Sukses

Volcano Energy El Salvador Kantongi Investasi USD 250 Juta untuk Bitcoin Mining

Tujuan akhir dari upaya ini adalah menggunakan energi terbarukan ini untuk menggerakkan operasi penambangan Bitcoin.

Liputan6.com, Jakarta Usaha luar biasa di El Salvador baru-baru ini mengambil langkah maju yang signifikan. Volcano Energy, sebuah organisasi yang bekerja sama dengan pemerintah negara tersebut, telah memperoleh investasi sebesar USD 250 juta.

Pendanaan ini adalah bagian dari visi ambisius senilai USD 1 miliar untuk membangun lahan penambangan Bitcoin yang memanfaatkan energi terbarukan.

Investasi awal ini akan dialokasikan untuk menciptakan kawasan pembangkit listrik sebesar 241 megawatt di wilayah Metapán, sebuah langkah signifikan menuju kesadaran lingkungan di dunia cryptocurrency.

Melansir Cryptopolitan, Kamis (8/6/2023), tujuan akhir dari upaya ini adalah menggunakan energi terbarukan ini untuk menggerakkan operasi penambangan Bitcoin.

Umumnya, penambangan Bitcoin melibatkan penggunaan komputer berdaya tinggi yang terhubung ke jaringan global, dan menghabiskan banyak listrik.

Aspek penambangan Bitcoin yang memakan energi ini telah menuai kritik, terutama dari para pecinta lingkungan, yang menyatakan keprihatinan bahwa hal itu dapat menyebabkan deforestasi dan perubahan iklim.

Namun, rencana Volcano Energy untuk memanfaatkan energi matahari dan angin mencerminkan pergeseran industri menuju praktik yang lebih berkelanjutan.

Di antara pendukung keuangan yang berkontribusi pada pendanaan putaran pertama ini adalah Tether, penerbit stablecoin terkenal.

Meskipun jumlah persis investasi Tether belum diungkapkan, Chief technology officer Tether, Paolo Ardoino menekankan komitmen perusahaan untuk mendorong investasi dalam produksi energi terbarukan dan infrastruktur pertambangan.

Sesuai rencana yang diungkapkan oleh Volcano Energy, kapasitas pembangkit listrik taman sebesar 241 MW akan dibagi antara 169 MW energi matahari fotovoltaik dan 72 MW energi angin.

Kombinasi unik ini diharapkan menghasilkan daya komputasi yang melampaui 1,3 exahash per detik, menurut Tether. Jika target ini tercapai, tingkat hash penambangan Bitcoin Volcano Energy akan menempati peringkat 20 kumpulan teratas dalam skala global.

Perusahaan menyebut taman atau kawasan tersebut sebagai contoh inovatif penambangan Bitcoin yang digerakkan oleh energi terbarukan, menunjukkan evolusi dan pertumbuhan industri yang berkelanjutan di tengah lanskap yang sangat kompetitif.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inisiatif

Inisiatif Volcano Energy bertujuan untuk mendefinisikan kembali keuangan tradisional dengan mendorong pertumbuhan Bitcoin di El Salvador melalui energi terbarukan.

Dalam upaya tersebut, pemerintah Salvador akan memainkan peran penting, tidak hanya dalam perencanaan dan pelaksanaan proyek, tetapi juga mempertahankan partisipasi pilihan, setara dengan 23 persen dari pendapatan.

Investor, pada gilirannya, akan memegang 27 persen kepemilikan, sedangkan 50 persen sisanya akan diinvestasikan kembali untuk memperluas kapasitas produksi energi dan memajukan penambangan Bitcoin.

Ketua di Volcano Energy dan advokat Bitcoin terkenal, Max Keiser telah berperan penting dalam memajukan adopsi Bitcoin di El Salvador, menawarkan panduan kepada Presiden Nayib Bukele.

El Salvador terus mengatur kecepatan dalam lanskap Bitcoin global sejak menjadi negara pertama yang menyatakan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah pada tahun 2021.

Dimulainya taman pembangkit listrik Volcano Energy menandai tonggak sejarah lain dalam perjalanan ini, menegaskan komitmen bangsa terhadap Bitcoin sambil memprioritaskan kelestarian lingkungan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.