Sukses

TKO Resmi Terdaftar di Bappebti, Genjot Ekosistem Blockchain Lebih Masif

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Perdagagan Berjangka Komoditi (Bappebti) resmi memasukkan Toko Token (TKO) sebagai aset kripto yang legal diperdagangkan di pasar fisik aset kripto di Indonesia. TKO masuk ke dalam daftar baru dari 383 aset kripto yang dapat diperdagangkan saat ini.

Keputusan tersebut merupakan bagian dari terbitnya Peraturan Bappebti (PerBa) Nomor 11 Tahun 2022 tentang Penetapan Daftar Aset Kripto Yang Diperdagangkan Di Pasar Fisik Aset Kripto.

Dalam PerBa itu terjadi peningkatan signifikan jumlah daftar legal dari 299 aset kripto yang sebelumnya boleh diperdagangkan.

Masuknya TKO ke dalam daftar aset kriptolegal Bappebti membuktikan token kripto tersebut, sudah memenuhi aspek legalitas di Indonesia melalui proses due diligence yang ketat berdasarkan metode penilaian Analytical Hierarchy Process (AHP).

TKO sendiri merupakan project aset kripto dari Tokocrypto yang telah genap memasuki usia satu tahun pada April lalu. TKO mengusung desain project kripto pertama di Indonesia yang menyediakan model token hybrid unik, Centralized Finance (CeFi) dan Decentralized Finance (DeFi).

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Kenalkan Utilitas TKO

CEO Tokocrypto, Pang Xue Kai, mengatakan pencapaian ini tentunya merupakan kabar baik untuk seluruh pihak yang terlibat dalam development TKO dan semua holders token. Selain itu, momentum ini juga baik untuk mengenalkan utilitas TKO yang ingin mendorong adopsi ekosistem blockchain di Indonesia.

"Telah banyak hal yang dilalui oleh TKO dalam menghadirkan utilitas yang bermanfaat bagi kemajuan adopsi ekosistem blockchain di indonesia. Kami akan terus memperkokoh fundamental dari TKO,” kata Kai dalam siaran pers, dikutip Sabtu, 13 Agustus 2022.

Kai menjelaskan saat ini TKO telah berfungsi sebagai utilitas benang pemersatu yang menjalin berbagai komponen ekosistem blockchain di TokoVerse. Mulai dari TokoMall (NFT marketplace), TKO sebagai alat redeem NFT. 

Aplikasi learn & earn, Kriptoversity, belajar blockchain dan aset kripto bisa dapet TKO yang didapatkan bisa di klaim ke wallet kripto Tokocrypto atau bisa didonasikan via TokoCare.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Fitur dan Utilitas Lain TKO

Tokocrypto selalu mengembangkan fitur untuk membuat TKO terus berkembang. Salah satunya adalah TKO Lock yang menguntungkan bagi para holders TKO.

Dengan "mengunci" TKO selama pilihan periode waktu tertentu, investor bisa mendapatkan rewards sampai dengan 0,065 TKO per hari. Ini bisa jadi salah satu cara mendapatkan passive income dari investasi aset kripto.

Ada pula TKO Trading Fee, di mana pengguna bisa membayar biaya trading menggunakan TKO dan mendapatkan diskon sebesar 25 persen. Diskon trading fee ini bisa digunakan semua pengguna dengan berbagai pilihan aset kripto.

Tidak hanya itu, untuk menjaga nilai kelangkaan token, Tokocrypto melakukan TKO burn setiap kuartal. 

Tokocrypto menyisihkan 10 persen dari revenue generated berdasarkan trading volume crypto-to-crypto platform untuk burn token TKO sebanyak 10 persen dari total token suplai. Untuk kuartal 2 2022, ada 778.164 TKO yang akan di-burn secara bertahap.

"Fase TKO burn dapat dijadikan kesempatan bagi para user untuk mengakumulasi kepemilikan TKO-nya. Token burn akan kami lakukan rutin setiap kuartal demi mempertahankan tingkat inflasi TKO sebagai kelanjutan dari kebijakan kami dalam rangka mengoptimalkan nilai dan potensi token TKO," pungkas Kai.

4 dari 5 halaman

Harga Kripto Minggu Pagi 14 Agustus 2022

Harga bitcoin dan kripto jajaran teratas lainnya berada di zona hijau pada perdagangan Minggu, 14 Agustus 2022. Mayoritas jajaran kripto teratas menguat pada akhir pekan ini.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Minggu (14/8/2022), kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar bitcoin (BTC) menguat tipis dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga bitcoin bertambah 7,18 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 24,574,09 atau sekitar Rp 360,43 juta (asumsi kurs Rp 14.667 per dolar AS).

Demikian juga harga ethereum berada di zona hijau. Harga ethereum (ETH) naik 1,12 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga ethereum menanjak 18,48 persen. Saat ini, harga ethereum berada di posisi USD 1.986,92 atau sekitar Rp 29,12 juta.

Kemudian, binance coin (BNB) naik 0,43 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga BNB melambung 5,94 persen. Kini, harga BNB berada di posisi USD 327,70.

Harga cardano (ADA) melesat 8,34 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga cardano melambung 14,83 persen. Saat ini, harga ADA di posisi USD 0,585.

Selanjutnya, harga XRP juga menghijau akhir pekan ini. Harga XRP naik 0,27 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga XRP menguat 2,93 persen. Kini harga XRP berada di posisi USD 0,3811.

 

5 dari 5 halaman

Harga Kripto Lainnya

Harga solana (SOL) melemah 0,96 persen dalam 24 jam terakhir. Meski demikian, harga solana melesat 17,96 persen dalam sepekan. Saat ini, harga solana di posisi USD 46,70.

Sementara itu, harga polkadot (DOT) melemah 1,02 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga polkadot melejit 10,53 persen. Kini, harga polkadot berada di posisi USD 9,37.

Di sisi lain, stablecoin seperti tether (USDT) melemah tipis 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga USDT naik 0,02 persen. Saat ini, harga tether di posisi USD 1,00.

Kemudian, harga USD Coin (USDC) menguat terbatas 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Demikian juga selama sepekan, harga USD Coin naik 0,01 persen. Kini, harga USDC di posisi USD 1.

Sementara itu, harga binance USD (BUSD) naik 0,04 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, harga BUSD melemah terbatas dalam sepekan. Harga BUSD susut 0,03 persen. Kini, harga BUSD di posisi USD 1,00.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS