Sukses

Mengenal Platform NFT Berbasis Blockchain Ethereum Rarible

Liputan6.com, Jakarta Rarible adalah platform berbasis Ethereum yang memfasilitasi pembuatan, penjualan, dan pembelian hak kepemilikan atas karya seni digital melalui Non Fungible Token (NFT). 

Dilansir dari situs pertukaran kripto Gemini, NFT adalah aset digital unik yang digunakan untuk mewakili barang-barang unik seperti koleksi dan karya seni.

Rarible menggunakan dua standar token yaitu NFT ERC-721, yang memungkinkan pembuatan item unik satu kali, dan ERC-1155, yang memungkinkan pembuatan beberapa edisi item.

Meskipun platform NFT Rarible diluncurkan sebagai operasi terpusat, pembuatnya berencana untuk mendesentralisasikannya secara bertahap dari waktu ke waktu, pada akhirnya menyerahkan kendali ke organisasi otonom terdesentralisasi (DAO) yang akan dijalankan oleh komunitas Rarible.

Token Tata Kelola Rarible

Rarible berencana untuk mencapai ini melalui token tata kelola RARI Coin, yang memberi pengguna hak untuk berpartisipasi dalam tata kelola platform. Pada 2021, Rarible mengumumkan mereka akan meluncurkan pasar di blockchain Flow Dapper Labs, yang dirancang untuk meng-host aplikasi dan memfasilitasi transaksi cepat.

Fitur Rarible

Untuk memanfaatkan pasar NFT berbasis Ethereum dari Rarible, pengguna harus terlebih dahulu memiliki dompet Ethereum seperti dompet Metamask, Argent, atau Coinbase dan beberapa ether (ETH). 

Pengguna dapat membeli ETH melalui pertukaran, atau di platform kripto Rarible dengan kartu kredit. Setelah pengguna menautkan dompet, mereka dapat menelusuri pasar NFT Rarible untuk item yang akan dibeli. 

Platform ini menampilkan penjual teratas dan koleksi seni NFT, dan memungkinkan Anda untuk mencari NFT melalui kategori seperti fotografi, game, dan meme. Penjual NFT dapat memilih apakah akan menetapkan harga jual tetap untuk aset mereka, atau melakukan lelang.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual saham. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.