Sukses

Usai Didakwa, Penjualan Koleksi NFT Donald Trump Meroket 445 Persen

Koleksi NFT Trump, telah mengalami peningkatan penjualan sebesar 445 persen.

Liputan6.com, Jakarta Koleksi NFT mantan Presiden AS Donald Trump mengalami momen kenaikan setelah dia menjadi mantan presiden AS pertama yang didakwa secara pidana.

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (4/4/2023), koleksi NFT Trump, telah mengalami peningkatan penjualan sebesar 445 persen, sekitar USD 186.000 atau setara Rp 2,7 miliar (asumsi kurs Rp 14.995 per dolar AS), selama 24 jam terakhir, menurut data CryptoSlam. 

NFT dengan harga terendah dari koleksi itu naik 13 persen sekitar 0,55 Ether (USD 1.000) atau setara Rp 14.9 juta pada Jumat, 31 Maret 2023 menurut NFT Price Floor.

Lonjakan besar dalam penjualan NFT sangat penting karena Maret adalah salah satu yang paling lambat karena volume perdagangan sebelum dakwaan Trump, telah turun setengahnya dibandingkan bulan sebelumnya.

Awal tahun ini, koleksi NFT mencatat penjualan lebih dari USD 22.000 atau setara Rp 329.8 juta selama periode 24 jam penurunan tajam dari USD 4,5 juta atau setara Rp 67,4 miliar yang diperoleh proyek saat diluncurkan pada Desember. 

Selain NFT, mata uang kripto bernama FreedomCoin, sebelumnya TrumpCoin, melonjak 50 persen setelah berita tentang dakwaannya beredar. 

Lonjakan harga Trump NFT menunjukkan barang dagangan dan barang koleksi yang terkait dengan mantan Presiden AS itu mendapatkan dorongan dari dakwaan, orang lain juga dapat menikmati rejeki nomplok dari berita tersebut. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjualan NFT Global Turun 5,44 Persen Pekan Ini

Flybondi mulai menerbitkan tiket penerbangan sebagai NFT di blockchain Algorand. Flybondi, maskapai bertarif rendah di Argentina menjadi yang pertama di bidangnya dalam meluncurkan tiket penerbangan dalam bentuk non-fungible tokens (NFTs).

Inisiatif yang diberi nama Ticket 3.0 ini sudah tersedia bagi klien yang ingin terbang ke tujuan domestik. Melansir Cryptopotato, Minggu (2/4/2023), perusahaan mengumumkan di situs webnya setiap tiket yang dibeli akan diterbitkan sebagai NFT di blockchain Algorand. Integrasi ini merupakan perluasan dari kemitraan Flybondi yang sudah ada dengan TravelX.

Ticket 3.0 memungkinkan pelanggan untuk mengubah nama pada tiket, memberikannya, atau mentransfernya ke orang lain. Dengan demikian, ini menghilangkan rintangan yang biasa terjadi ketika seseorang mencoba mengubah kepemilikan.  

Menanggapi perkembangan tersebut, CEO Flybondi Mauricio Sana mengatakan, dengan Ticket 3.0, penumpang akan memiliki fleksibilitas dan kendali yang lebih besar atas perjalanan mereka karena mereka dapat mentransfer, mengganti nama, atau memberikan tiket mereka dengan cara yang sederhana dan mandiri.

"Dengan peluncuran ini, kami berusaha untuk menghasilkan dampak positif dalam industri penerbangan melalui inovasi dan penerapan teknologi blockchain. Mengubah aturan permainan tidak pernah mudah, tetapi kami tahu bahwa tujuan kami adalah untuk berkembang dan menawarkan tahap baru kebebasan terbang kepada penumpang kami," katanya.

Upaya Flybondi datang pada saat sektor pariwisata berusaha untuk bangkit kembali setelah lockdown global COVID-19 menangguhkan banyak transportasi selama bertahun-tahun. Perusahaan tersebut didirikan pada 2016 dan berkantor pusat di Buenos Aires, maskapai ini terbang ke 13 destinasi.  

 

3 dari 3 halaman

Maskapai Lain yang Minat NFT dan Kripto

Selain meliput beberapa tempat lokal terkenal, maskapai ini mulai mengoperasikan penerbangan antara ibu kota Argentina dan Rio de Janeiro pada Oktober 2019.

Di sisi lain, industri cryptocurrency telah berinteraksi dengan banyak perusahaan penerbangan, dengan Dubai Emirates menjadi salah satu contohnya. Maskapai nasional UEA meluncurkan NFT dan “pengalaman menarik di Metaverse” untuk klien dan karyawannya musim semi lalu. Selain itu, terungkap rencananya untuk merangkul bitcoin sebagai metode pembayaran.

Salah satu maskapai penerbangan terbesar Spanyol Vueling bekerja sama dengan BitPay beberapa bulan kemudian untuk memungkinkan penyelesaian crypto juga. Penawarannya mencakup 13 aset digital, seperti Bitcoin (BTC), Ether (ETH), Bitcoin Cash (BCH), Dogecoin (DOGE), Shiba Inu (SHIB), dan banyak lagi.

Wakil Presiden Pemasaran BitPay Merrick Theobald menyatakan bahwa Vueling mengakui potensi cryptocurrency untuk mengubah industri penerbangan, membuat pembayaran lebih cepat, lebih aman, dan lebih murah dalam skala global.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Seorang politisi yang merupakan calon presiden Amerika
    Seorang politisi yang merupakan calon presiden Amerika

    Donald Trump

  • Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)
    Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)

    NFT

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

    Kripto