertukaran cryptocurrency FTX yang gagal itu dipenjara di MDC berdasarkan tuduhan perusakan saksi menjelang persidangannya yang dijadwalkan mulai 2 Oktober menurut laporan Bloomberg dan Reuters.

Sebelum itu, mantan miliarder, yang ditangkap di Bahama dan diekstradisi ke AS sekitar sebulan setelah FTX mengajukan perlindungan kebangkrutan pada pertengahan November, telah menjalani tahanan rumah di rumah orang tuanya di California dengan USD 250 juta obligasi yang dicabut.

Dalam sepucuk surat kepada Hakim Distrik AS Lewis Kaplan, pengacaranya menggambarkan sebagai "sama sekali tidak memadai" kondisi di mana SBF diharapkan untuk mempersiapkan persidangannya.

Mereka mengatakan, memberinya hanya dua hari seminggu untuk meninjau sejumlah besar bukti melanggar haknya atas nasihat yang efektif dan menunjukkan dia tidak memiliki komputer khusus atau cara untuk berbagi materi dengan mereka secara online.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tuduhan terhadap Sam Bankman-Fried

Jaksa federal telah menawarkan untuk memuat dokumen ke hard drive yang dapat digunakan Bankman-Fried pada komputer di MDC.

Namun, menurut pemerintah, tidak mungkin memuat semua dokumen ke laptop yang mendukung internet. Dalam sepucuk surat kepada Kaplan, jaksa penuntut juga bersikeras bahwa SBF telah ditawari "akomodasi luar biasa" di penjara Brooklyn.

Sam Bankman-Fried dituduh menyalahgunakan dana pelanggan FTX senilai miliaran dolar AS atau USD. Dia diduga menggunakan uang curian itu untuk membiayai dana lindung nilai Alameda Research, membeli properti mahal, dan memberikan sumbangan politik. Dia mengaku tidak bersalah. Minggu depan, dia akan diadili atas dakwaan yang diubah dengan tujuh tuduhan penipuan dan konspirasi.

 

 

3 dari 4 halaman

Dewan Kehakiman AS Dakwa Mantan Bos Kripto FTX Terkait Sumbangan Politik Ilegal

Sebelumnya, Departemen Kehakiman AS (DOJ) mendakwa mantan bos pertukaran kripto FTX yang bangkrut, Sam Bankman-Fried karena telah menggunakan dana customer untuk memengaruhi regulasi cryptocurrency.

Ini dilakukan Sam Bankman-Fried dengan memberikan USD 100 juta atau setara Rp 1,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.331 per dolar AS) dalam kontribusi kampanye politik untuk partai Demokrat dan Republik menjelang pemilihan paruh waktu AS 2022.

Dalam dakwaan baru yang diajukan Senin, DOJ mengatakan Bankman-Fried, yang dipenjara pada Jumat, telah menyalahkan dan menggelapkan simpanan nasabah FTX, yang ia gunakan untuk beberapa tujuan termasuk politik.

Jaksa pada awalnya membatalkan tuduhan dana kampanye terhadap Bankman-Fried pada Juli lalu, tetapi mengatakan pekan lalu mereka akan melanjutkan tuduhan dana kampanye sebagai bagian dari tuduhan penipuan dan pencucian uang secara bersamaan.

“Seperti yang diketahui dengan baik oleh Bankman-Fried, keuangan FTX mengandung kekurangan multi-miliar dolar yang disebabkan oleh penyalahgunaannya sendiri atas dana pelanggan dari bursa, namun ia terus melanjutkan melalui keruntuhan FTX pada November 2022 untuk menggunakan dana pelanggan yang disalahgunakan untuk membayar investasinya,” kata DOJ, dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (16/8/2023).

DOJ menambahkan Bankman-Fried menggunakan dana tersebut untuk memberikan kontribusi kepada Demokrat dan Republik untuk berusaha mempengaruhi regulasi cryptocurrency. 

FTX adalah pertukaran aset digital populer yang memungkinkan klien untuk membeli, menjual, dan bertaruh pada harga cryptocurrency di masa depan.

Merek kripto besar memiliki kesepakatan dengan Miami Heat, dan mantan CEO dan salah satu pendiri Bankman-Fried tampaknya dicintai oleh para elit.

Tetapi perusahaan itu tiba-tiba bangkrut pada November. Bankman-Fried kemudian ditangkap di Bahama, dan jaksa menuduh dia salah mengatur pertukaran dan melakukan penipuan.

 

4 dari 4 halaman

Mantan Bos Kripto FTX Akui Butuh Pengobatan Depresi di Tahanan

Mantan CEO pertukaran kripto FTX, Sam Bankman-Fried berada di tengah situasi yang mendesak selama penahanannya. pendiri perusahaan kripto sangat membutuhkan akses ke pengobatan depresi dan ADHD saat berada dalam tahanan. 

Dilansir dari CryptoPolitan, Selasa (15/8/2023), pengacaranya membuat permohonan tegas pada Senin, 14 Agustus 2023 untuk memastikan kebutuhan medis ini disampaikan sebelum persidangan penipuannya yang akan segera terjadi.

Bankman-Fried dan tim hukumnya mengirimkan surat kepada Hakim Distrik AS Lewis Kaplan, memohon agar Pusat Penahanan Metropolitan (MDC) di Brooklyn memfasilitasi klien mereka dengan tambalan kulit Emsam hariannya. 

Obat ini adalah pengobatan untuk depresi. Selain itu, mereka meminta tiga hingga empat dosis harian Adderall, obat yang dirancang untuk mengelola ADHD. Mantan miliarder, kini berusia 31 tahun, bergantung pada perawatan ini masing-masing selama lima dan tiga tahun.

Penasihat hukum pendiri FTX menekankan pentingnya melanjutkan jadwal pengobatan ini. Tanpanya, kesejahteraan Bankman-Fried dapat dikompromikan secara kritis, sehingga menghambat kemampuannya untuk menjadi peserta aktif dalam pembelaannya. Kekhawatiran ini diperkuat dengan surat dari psikiaternya yang disampaikan ke pengadilan.

 Bankman-Fried dengan gigih membantah klaim menggunakan dana miliaran dari FTX untuk mengimbangi kerugian di dana lindung nilai Alameda Research miliknya.

Hingga perubahan terakhir dalam keadaan, dia sebagian besar dikurung di rumah orang tuanya di Palo Alto, California, dengan jaminan.

Momen di pengadilan Bahama merangkum pentingnya kebutuhan medisnya. Setelah ditahan di resor mewah Albany tempat dia menginap, selama sidang awal, pendiri FTX harus keluar sejenak untuk menyesuaikan, menyoroti kekritisan kondisi medisnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.