Sukses

Bakal Hadapi Hukuman Penjara, Bos Binance Berencana Menulis Buku

Buku tersebut mungkin berisi pengalaman dan pemikirannya sebagai pemimpin salah satu bursa mata uang kripto terkemuka dunia.

Liputan6.com, Jakarta Mantan CEO Binance Changpeng Zhao (CZ) telah mengisyaratkan bakal menulis buku. Dalam sebuah postingan di jaringan media sosial X, CZ bercanda dia akan memanfaatkan waktu tenang di penjara yang semakin dekat untuk fokus menulis buku.

Pernyataan ini menyusul permasalahan hukum yang menimpanya belakangan ini, yang berakhir dengan hukuman penjara empat bulan.

“Aku punya waktu tenang yang akan datang. Akan menggunakannya untuk menulis sesuatu,” kata Zhao di media sosial X, dikutip dari Coinmarketcap, Kamis (16/5/2024). 

Penyebutan CZ tentang menulis buku telah memicu rasa ingin tahu yang luas, karena ia adalah orang penting dalam komunitas cryptocurrency. Buku tersebut mungkin berisi pengalaman dan pemikirannya sebagai pemimpin salah satu bursa mata uang kripto terkemuka dunia.

4 Bulan Penjara

Pada April 2024, CZ dijatuhi hukuman empat bulan penjara, menjadikannya orang terkaya yang pernah dipenjara di Amerika Serikat.

Hukuman ini menyusul pengunduran dirinya pada November sebagai CEO Binance ketika dia mengaku bersalah atas tuduhan pencucian uang. 

Sebagai bagian dari resolusi tersebut, perusahaan tersebut setuju untuk membayar denda sebesar USD 4,3 miliar atau setara Rp 69,1 triliun (asumsi kurs Rp 16.092 per dolar AS).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakal Terus Investasi

Terlepas dari masalah ini, CZ telah menyatakan minatnya terhadap cryptocurrency dan menegaskan dia akan terus berinvestasi. Keputusannya untuk meninggalkan Binance tidak menandai kepergiannya dari industri yang ia bantu kembangkan.

Selain rencana bukunya, CZ juga menyebutkan proyek baru yang disebut “Giggle Academy.” Upaya pendidikan ini bertujuan untuk mendidik anak-anak miskin tentang keuangan dan blockchain selain kursus tradisional seperti matematika.

Upaya buku dan pengajaran CZ yang mungkin dilakukan menunjukkan pengaruh dan minatnya yang berkelanjutan pada industri keuangan dan mata uang kripto meskipun ada kemunduran pribadi dan profesional.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini