Sukses

Marketplace NFT Coinbase Catat Volume Perdagangan Rp 3,1 Triliun pada Tahap Beta

Total volume perdagangan di pasar pada waktu itu adalah 73 ETH.

Liputan6.com, Jakarta - Pertukaran kripto Coinbase (COIN) akhirnya meluncurkan tahap beta dari pasar Non-fungible token (NFT) minggu lalu dan menunjukkan telah ada beberapa data aktivitas awal.

Dilansir dari CoinDesk, Rabu (4/5/2022), menurut data dari situs analitik kripto Dune, pasar Coinbase memiliki kurang dari 900 total transaksi sejak diluncurkan pada 20 April 2022. 

Total volume perdagangan di pasar pada waktu itu adalah 73 ETH sekitar USD 217.000 atau setara Rp 3,1 triliun, dengan sekitar 650 pengguna sejauh ini bertransaksi di platform marketplace NFT Coinbase.

Statistik penggunaan yang rendah kemungkinan dapat dikaitkan dengan fakta Coinbase hanya memberikan sebagian kecil dari akses daftar tunggu tiga juta orangnya ke platform. 

Dalam pernyataan yang dikirim melalui email ke CoinDesk, Coinbase mengatakan tidak akan dapat mengonfirmasi data pengguna apa pun di pasar Non-fungible token (NFT) karena produknya masih dalam versi beta.

Untuk tujuan perbandingan, pasar NFT yang mapan, OpenSea, menghasilkan lebih dari USD 808 juta dalam volume perdagangan berbasis Ethereum selama periode yang sama, di antara lebih dari 36.000 pengguna.

Coinbase mengatakan pasar yang berfokus pada sosial masih dalam tahap awal pengembangan, dengan rencana untuk mendorong lebih banyak pengguna ke platform dengan kemitraan eksklusif yang akan diumumkan dalam beberapa bulan mendatang.

Melansir laman Forbes, Minggu, 5 Maret 2022, NFT adalah aset digital yang mewakili objek dunia nyata seperti seni, musik, item dalam game, dan video. Mereka dibeli dan dijual secara online, seringkali dengan cryptocurrency, dan umumnya dikodekan dengan perangkat lunak dasar yang sama dengan banyak cryptos.

Meskipun sudah ada sejak 2014, NFT kini menjadi lebih terkenal. Hal itu disebabkan cara yang semakin populer untuk membeli dan menjual karya seni secara digital. Secara mengejutkan, nilai jual beli NFT telah mencapai USD 174 juta sejak November 2017.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kreasi Digital

NFT juga umumnya hanya satu dari tiap jenis, atau setidaknya salah satu dari proses yang sangat terbatas, dan memiliki kode pengenal yang unik.

“Pada dasarnya, NFT menciptakan kelangkaan secara digital,” kata Arry Yu, ketua Dewan Asosiasi Industri Teknologi Washington Cascadia Blockchain dan Direktur Pelaksana Yellow Umbrella Ventures.

Ini sangat kontras dengan kebanyakan kreasi digital, yang hampir selalu tak terbatas dalam persediaan. Secara hipotetis, memotong pasokan harus meningkatkan nilai aset tertentu, dengan asumsi itu dalam permintaan.

Namun, banyak NFT, setidaknya di masa-masa awal ini, telah menjadi kreasi digital yang sudah ada dalam beberapa bentuk di tempat lain, seperti klip video ikonik dari game NBA atau versi seni digital yang disekuritisasi yang sudah beredar di Instagram.

Misalnya, seniman digital terkenal Mike Winklemann, lebih dikenal sebagai "Beeple" membuat gabungan 5.000 gambar harian untuk menciptakan NFT paling terkenal saat itu, "EVERYDAYS: The First 5000 Days," yang dijual di Christie's untuk rekor- memecahkan USD 69,3 juta.

Siapa pun dapat melihat gambar satu per satu—atau bahkan seluruh kolase gambar secara online secara gratis.

3 dari 4 halaman

Cara Kerja NFT

Jadi mengapa orang rela menghabiskan jutaan dolar untuk sesuatu yang dapat mereka screenshot atau unduh dengan mudah?

Jawabannya karena NFT memungkinkan pembeli memiliki barang asli. Tidak hanya itu, ini berisi otentikasi bawaan, yang berfungsi sebagai bukti kepemilikan. Kolektor menghargai "hak membual digital" itu hampir lebih dari barang itu sendiri.

Bagaimana Cara Kerja NFT?

NFT ada di blockchain, yang merupakan buku besar publik terdistribusi yang mencatat transaksi. Anda mungkin paling akrab dengan blockchain sebagai proses dasar yang memungkinkan cryptocurrency.

Secara khusus, NFT biasanya disimpan di blockchain Ethereum, meskipun blockchain lain juga mendukungnya.

NFT dibuat, atau "dicetak" dari objek digital yang mewakili barang berwujud dan tidak berwujud, termasuk:

• Seni

• GIF

• Video dan sorotan olahraga

• Koleksi

• Avatar virtual dan kulit video game

• Sepatu desainer

• Musik

Bahkan tweet dihitung. Pendiri Twitter Jack Dorsey menjual tweet pertamanya sebagai NFT seharga lebih dari USD 2,9 juta.

Pada dasarnya, NFT seperti barang kolektor fisik, hanya digital. Jadi, alih-alih mendapatkan lukisan cat minyak yang sebenarnya untuk digantung di dinding, pembeli malah mendapatkan file digital.

Pemiliki NFT juga mendapatkan hak kepemilikan eksklusif?

Hal itu benar. NFT hanya dapat dimiliki satu pemilik dalam satu waktu. Data unik NFT memudahkan verifikasi kepemilikan dan transfer token antar pemilik.

Pemilik atau pencipta juga dapat menyimpan informasi tertentu di dalamnya. Misalnya, seniman dapat menandatangani karya seni mereka dengan memasukkan tanda tangan mereka dalam metadata NFT.

 

4 dari 4 halaman

Untuk Apa NFT Digunakan?

Teknologi Blockchain dan NFT memberi peluang seniman dan pembuat konten peluang unik untuk memonetisasi barang dagangan mereka. Misalnya, seniman tidak lagi harus bergantung pada galeri atau balai lelang untuk menjual karya seninya.

Sebaliknya, artis dapat menjualnya langsung ke konsumen sebagai NFT, yang juga memungkinkan mereka menyimpan lebih banyak keuntungan.

Selain itu, seniman dapat memprogram dalam royalti sehingga mereka akan menerima persentase penjualan setiap kali karya seni mereka dijual ke pemilik baru.

Ini adalah fitur yang menarik karena seniman umumnya tidak menerima hasil di masa depan setelah karya seni mereka pertama kali dijual.

Seni bukan satu-satunya cara untuk menghasilkan uang dengan NFT. Merek seperti Charmin dan Taco Bell telah melelang seni NFT bertema untuk mengumpulkan dana untuk amal.

Charmin menjuluki penawarannya "NFTP" (kertas toilet non-sepadan), dan seni NFT Taco Bell terjual habis dalam hitungan menit, dengan tawaran tertinggi datang pada 1,5 eter (WETH) —sama dengan USD 3.723,83.

Nyan Cat, GIF kucing era 2011 terjual hampir $600.000 pada Februari. Dan NBA Top Shot menghasilkan lebih dari USD 500 juta dalam penjualan pada akhir Maret.

Bahkan selebriti seperti Snoop Dogg dan Lindsay Lohan ikut-ikutan ikut-ikutan NFT, merilis kenangan unik, karya seni, dan momen sebagai NFT yang disekuritisasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.