Sukses

Bos Kripto Gemini Marah ke SEC, 10 Tahun Minta Izin Tapi Tak Kunjung Keluar

Si kembar Winklevoss, yang ikut mendirikan pertukaran kripto Gemini, pertama kali mengajukan kepercayaan seperti Bitcoin ETF pada Juli 2013.

Liputan6.com, Jakarta - Bos pertukaran kripto Gemini, Cameron Winklevoss mengecam Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) karena kegagalan dan kelambatan dalam mengurus pendaftaran ETF Bitcoin.

Winklevoss mencatat sudah sepuluh tahun sejak agensi tersebut menerima apa yang disebutnya aplikasi Bitcoin ETF pertama yang diajukan Gemini

Si kembar Winklevoss, yang ikut mendirikan pertukaran kripto Gemini, pertama kali mengajukan kepercayaan seperti Bitcoin ETF pada Juli 2013, bergerak lebih awal untuk membangun sarana investasi yang melacak harga Bitcoin dan berdagang serupa dengan saham di bursa seperti Nasdaq.

Pengajuan awal Winklevoss, bersama dengan upaya kedua pada 2018, akhirnya ditolak oleh SEC. Sementara ETF Bitcoin berbasis berjangka sejak itu mendapat lampu hijau peraturan di AS.

SEC mengklaim tidak ada pengaturan ETF spot sejauh ini yang diusulkan cukup untuk melindungi investor dari tindakan dan praktik curang dan manipulatif. Jadi, pada peringatan 10 tahun pengarsipan pertama, Winklevoss mengkritik SEC tersebut karena dianggap berlarut-larut dalam meninjau pendaftaran ETF Bitcoin. 

Regulator yang Gagal

"Penolakan SEC untuk menyetujui produk-produk ini selama satu dekade telah menjadi bencana total bagi investor AS," katanya Winklevoss, dikutip dari Decrypt, Senin (3/7/2023). 

Dia menambahkan keengganan agensi tersebut menunjukkan bagaimana SEC adalah regulator yang gagal. Kegagalan ini, menurut Winklevoss, termasuk memutuskan investor dari peluang investasi terbaik dalam dekade terakhir. 

Pendaftaran ETF Bitcoin Tak Jelas

Belum lama ini, SEC meninjau berbagai pendaftaran ETF Bitcoin dari beberapa perusahaan keuangan besar seperti BlackRock dan Fidelity. SEC menyebut aplikasi ETF Bitcoin BlackRock dan Fidelity baru-baru ini tidak cukup jelas dan komprehensif.

Ketika pasar kripto tertekan setelah tuntutan hukum SEC terhadap Binance dan Coinbase pada 5 Juni, langkah BlackRock untuk membangun tempat Bitcoin ETF dua minggu kemudian menyalakan kembali optimisme di industri kripto dan mendorong Bitcoin lebih tinggi. 

Mengakhiri gelombang aplikasi Bitcoin ETF dari BlackRock, perusahaan lain mulai mengikuti termasuk Invesco, Wisdom Tree, dan Valkyrie.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertukaran Kripto Gemini Lakukan Ekspansi, Targetkan Wilayah Asia Pasifik

Pertukaran kripto Gemini berencana untuk berekspansi di Asia Pasifik (APAC), wilayah yang dilihatnya sebagai pendorong gelombang pertumbuhan berikutnya untuk industri kripto.

“Kami sangat senang mengumumkan rencana ekspansi kami di APAC karena tim kepemimpinan Gemini baru-baru ini mengunjungi wilayah tersebut dalam pengembaraan global mereka untuk mendorong janji kripto,” kata perusahaan yang berbasis di New York itu dalam posting blog, dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (21/6/2023).

 Ekspansi ini terjadi saat Gemini mencoba memantapkan dirinya di luar AS, yang tahun ini telah melihat peningkatan tindakan regulasi terhadap pertukaran kripto. Pada April 2023, bursa mengatakan akan membuka platform derivatif kripto baru di luar negeri. 

Coinbase, pertukaran kripto lainnya, juga mengatakan baru-baru ini akan membuka pertukaran derivatif di Bermuda sebagai bagian dari ekspansinya di luar AS.

Gemini akan meningkatkan jumlah karyawannya di Singapura, yang akan berfungsi sebagai pusat operasi APAC, menjadi lebih dari 100 karyawan dalam 12 bulan ke depan, sekaligus membuka basis teknik di India.

Pertukaran saat ini mendukung dolar Singapura (SGD), dolar Hong Kong (HKD) dan dolar Australia (AUD) untuk membeli dan menjual cryptocurrency di platformnya.

3 dari 3 halaman

Sempat Diperiksa SEC

Gemini menjadi salah satu pertukaran kripto besar yang sempat diselidiki oleh Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) pada Januari 2023. SEC mengumumkan pada saat itu mereka telah memeriksa perusahaan kripto Genesis Global Capital LLC dan Gemini Trust Company LLC atas penawaran dan penjualan sekuritas yang tidak terdaftar kepada investor ritel melalui program peminjaman aset kripto Gemini Earn. 

Melalui penawaran yang tidak terdaftar ini, Genesis dan Gemini mengumpulkan aset kripto senilai miliaran dolar dari ratusan ribu investor. 

SEC menjelaskan pada Desember 2020, Genesis menandatangani perjanjian dengan Gemini untuk menawarkan kepada pelanggan Gemini, termasuk investor ritel di AS, kesempatan untuk meminjamkan aset kripto mereka ke Genesis dengan imbalan janji Genesis untuk membayar bunga.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.