Sukses

Kenalan dengan Koleksi Azuki NFT, Apa Itu?

Pasca peluncuran, nilai Azuki meningkat secara eksponensial, dengan volume perdagangan mencapai USD 300 juta.

Liputan6.com, Jakarta Azuki adalah proyek NFT PFP yang terdiri dari 10.000 avatar generatif yang terinspirasi dari anime. Estetika uniknya telah dibandingkan dengan kombinasi game 3D The World Ends with You dan majalah skateboard Thrasher.

Dilansir dari situs Pastel Network, Rabu (21/6/2023), Azuki NFT awalnya direncanakan untuk diluncurkan menggunakan Lelang Belanda (di mana harga awal ditetapkan dan diturunkan selama penjualan.) Tim pengembang berencana menetapkan harga awal 1 ETH untuk 8.700 NFT dan menurunkannya sebesar 0,05 ETH setiap 20 menit hingga harganya mencapai 0,15 ETH. 

Namun, karena koleksinya terjual habis dalam tiga menit, harganya tidak pernah turun. Sebaliknya, semua NFT dicetak pada 1 ETH atau dengan harga saat ini sekitar USD 1.810 atau setara Rp 27,16 juta (asumsi kurs Rp 15.008 per dolar AS).

Pasca peluncuran, nilai Azuki meningkat secara eksponensial, dengan Azuki mencapai hampir USD 300 juta atau setara Rp 4,5 triliun dalam volume transaksi di pasar NFT seperti OpenSea. 

NFT bernilai rendah dijual sekitar USD 36.000 atau setara Rp 540,2 juta, sementara opsi langka dijual lebih dari USD 500.000 atau setara Rp 7,5 miliar. Azuki telah menjadi koleksi NFT kedelapan yang paling banyak diperdagangkan di seluruh dunia hanya dalam satu bulan, bersaing dengan nama-nama rumah tangga seperti Bored Ape Yacht Club dan CryptoPunks.

Bagaimana Cara Kerja Azuki?

Bersamaan dengan NFT PFP yang unik, Azuki menjanjikan peta jalan jangka panjang kepada investor yang membantu menarik komunitas NFT ke proyek tersebut. Peta jalan ini mencakup pengalaman 3D yang imersif, merchandise unik bertema Azuki, pameran langsung untuk pemegang Azuki, dan bahkan mata uang asli yang disebut $BEAN.

Sejak rilis awal, semua pemegang memiliki akses ke The Garden. Di dalam The Garden, pemegang dapat menjadi yang pertama mengakses kolaborasi dengan proyek NFT lainnya, hadiah Azuki, pakaian, tiket, acara langsung, dan banyak lagi.

Namun, peta jalan awal ini terganggu pada awal Mei 2022 setelah Zegabond (pendiri Azuki) menerbitkan blog yang menyebutkan tiga proyek sebelumnya dan bagaimana masing-masing proyek gagal. 

Masing-masing telah menjadi hit besar pada saat itu dan mengalami kontroversi dalam satu atau lain cara. Ini menurunkan harga Azuki lebih dari 45 persen dan menyebabkan reaksi yang signifikan di seluruh media sosial, yang akan kita bahas lebih detail di bawah.

Mulai Januari 2023, Azuki terus mengikuti peta jalannya, menawarkan streetwear kepada anggota The Garden, pembuatan Gallery Metaverse, dan rencana Meta-game dalam komunitas.

Siapa yang menciptakan Azuki?

Azuki diciptakan oleh Churu Labs, sekelompok seniman dan pengembang yang berlokasi di Los Angeles. Setiap anggota memiliki latar belakang teknologi, game, dan kripto, menggunakan nama samaran untuk tetap anonim. Mereka menggunakan nama 2pm.flow, lokasi tba, HoshiBoy, dan Zagabond.

Churu Labs menciptakan Azuki untuk membawa NFT PFP ke level berikutnya, yang bertujuan untuk memengaruhi dunia nyata dengan acara tatap muka, merchandise, dan banyak lagi.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)
    Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)

    NFT

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

    Kripto

  • Azuki NFT

Video Terkini