Sukses

Awas, Analis Pasang Alarm Bursa Kripto Huobi Bisa Seperti FTX

Analis terkenal Willy Woo mengingatkan pertukaran cryptocurrency utama, Huobi tengah berada di ambang kehancuran.

Liputan6.com, Jakarta - Analis terkenal Willy Woo memperingatkan pertukaran cryptocurrency utama, Huobi tengah berada di ambang kehancuran. Tingkat jaminan Bitcoin yang rendah di bursa telah menarik perhatian para pakar industri, meningkatkan kekhawatiran tentang stabilitas keuangan dan memicu kekhawatiran akan potensi krisis.

Dalam tweet baru-baru ini, sistem pemantauan Willy Woo mendeteksi tingkat risiko yang signifikan untuk agunan Bitcoin Huobi, yang menunjukkan bursa tersebut mungkin memiliki cadangan yang tidak memadai untuk menutupi kewajibannya. Temuan ini lantas menjadi tanda peringatan bagi calon investor dan pedagang.

Melansir Crypto News, Kamis (13/7/2023), bagan yang dibagikan oleh Woo mengungkapkan tren yang mengkhawatirkan dari penurunan cadangan Bitcoin di Huobi. Pertukaran mencatatkan penurunan cadangan yang signifikan pada 25 Mei, diikuti oleh penurunan tajam pada 7 Juli.

Pengurangan yang signifikan ini menimbulkan pertanyaan tentang kemampuan pertukaran untuk mempertahankan cadangan yang sehat. Membaca data tersebut, analis menyoroti kerugian mengejutkan hampir 94 persen dalam cadangan BTC Huobi. Hanya dalam satu tahun, kepemilikan Bitcoin di bursa telah menurun dari 220.000 BTC menjadi hanya 26.000 bitcoin.

Kerugian besar seperti itu menandakan situasi yang meresahkan bagi Huobi dan pelanggannya. Penurunan tidak terbatas pada Bitcoin saja. Woo mencatat bahwa saldo Ethereum dan USDT Huobi juga mengalami penurunan. Cadangan yang menurun dari cryptocurrency terkemuka ini memperburuk kekhawatiran seputar kesehatan keuangan dan likuiditas bursa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Potensi Bank Run Bayangi Huobi

Di sisi lain, urusan Huobi dengan kepatuhan regulasi telah mengakibatkan perusahaan keluar dari beberapa yurisdiksi, mengurangi eksposur-nya secara global. Woo menyoroti penurunan arus masuk lalu lintas web, yang menunjukkan berkurangnya aktivitas pengguna. Saat ini, pertukaran tersebut melayani pelanggan dari India, Korea Selatan, Meksiko, Rusia, dan negara dunia ketiga lainnya.

Sambil mengenang masa lalu, Woo mengingatkan pelaku pasar pada bank run yang dialami oleh platform FTX dan CEO-nya, Sam Bankman-Fried.

Insiden yang terungkap pada awal November tahun lalu memiliki konsekuensi yang luas, menyebabkan penurunan signifikan pada Bitcoin dan harga cryptocurrency lainnya. Karena momok potensi bank run membayangi Huobi, investor dan pakar industri tetap berhati-hati, memantau situasi dengan cermat. Konsekuensi dari peristiwa semacam itu akan berdampak pada pasar cryptocurrency yang lebih luas.

3 dari 4 halaman

Temasek Singapura Bakal Hentikan Investasi di Perusahaan Kripto, Ada Apa?

Sebelumnya, dana kekayaan negara Singapura Temasek mengungkapkan saat ini tidak ingin berinvestasi di perusahaan kripto di tengah ketidakpastian peraturan di sektor ini.

“Ada banyak ketidakpastian peraturan di lingkungan ini. Saya pikir sangat sulit bagi kami untuk melakukan investasi dan pertukaran lagi di tengah semua ketidakpastian peraturan ini,” kata Chief Investment Officer Temasek, Rohit Sipahimalani, dikutip dari CNBC, Rabu (12/7/2023).

Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) menuntut Ripple pertukaran kripto AS teratas karena melanggar undang-undang sekuritas lokal dengan menjual token XRP aslinya tanpa terlebih dahulu mendaftarkannya ke regulator.

SEC secara terpisah membebankan Coinbase pertukaran kripto AS lainnya untuk beroperasi sebagai bursa efek yang tidak terdaftar, broker atau perusahaan kliring. Itu juga menuduh Coinbase gagal mendaftarkan penawaran dan penjualan program stakingnya.

“Jika Anda memiliki kerangka peraturan yang tepat, dan kami merasa nyaman dengannya, dan Anda memiliki peluang investasi yang tepat, tidak ada alasan bagi kami untuk tidak melihatnya,” jelas Sipahimalani.

Dia menambahkan Temasek tidak pernah berniat untuk berinvestasi dalam cryptocurrency. Pada Selasa, Temasek membukukan pengembalian terburuk sejak 2016, dibebani oleh tantangan ekonomi makro dan geopolitik.

Kerugian FTX

Temasek mengumumkan pada pertengahan November mereka akan menurunkan investasi USD 275 juta atau setara Rp 4,1 triliun (asumsi kurs Rp 15.142 per dolar AS) di FTX menjadi nol.

Crypto exchange FTX yang berbasis di AS bangkrut pada November 2022. Perusahaan memiliki lebih dari 100.000 kreditur. Wakil Perdana Menteri Singapura dan Menteri Keuangan Lawrence Wong menyebut kerugian itu "mengecewakan" dan merusak reputasi Singapura.

Pada Mei, Temasek kemudian mengumumkan pemotongan gaji staf yang bertanggung jawab, setelah memulai tinjauan internal atas investasi FTX-nya yang digambarkan Sipahimalani sebagai strategi Temasek untuk menemukan pemenang berikutnya.

 

4 dari 4 halaman

Peringatkan Negara G20, Bank International Settlements Tegaskan Kripto Tak Cocok Jadi Alat Moneter

Sebelumnya, Bank for International Settlements (BIS) dalam laporan terbaru yang dikirim ke menteri keuangan kelompok G20 mengungkapkan kelemahan struktural bawaan kripto membuatnya tidak cocok sebagai alat moneter. 

Laporan dari BIS, sebuah pengelompokan bank sentral utama dunia, mengutip masalah ketidakstabilan, inefisiensi, dan akuntabilitas yang melebihi potensi manfaat inovatif seperti pembayaran otomatis.

“Terlepas dari jutaan investor ritel dan institusional yang terlibat dalam sektor yang berkembang ini, kripto sejauh ini gagal memanfaatkan inovasi untuk kepentingan masyarakat. kata BIS laporan tersebut, dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (12/7/2023).

Laporan ini disiapkan BIS untuk pertemuan menteri keuangan G20 dan gubernur bank sentral yang akan diambil tempat di Gandhinagar, India akhir pekan ini. 

Laporan itu muncul setelah tahun yang bergejolak untuk kripto. Laporan tersebut mengutip kerugian dari runtuhnya FTX dan ekosistem Terra, hingga risiko peretasan. 

Skeptisisme bank sentral tentang kripto bukanlah hal baru, mengingat kekhawatiran bahwa sistem pembayaran baru dapat mengganggu atau menggantikan mata uang fiat tradisional yang mereka keluarkan.

Anggota G20 tampaknya berhati-hati dalam mendorong stablecoin, mata uang kripto yang terkait dengan nilai mata uang fiat, karena pengaruhnya terhadap kebijakan moneter terpusat dapat lebih terasa di pasar negara berkembang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini