Sukses

FTX Bangkrut, Bank Sentral Inggris Sebut Perlu Aturan Kripto

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Gubernur Bank Sentral Inggris atau Bank of England (BoE) Jon Cunliffe mengatakan, ledakan bursa kripto FTX menunjukkan kebutuhan membawa dunia kripto dalam kerangka peraturan.

Mengutip Channel News Asia, Selasa (22/11/2022), FTX yang telah mengajukan perlindungan pengadilan kebangkrutan Amerika Serikat berutang hampir USD 3,1 miliar atau sekitar Rp 48,7 triliun (asumsi kurs Rp 15.716 per dolar AS) kepada 50 kreditur terbesarnya.

“Sementara dunia kripto, seperti yang ditunjukkan selama musim dingin kripto tahun lalu, dan ledakan FTX minggu lalu saat ini tidak cukup besar atau cukup terhubung dengan keuangan arus utama untuk mengancam stabilitas sistem keuangan, hubungannya dengan keuangan arus utama telah berkembang pesat,” tutur Cunlife.

Ia menyoroti, tumbangnya FTX perlu regulator yang melakukan kontrol lebih ketat secepat mungkin. “kita tidak boleh menunggu sampai besar dan terhubung untuk mengembangkan kerangka peraturan yang diperlukan untuk mencegah kejutan kripto yang dapat memiliki dampak destabilisasi yang jauh lebih besar.” Tutur Cunliffe.

Saat ini, perusahaan kripto di Inggris hanya perlu menunjukkan dapat menerapkan kontrol yang memadai untuk menghentikan pencucian uang meski banyak permohonan perusahaan yang lisensinya ditolak oleh regulator Inggris.

Inggris menyetujui undang-undang layanan keuangan dan pasar baru yang akan memperkenalkan regulasi untuk stablecoin, aset kripto yang didukung oleh aset.

Cunliffe mengatakan, Bank Sentral Inggris akan menetapkan konsultasi publik untuk menyempurnakan aturan stablecoin secara lebih rinci tentang bagaimana klaim pemegang koin pada penerbit dan dompet harus disusun untuk memberikan penebusan setara uang bank komersial.

“Contoh FTX menggarisbawahi betapa pentingnya aspek ini,” ujar Cunliffe.

Kementerian Keuangan juga akan berkonsultasi untuk perluas perlindungan investor, integritas pasar, dan kerangka peraturan lainnya yang mencakup promosi dan perdagangan produk keuangan ke aktivitas dan entitas yang melibatkan aset kripto.

Secara terpisah, Bank Sentral Inggris dan Kementerian Keuangan melihat pontesi pound digital. “Tujuan kami adalah untuk memastikan inovasi dapat terjadi tetapi dalam kerangka di mana risiko dikelola dengan baik,” ujar Cunliffe.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Peretas FTX Konversi Jutaan Token Ether ke Ren Bitcoin yang Terhubung dengan Alameda

Sebelumnya, hal yang berada di balik peretasan crypto exchange FTX senilai USD 600 juta (Rp 9,3 triliun) mulai menukarkan Ethereum senilai jutaan dolar ke Ren Bitcoin (renBTC), sebuah token yang mewakili bitcoin di blockchain lain, pada Minggu, 20 November 2022.

Dilansir dari CoinDesk, Senin (21/11/2022), dana yang dicuri dari FTX terus dikonversi menjadi eter selama seminggu terakhir, menjadikan peretas salah satu pemegang token terbesar.

Penggunaan kirpto renBTC mengejutkan banyak orang. Hal ini karena pada 2021, Alameda Research milik Sam Bankman-Fried mengatakan tim pengembangan Ren “bergabung” dengan Alameda dan akan bekerja pada memperluas penggunaan Ren ke beberapa blockchain.

Pada Minggu pukul waktu AS, peretas memindahkan lebih dari 5.000 eter ke dompet baru, menurut data blockchain. Tambahan 35.000 eter kemudian dipindahkan ke dompet itu melalui tiga transaksi terpisah.

Analisis on-chain dari dompet baru menunjukkan pengeksploitasi kemudian mulai mengubah kripto eter menjadi renBTC menggunakan agregator pertukaran terdesentralisasi 1 inci. Transaksi pertama melihat 4.000 eter dikonversi menjadi bitcoin Wrapped Bitcoin (wBTC), token perwakilan bitcoin lainnya, dan kemudian menjadi renBTC.

