Sukses

Liga Sepak Bola Spanyol, La Liga Bakal Sertifikasi Bola Pakai Blockchain

Liputan6.com, Jakarta - Liga sepak bola terkemuka di Spanyol, La Liga telah mengumumkan akan menjadi salah satu organisasi pertama yang mensertifikasi bola yang digunakan untuk mencetak gol menggunakan teknologi blockchain

Lembaga tersebut telah bermitra dengan Gol-Ball, sebuah perusahaan pihak ketiga, untuk mengimplementasikan sistem tersebut. 

Sistem, yang dijadwalkan akan digunakan setelah Piala Dunia Qatar ini berfungsi untuk melacak setiap bola yang digunakan pada setiap pertandingan dan untuk memisahkan serta mengidentifikasi bola mana yang berhasil mencetak gol.

Hal ini adalah sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. setiap bola yang digunakan akan dicampur dengan bola yang lain, sehingga tidak diketahui bola mana yang berhasil mencetak gol.

Duta La Liga dan mantan pemain sepak bola, Samuel Eto'o turut berkomentar tentang pentingnya teknologi baru ini di dunia sepak bola. 

“Sepanjang karir saya sebagai pesepakbola, Anda biasanya diberi bola hanya setelah mencetak hat-trick, tetapi Anda tidak pernah yakin dengan bola itulah yang benar-benar mencetak gol. Jika kami dapat mengidentifikasi bola pencetak gol, rekan-rekan saya dan saya akan menginginkan semuanya,” ujar Eto’o, dikutip dari Bitcoin.com, Rabu (7/12/2022).

Pasar Bola Pencetak Gol

Dalam pernyataan pers yang dikeluarkan pada 1 Desember, Laliga menjelaskan bola pencetak gol ini juga akan tersedia untuk semua penggemar melalui “mekanisme yang melibatkan penggemar” yang akan diungkapkan pada Januari 2023. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pasar Bola Pencetak Gol

Ini mengisyaratkan pembentukan pasar sekunder untuk bola-bola ini, yang dapat didistribusikan kepada penggemar melalui undian atau partisipasi berbayar, membuka peluang keterlibatan dan pendapatan baru bagi perusahaan.

Direktur umum eksekutif La Liga, Oscar Mayo mengatakan ini adalah jembatan antara dunia nyata dan dunia digital. 

"Kami bangga di La Liga karena berinovasi dan menawarkan cara kepada penggemar kami untuk merasa lebih terhubung secara emosional dengan klub dan idola favorit mereka," ujar Mayo.

CEO Gol-Ball, Andres Rodriguez juga menyatakan penggemar akan dapat memiliki bola ini sebagai representasi digital, mengisyaratkan penerbitan NFT.

“Laliga juga telah terlibat dalam peluncuran platform berbasis NFT sebelumnya, menjalin kemitraan dengan Dapper Labs pada Oktober untuk peluncuran Laliga Golazos, platform NFT momen yang tak terlupakan,” pungkasnya. 

3 dari 4 halaman

Proyek NFT Ini Beri Lobster Gratis untuk Kolektornya

Sebelumnya, NFT tidak semuanya tentang karya seni dan koleksi olahraga. Beberapa NFT saat ini memberikan kegunaan bagi para pemegangnya di dunia nyata, misalnya NFT tiket keanggotan hingga tike konser.

Dilansir dari Decrypt, Selas (8/11/2022), belum lama ini muncul sebuah rencana proyek NFT baru yaitu yang memberikan hadiah berupa lobster kepada para kolektornya. 

OneOf, startup NFT yang terkenal dengan musik, olahraga, dan koleksi yang berpusat pada merek, mengumumkan pada Selasa, 8 November 2022 mereka telah bermitra dengan layanan pengiriman makanan laut online Get Maine Lobster untuk membuat klub keanggotaan berbasis NFT. 

Dengan bergabung dengan klub, akan memberikan hak kepada anggota yang membayar untuk menerima pengiriman makanan laut segar langsung dari Maine, termasuk lobster. 

Disebut Lobster Perks+, inisiatif keanggotaan ini memiliki empat tingkat keanggotaan yang berisi keuntungan mulai dari tiket masuk gratis yang mencakup diskon dan fasilitas hingga tiket yang mencakup pengiriman makanan laut, merchandise, dan manfaat lainnya.

Salah satu tingkatan yang disebut Captain Club+ NFT, memberikan hak kepada pemegangnya atas delapan ekor lobster, harga grosir untuk semua pesanan lainnya, pesanan sampingan yang ditingkatkan secara gratis, dan fasilitas lainnya termasuk lilin beraroma mentega lobster.

 

 

4 dari 4 halaman

Gabungkan Fasilitas

Sementara itu, tingkat Diamond Club NFT menggabungkan semua fasilitas dari tingkat sebelumnya dengan 100 pon lobster hidup yang ditangkap yang tersebar di 12 pengiriman bulanan, senilai USD 1.250. 

Tidak ada harga yang diumumkan untuk tiga tingkatan berbayar lainnya, juga tidak ada tanggal rilis pasti untuk NFT, meskipun pengumuman mencatat itu akan siap untuk musim liburan akhir tahun.

Selain itu, siapa pun yang mengklaim atau membeli salah satu Lobster Perks+ NFT akan diikutsertakan dalam undian, dengan hadiah termasuk pengiriman lobster gratis tambahan, merchandise, atau perjalanan untuk ekspedisi memancing lobster dengan pendiri Get Maine Lobster, Mark Murrell.

Selain detail harga dan waktu, masih belum jelas platform blockchain mana NFT akan dicetak. OneOf mencetak NFT pada platform blockchain layer-1 Tezos dan Ethereum sidechain Polygon. 

Kolaborasi OneOf dengan Get Maine Lobster adalah contoh terbaru dari kasus penggunaan industri makanan untuk NFT, mengikuti tumpukan contoh yang berkembang di sekitar restoran.

Flyfish Club, misalnya, adalah startup restoran swasta yang didirikan bersama oleh pengusaha Gary Vaynerchuk. Klub mencetak akses Ethereum NFT pada akhir 2021 dan akan meluncurkan lokasi awal di Kota New York pada 2023.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.
    Kripto
  • La Liga adalah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.
    La Liga merupakan sebuah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.
    La Liga
  • Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)
    Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)
    NFT
  • Blockchain
  • Crypto