Sukses

Catatan Medis Rumah Sakit di Rumania Diretas, Pelaku Minta Tebusan Bitcoin

Peretas meminta uang tebusan sebesar 3 Bitcoin lebih dari USD 50.000 setelah meretas RS Saint Gheorge.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sakit Saint Gheorghe di Botosani, Rumania Timur Laut, telah menjadi target peretas yang mengunci catatan medisnya sejak Desember dan menuntut pembayaran dalam mata uang kripto untuk memulihkan akses ke file.

Setelah mengkompromikan server, mereka mengenkripsi data dan meninggalkan pesan dalam bahasa Inggris, meminta uang tebusan sebesar 3 Bitcoin lebih dari USD 50.000 dengan nilai tukar saat ini atau setara Rp 758,3 juta (asumsi kurs Rp 15.166 per dolar AS).

Serangan itu telah dipersiapkan dengan baik, Baik spesialis komputer dari Direktorat Investigasi Kejahatan Terorganisir dan Terorisme maupun pakar yang bekerja untuk perusahaan keamanan siber Bitdefender Rumania tidak dapat mendekripsi informasi tersebut.

Direktur pelaksana rumah sakit Catalin Dascalescu, mengatakan kepada wartawan otoritas penegak hukum telah melakukan penyelidikan. 

“Kami berharap dapat melanjutkan aktivitas medis dengan kapasitas normal mulai Senin,” kata Dascalescu, tanpa mengungkapkan rincian lebih lanjut, dikutip dari Bitcoin.com Minggu (26/3/2023).

Dengan dibajaknya basis data, rumah sakit tidak dapat mengajukan laporannya untuk layanan yang dilakukan pada bulan terakhir 2022 dan menerima pembayaran masing-masing.

Namun, pejabat di Rumah Asuransi Kesehatan Nasional Rumania mengatakan mereka sedang mengerjakan solusi yang memungkinkan staf medis menerima gaji mereka. Penyelidik percaya peretas telah mengakses data dari jarak jauh melalui sistem perusahaan yang bertanggung jawab untuk memelihara peralatan komputasi.

Ini bukan insiden peretasan pertama semacam ini di Rumania dalam beberapa tahun terakhir. Pada musim panas 2019, empat rumah sakit lain menjadi sasaran dengan cara serupa. Rumah sakit dan penyedia layanan kesehatan di AS juga menjadi korban serangan ransomware setelah pandemi Covid-19.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Usai Beri Pengumuman ke Coinbase, SEC Kini Peringatkan Investor Terkait Investasi Kripto

Sebelumnya, setelah mengumumkan kemungkinan akan menuntut Coinbase karena menjual  produk sekuritas yang tidak terdaftar, Securities and Exchange Commission (SEC) mengeluarkan peringatan keras kepada investor untuk menjauh dari kripto.

Dilansir dari Yahoo Finance, Sabtu (25/3/2023), ini adalah upaya terbaru dan paling langsung SEC untuk membuktikan semua cryptocurrency, kecuali Bitcoin, harus didaftarkan sebagai sekuritas. 

SEC pada 23 Maret lalu memperingatkan investor soal investasi dalam sekuritas aset kripto bisa sangat fluktuatif dan spekulatif, dan platform tempat investor membeli, menjual, meminjam, atau meminjamkan sekuritas ini mungkin tidak memiliki perlindungan penting bagi investor.

Dalam beberapa hal, peringatan investor menawarkan pratinjau tentang apa yang dilihat SEC sebagai alasan dan ketuanya, Gary Gensler, percaya semua penerbit dan bursa cryptocurrency harus mendaftar. Ini menjadi tujuan yang akan dikejar dalam kemungkinan tuntutan hukum terhadap Coinbase.

Coinbase dengan sangat jelas, ia akan melawan gugatan semacam itu di pengadilan seperti yang terjadi pada Ripple saat ini, hasilnya pasti akan menjadi preseden pengadilan, apakah cryptocurrency adalah sekuritas.

SEC juga mempersingkat investor tentang risiko tinggi aset kripto yang mudah menguap dan prevalensi penipuan dan penipuan, diakhiri dengan saran investasi standar untuk memiliki rencana investasi, memiliki portofolio aset yang beragam, dan memahami risikonya.

 

3 dari 4 halaman

SEC Dakwa Pendiri Perusahaan Kripto Tron Akibat Manipulasi Harga, Sejumlah Influencer Ikut Terseret

Sebelumnya, Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) telah mengambil tindakan terhadap Justin Sun, pendiri Tron, dan Yayasan Tron, karena menawarkan sekuritas yang tidak terdaftar dan melakukan manipulasi pasar.

Dilansir dari Bitcoin.com, Jumat (24/3/2023), tak hanya Sun, sekelompok influencer telah didakwa oleh SEC karena mempromosikan kripto Tron tanpa mengungkapkan mereka dibayar atas promosi mereka.

Semua pembeli TRX, termasuk mereka yang menawarkan nilai untuk TRX selain uang tunai atau aset kripto, berinvestasi dalam perusahaan bersama bersama Sun dan Tron Foundation, selalu mempertahankan kepemilikan TRX yang signifikan.

SEC juga menyatakan bahwa Justin Sun mengatur skema untuk memanipulasi harga tron (TRX) di bursa kripto menggunakan akun berbeda yang terlibat dalam aktivitas perdagangan pencucian harian, menugaskan sebagian timnya untuk memindahkan TRX dalam jumlah besar melalui bursa yang berbeda. 

Salah satu akun yang terlibat, menurut pengaduan SEC, adalah milik ayah Sun. Melalui skema ini, antara 4,5 juta dan 7,4 juta TRX diduga telah diperdagangkan setiap hari, di lebih dari 600.000 operasi.

Ketua SEC, Gary Gensler menyatakan, kasus ini kembali menunjukkan risiko tinggi yang dihadapi investor ketika sekuritas aset kripto ditawarkan dan dijual tanpa pengungkapan yang tepat.

 

4 dari 4 halaman

Selebritas Didenda SEC karena Promosikan TRX

Sebagai bagian dari tindakan SEC, serangkaian influencer dan selebritas juga dikenai biaya untuk mempromosikan sekuritas ini tanpa mengungkapkan mereka dibayar untuk melakukannya. 

SEC mengklaim Sun secara tidak langsung menginstruksikan para selebriti ini untuk tidak mengungkapkan mereka menjadi bagian dari kampanye, menggunakan karyawan sebagai pembawa pesan.

Di antara selebritas yang termasuk dalam gugatan adalah Lindsay Lohan, Jake Paul, DeAndre Cortez Way (alias Soulja Boy), Austin Mahone, Michele Mason (alias Kendra Lust), Miles Parks McCollum (alias Lil Yachty), Shaffer Smith (alias Ne -Yo), dan Aliaune Thiam (alias Akon). 

Semuanya, kecuali Cortez Way dan Mahone, telah berdamai dengan regulator, membayar lebih dari USD 400.000 atau setara Rp 6,1 miliar (asumsi kurs Rp 15.263 per dolar AS) dalam bentuk pencairan, bunga, dan denda.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.