Data blockchain menunjukkan pengeksploitasi terus mengubah eter menjadi renBTC melalui beberapa transaksi. Data yang dikutip oleh perusahaan keamanan PeckShield menunjukkan pengeksploitasi menggunakan jembatan Ren untuk mentransfer ribuan renBTC. 

Bridges adalah alat berbasis blockchain yang memungkinkan pengguna bertukar token di antara jaringan yang berbeda.

Menurut sebuah studi oleh firma analisis blockchain Elliptic, jembatan Ren sebelumnya telah digunakan untuk mencuci dana curian hingga setidaknya USD 540 juta karena dapat memberikan privasi kepada pengguna, menurut laporan Elliptic.

 

3 dari 4 halaman

Dampak Kasus FTX, Kapitalisasi Pasar Kripto Sentuh Rp 11.527 Triliun, Terendah Sejak 2021

Sebelumnya, dengan turunnya kepercayaan investor terhadap mata uang kripto akibat jatuhnya bursa FTX milik Sam Bankman-Fried, total kapitalisasi pasar aset digital juga turun bulan ini di bawah USD 800 miliar (Rp 12.587 triliun). Level itu yang tidak terlihat sejak awal 2021, menurut data dari TradingView.

Dilansir dari CoinDesk Jumat (18/11/2022), gejolak terbaru di pasar aset digital memangkas sekitar USD 183 miliar dari kapitalisasi pasar industri. Secara keseluruhan, kapitalisasi pasar aset kripto turun menjadi USD 736 miliar (Rp 11.527 triliun) pada 9 November, terendah sejak Januari 2021.

Penurunan terjadi karena bangkurtnya FTX mengirim harga bitcoin dan mata uang kripto lainnya ke titik terendah baru pada saat itu. Bitcoin (BTC), cryptocurrency terbesar, turun 22 persen selama tujuh hari hingga 13 November, kinerja mingguan terburuk dalam lima bulan. Bitcoin sekarang menyumbang USD 319 miliar dari seluruh kapitalisasi pasar cryptocurrency. 

Di puncak pasar bull sekitar setahun yang lalu, ketika bitcoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa sekitar USD 69.000, nilai pasarnya berada di level USD 1 triliun. Sedangkan, untuk seluruh kapitalisasi pasar kripto mencapai angka USD 3 triliun saat itu tetapi telah menurun sejak saat itu. 

Harga bitcoin turun 5 persen selama tujuh hari terakhir dan telah diperdagangkan dalam kisaran USD 15.000 hingga USD 17.000.

Selama pasar jatuh sebelumnya, kapitalisasi pasar total dari cryptocurrency juga kehilangan pijakan yang cukup besar. Pada Juli 2021, total kapitalisasi pasar turun menjadi USD 1,1 triliun setelah mencapai level tertinggi USD 2,5 triliun pada Mei 2021.

 

4 dari 4 halaman

Binance Batalkan Rencana Akuisisi Crypto FTX

Setelah mengungkapkan akan membeli FTX, pertukaran kripto Binance kembali mengumumkan telah mundur dari kesepakatan untuk membeli pertukaran kripto FTX.

Binance mengumumkan ada beberapa hal yang membuat perusahaan menarik diri dari rencana akuisisi tersebut. 

“Setelah melakukan uji tuntas perusahaan serta adanya laporan berita terbaru mengenai dana pelanggan yang salah penanganan dan dugaan investigasi agensi AS,” tulis Binance di Twitter, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (10/11/2022).

Binance kemudian mencatat mereka ingin membantu pelanggan FTX tetapi masalahnya berada di luar kendali atau kemampuan Binance membantu.

Pertukaran kripto terbesar itu lebih lanjut mengatakan setiap kali bisnis kripto besar gagal, investor ritel yang menderita.

“Kami telah melihat selama beberapa tahun terakhir ekosistem kripto menjadi lebih tangguh dan kami percaya pada waktunya outlier yang menyalahgunakan dana pengguna akan disingkirkan oleh pasar bebas,” tambah Binance dalam cuitannya.

Binance mengakhiri penjelasan dengan menambahkan ekosistem akan diuntungkan oleh “kerangka peraturan” yang lebih kuat dan “desentralisasi yang lebih besar.” 

Nilai aset kripto turun karena berita dan seluruh ekonomi kripto hampir turun di bawah USD 800 miliar, setelah turun 10,56 persen selama 24 jam terakhir.

Bitcoin (BTC) turun di bawah USD 16.000 atau sekitar Rp 251 juta per unit pada Rabu malam menyusul berita tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.