Sukses

Volatilitas Bitcoin Menurun, Analis Sebut Penurunan Segera Berakhir

Penurunan volatilitas ini dianggap seabgai tanda penurunan hampir berakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Volatilitas Bitcoin akhir-akhir sedikit menurun yang menunjukkan pergerakan harga kripto terbesar itu mulai lebih stabil. Para analis menyebut hal ini merupakan tanda-tanda harga hampir mencapai titik bawah.

Pekan lalu, volatilitas bergulir 20 hari cryptocurrency turun di bawah indeks Nasdaq dan S&P 500 untuk pertama kalinya sejak 2020, menurut data dari perusahaan riset kripto Kaiko.

Mata uang digital telah turun tajam sejak 2021 yang melihat bitcoin naik setinggi USD 68.990 atau sekitar Rp 1 miliar. Tetapi selama beberapa bulan terakhir, harga bitcoin telah melemah hingga sekitar USD 20.000 sebagai tanda volatilitas di pasar telah selesai.

Saham dan cryptocurrency keduanya turun tajam tahun ini karena kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve AS dan penguatan dolar membebani sektor ini. Korelasi Bitcoin dengan saham telah meningkat dari waktu ke waktu karena semakin banyak investor institusional yang berinvestasi di kripto.

Harga bitcoin yang mulai stabil baru-baru ini disambut positif oleh para investor karena menurut mereka itu adalah pertanda baik.

Kepala internasional di pertukaran kripto Luno, Vijay Ayyar mengatakan Bitcoin pada dasarnya telah terikat dalam kisaran antara USD 18.000 hingga USD 25.000 selama 4 bulan sekarang, yang menunjukkan konsolidasi dan potensi mencapai titik terendah.

“Kami juga melihat indeks Dolar naik. Dalam kasus sebelumnya seperti pada 2015, kami telah melihat BTC terbawah ketika indeks Dolar telah berada di atas, jadi kami dapat melihat pola yang sangat mirip bermain di sini,” ujar Ayyar dikutip dari CNBC, Senin (31/10/2022).

 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akhir dari Musim Dingin Kripto

Akhir dari Musim Dingin Kripto?

Cryptocurrency telah mengalami penurunan brutal tahun ini, kehilangan nilai USD 2 triliun sejak puncak reli pada 2021. Bitcoin, koin digital terbesar di dunia, turun sekitar 70 persen dari puncaknya pada November 2021.

Apa yang disebut "musim dingin kripto" saat ini sebagian besar merupakan hasil dari pengetatan agresif dari The Fed, yang telah menaikkan suku bunga dalam upaya untuk menjinakkan inflasi yang meroket. 

Perusahaan kripto ternama seperti Three Arrows Capital terbebani oleh tekanan pada harga, yang semakin mempercepat penurunan pasar.

Namun, beberapa investor berpikir musim dingin kripto sudah berada di penghujung fase. Ayyar mengatakan ada tanda-tanda fase akumulasi, ketika investor institusional lebih bersedia untuk bertaruh pada bitcoin mengingat harga yang tenang.

“Bitcoin terjebak dalam kisaran seperti itu memang membuatnya membosankan, tetapi ini juga saat ritel kehilangan minat dan uang pintar mulai menumpuk,” pungkas Ayyar.

3 dari 4 halaman

Krisis Energi di Moldova, Pemerintah Larang Penambangan Kripto

Sebelumnya, Pemerintah Moldova telah memutuskan untuk melarang kegiatan penambangan kripto di negara itu karena menghadapi krisis energi besar. 

Keputusan ini merupakan bagian dari langkah darurat untuk mengurangi konsumsi listrik dengan pasokan energi yang semakin berkurang karena meningkatnya konflik di negara tetangga Ukraina.

Larangan itu muncul setelah Presiden Moldova, Maia Sandu mendesak para menteri untuk memberlakukan pembatasan untuk menghemat daya selama pertemuan Dewan Keamanan negara Eropa Timur itu. 

Penambang kripto adalah salah satu korban pertama dari pemotongan, meskipun industri mereka tidak menjadi konsumen yang signifikan. 

Seperti diketahui, penambangan kripto sering menjadi sorotan karena penggunaan energinya yang besar. Selain itu, penambangan kripto seringkali mendapat kritik karena dampaknya pada lingkungan.

Wakil Perdana Menteri Andrei Spinu mengumumkan melalui Telegram sebelumnya untuk memperingatkan tentang kekurangan listrik yang diperkirakan, menyalahkan serangan udara Rusia pada infrastruktur energi Ukraina dan mengurangi pasokan gas alam oleh raksasa energi Rusia Gazprom.

 

4 dari 4 halaman

Larangan Impor Alat Penambangan Kripto

Spinu meminta warga Moldova untuk bertindak dalam solidaritas dan tanggung jawab untuk menghindari pemadaman dan pemutusan hubungan. Dia meminta bisnis untuk mematikan iklan atau pencahayaan dekoratif, menyesuaikan jam produksi, dan menggunakan generator jika memungkinkan antara pukul 7 pagi hingga 11 malam.

Larangan Impor Alat Penambangan kripto

Pada Selasa, 25 Oktober 2022, Komisi Situasi Darurat Moldova menyetujui sejumlah langkah untuk mengatasi krisis energi. Selain menambang itu sendiri, aturan juga melarang impor peralatan penambangan kripto.

“Kegiatan penambangan aset kripto dilarang, serta impor peralatan khusus, terlepas dari lokasi perusahaan pengimpor,” pengumuman Komisi tersebut, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (28/10/2022).

Pihak berwenang di Chișinau juga merekomendasikan agar Moldova mengurangi konsumsi listrik dengan menggunakan lift lebih jarang, terutama selama jam sibuk, dan membatasi pencahayaan bangunan komersial dan papan iklan. Pemerintah daerah juga telah diinstruksikan untuk mengurangi penerangan jalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.