Sukses

Pengacara Binance Ungkap Ketua SEC Pernah Tawarkan Diri Jadi Penasihat di Binance

Hal itu terjadi dalam beberapa percakapan pada Maret 2019 dengan eksekutif Binance dan Zhao

Liputan6.com, Jakarta Ketua SEC Gary Gensler, yang berada di tengah-tengah tindakan keras besar-besaran terhadap perusahaan kripto belakangan ini, terungkap sempat menawarkan untuk menjadi penasihat perusahaan induk Binance pada 2019, menurut pengacara Binance dan pendiri Changpeng Zhao.

Dilansir dari CNBC, Jumat (9/6/2023), dokumen yang diajukan oleh SEC pada Rabu menunjukkan pengacara dari Gibson Dunn dan Latham dan Watkins, dua firma hukum Binance, menuduh Gensler menawarkan untuk menjadi penasihat pertukaran kripto.

Hal itu terjadi dalam beberapa percakapan pada Maret 2019 dengan eksekutif Binance dan Zhao. Dia akhirnya bertemu Zhao di Jepang untuk makan siang akhir bulan itu, klaim pengarsipan.

Pada saat itu, Gensler sedang mengajar di Sekolah Manajemen Sloan Massachusetts Institute of Technology. Dia ditunjuk sebagai kepala SEC pada 2021 oleh Presiden Biden, dan selama setahun terakhir telah menjatuhkan keras pada industri kripto, menggugat banyak perusahaan karena diduga menjual sekuritas yang tidak terdaftar.

Awal pekan ini, SEC mengajukan 13 dakwaan terhadap Binance dan Zhao, menuduh perusahaan gagal mendaftar sebagai bursa dan broker-dealer, mencampur dana secara tidak benar dan tidak memiliki kontrol internal yang kritis atas bisnisnya.

Para pengacara mengatakan jika sebelum Gensler mulai mengejar Binance, dia mencoba menyesuaikan diri dengan perusahaan, kata para pengacara. The Wall Street Journal sebelumnya melaporkan hubungan Gensler dan Binance, mengutip pesan internal Binance dan seseorang yang dekat dengan ketua SEC. Keduanya menyarankan agar Binance mendekati Gensler.

Dalam pengajuan terbaru, pengacara Gibson dan Latham mengatakan Zhao terus berhubungan dengan Gensler setelah pertemuan Maret. Atas permintaan ketua SEC di masa depan, Zhao duduk untuk wawancara dengan Gensler sebagai bagian dari kursus cryptocurrency yang diajarkan di MIT.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini