Sukses

Mantan CEO FTX Ungkap Ingin Dirikan Usaha Baru untuk Ganti Kerugian Investor

Sam Bankman-Fried juga ditanya apakah dia siap dengan kemungkinan dia masuk penjara.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan CEO dari pertukaran kripto FTX yang runtuh, Sam Bankman-Fried (SBF) menyebut memiliki rencana untuk memulai bisnis baru untuk membayar kembali investor dan pengguna FTX.

Hal itu disampaikan SBF dalam sebuah wawancara bersama BBC yang diterbitkan pada Sabtu, 10 Desember 2022.

"Saya akan memberikan apa saja untuk bisa melakukan itu. Dan saya akan mencoba jika saya bisa. Saya akan memikirkan tentang bagaimana kami dapat membantu dunia dan jika pengguna tidak mendapatkan banyak kembali, saya akan memikirkan tentang apa yang dapat saya lakukan untuk mereka,” kata SBF dikutip dari Bitcoin.com, Sabtu (17/12/2022). 

FTX mengajukan kebangkrutan pada 11 November dan diperkirakan satu juta pelanggan dan investor kehilangan miliaran dolar Amerika Serikat dalam runtuhnya bursa. Namun, Bankman-Fried menegaskan tidak sengaja mencampurkan dana nasabah atau melakukan penipuan. 

“Saya tidak sengaja melakukan penipuan, saya rasa saya tidak melakukan penipuan, saya tidak ingin semua ini terjadi. Saya jelas tidak kompeten seperti yang saya kira,” ujar SBF.

Bankman-Fried juga ditanya apakah dia siap dengan kemungkinan dia masuk penjara. Mantan CEO FTX itu menjawab ada waktu di malam hari untuk merenung.

“Ya, tetapi ketika saya bangun di siang hari, saya mencoba dan fokus, seproduktif mungkin dan mengabaikan hal-hal yang di luar kendali saya,” ungkap SBF. 

Setidaknya satu orang mengatakan dia akan mendukung SBF lagi jika dia memiliki usaha lain. Bintang Shark Tank Kevin O'Leary, alias Mr. Wonderful, percaya Bankman-Fried adalah salah satu trader terbaik di dunia kripto. 

Dia dan manajer dana lindung nilai Bill Ackman yakin mantan kepala FTX itu tidak sengaja melakukan penipuan. O'Leary dibayar USD 15 juta oleh FTX untuk menjadi juru bicara bursa. Bintang Shark Tank juga hampir mendapatkan USD 8 miliar untuk menyelamatkan FTX sebelum runtuh.

Pada Senin malam waktu AS, Kantor Kejaksaan Agung dan Kementerian Hukum mengumumkan Bankman-Fried telah ditangkap oleh Kepolisian Kerajaan Bahama setelah AS mengajukan tuntutan pidana terhadapnya.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terkuak, Manajemen Buruk Jadi Penyebab Kebangkrutan FTX

Sebelumnya, CEO baru FTX, John Jay Ray III  mengatakan kepada anggota parlemen Amerika Serikat (AS), praktik manajemen yang buruk dan pemimpin yang tidak berpengalaman menyebabkan kebangkrutan FTX. 

Hal itu diungkapkan Ray pada Selasa, 13 Desember 2022, tak lama setelah regulator AS menuduh pendiri FTX, Sam Bankman-Fried (SBF) menipu investor. 

"Kehancuran grup FTX tampaknya berasal dari konsentrasi kendali mutlak di tangan sekelompok kecil individu yang sangat tidak berpengalaman dan tidak canggih," kata John Ray, dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (17/12/2022). 

Ray juga mengatakan hampir tidak ada perbedaan antara operasional FTX dan Alameda Research, firma perdagangan kripto Bankman-Fried, yang mempertahankan hubungan dekat dengan pertukarannya.

"Saya belum pernah melihat kurangnya pencatatan sama sekali, sama sekali tidak ada kontrol internal apa pun," kata Ray kepada Komite Layanan Keuangan DPR AS.

Ray terkejut mengetahui FTX menggunakan Quickbooks, perangkat lunak yang ditujukan untuk bisnis kecil dan menengah  untuk akuntansi dan menyetujui faktur melalui pesan Slack.

Ditanya mengapa dia bersaksi dia tidak percaya laporan keuangan yang diaudit dapat diandalkan, Ray berkata, telah kehilangan USD 8 miliar uang pelanggan. Jadi menurut definisinya dia tidak mempercayai selembar kertas pun di FTX.

3 dari 4 halaman

Dampak Bangkrutnya FTX, Kanada Perketat Pengawasan Kripto

Sebelumnya, Administrator Sekuritas Kanada (CSA) akan memperkuat pendekatannya terhadap pengawasan kripto menyusul peristiwa baru-baru ini di pasar kripto akibat runtuhnya FTX. Hal itu disampaikan CSA dalam sebuah pernyataan.

Badan tersebut, yang terdiri dari regulator sekuritas dari masing-masing 10 provinsi dan tiga wilayah di Kanada, mengatakan akan memperluas persyaratan yang ada untuk platform yang saat ini beroperasi di negara tersebut. 

Pada Agustus 2022 telah diumumkan regulator mengharapkan perusahaan kripto yang tidak terdaftar di negara tersebut untuk melakukan pra-pendaftaran (PRU) sementara aplikasi mereka disetujui.

"Jika platform yang saat ini tunduk pada undang-undang sekuritas di Kanada tidak mengirimkan PRU ke regulator utamanya atau berhenti beroperasi, CSA akan mempertimbangkan semua opsi peraturan yang berlaku,” kata CSA, dikutip dari CoinDesk, Sabtu, 17 Desember 2022.

CSA menambahkan hal itu dilakukan untuk membuat platform mematuhi undang-undang sekuritas, termasuk tindakan penegakan hukum.

Regulator di seluruh dunia telah melihat kripto dengan lebih kritis sejak FTX, yang merupakan pertukaran terbesar ketiga berdasarkan volume pada satu titik, menyatakan bangkrut dan telah menyalahgunakan dana pelanggan. Mantan CEO-nya, Sam Bankman-Fried, ditangkap pada Senin setelah AS mengajukan tuntutan pidana.

Peristiwa baru-baru ini, di mana beberapa perusahaan kripto dan koin terbesar telah runtuh termasuk Celsius Network dan algoritmik stablecoin terraUSD (UST) dari Terra, telah menyebabkan miliaran terhapus dari pasar kripto dalam setahun.

Platform perdagangan kripto yang terdaftar sebagai sekuritas atau telah mengajukan PRU dilarang mengizinkan klien Kanada untuk berdagang atau mendapatkan eksposur ke sekuritas atau turunan kripto, pernyataan itu mengingatkan perusahaan.

4 dari 4 halaman

Senator AS Tegaskan Bitcoin Adalah Komoditas Bukan Mata Uang

Sebelumnya, Senator AS John Boozman mengungkapkan, meskipun disebut mata uang kripto, Bitcoin tetap dianggap sebuah komoditas bukan mata uang. Dia menekankan, pertukaran di mana komoditas diperdagangkan, termasuk bitcoin, harus diatur oleh Commodity Futures Trading Commission (CFTC).

“Bitcoin, meskipun mata uang kripto, itu tetap adalah komoditas. Ini adalah komoditas di mata pengadilan federal dan pendapat ketua Securities and Exchange Commission (SEC). Tidak ada perselisihan tentang ini,” kata Boozman dalam sebuah sidang, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (6/12/2022).

Menyebut keruntuhan FTX mengejutkan, sang senator berkata laporan publik menunjukkan kurangnya manajemen risiko, konflik kepentingan, dan penyalahgunaan dana pelanggan. 

Senator Boozman melanjutkan untuk berbicara tentang regulasi kripto dan memberdayakan Commodity Futures Trading Commission (CFTC) sebagai pengatur utama pasar spot kripto. 

“CFTC secara konsisten menunjukkan kesediaannya untuk melindungi konsumen melalui tindakan penegakan hukum terhadap aktor jahat,” lanjut Senator Boozman.

Boozman yakin CFTC adalah agensi yang tepat untuk peran regulasi yang diperluas di pasar spot komoditas digital.

Pada Agustus 2022, Boozman dan beberapa senator memperkenalkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Komoditas Digital (DCCPA) untuk memberdayakan CFTC dengan yurisdiksi eksklusif atas pasar spot komoditas digital. 

Dua RUU lainnya telah diperkenalkan di Kongres tahun ini untuk menjadikan regulator derivatif sebagai pengawas utama untuk sektor kripto.

Sementara bitcoin adalah komoditas, Ketua SEC Gary Gensler berulang kali mengatakan sebagian besar token kripto lainnya adalah sekuritas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.