Sukses

Pertukaran Kripto Coincheck Bakal Terdaftar di Nasdaq

Berbasis di Tokyo dan diatur oleh Badan Layanan Keuangan Jepang, Coincheck memiliki sekitar 1,5 juta pelanggan terverifikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Coincheck, salah satu pertukaran cryptocurrency terbesar di Jepang, telah setuju untuk bergabung dengan perusahaan akuisisi tujuan khusus (SPAC) Thunder Bridge Capital Partners IV yang terdaftar di Nasdaq.

Setelah merger tersebut, secara otomatis pertukaran kripto yang berbasis di Jepang itu akan terdaftar di bursa Nasdaq menggunakan entitas baru dari hasil merger, dilansir dari CoinDesk, Sabtu (2/4/2022). 

Menurut pengumuman Thunder Bridge, penggabungan diharapkan akan selesai pada paruh kedua 2022 setelah itu entitas gabungan akan terdaftar di Nasdaq Global Select Market di bawah nama "CNCK".

Thunder Bridge akan memberikan USD 237 juta tunai atau sekitar Rp 3,3 triliun, sebelum biaya dan dengn asumsi tidak ada penebusan oleh pemegang saham, kepada perusahaan gabungan. 

Saat ini, saham Coincheck 94,2 persen dimiliki oleh perusahaan sekuritas online Monex, yang akan mempertahankan semua entitas. Saat merger Coincheck dan Thunder Bridge selesai, Monex akan memiliki saham sekitar 82 persen di entitas baru dari merger tersebut. 

Kemudian, setelah penggabungan selesai, Presiden dan CEO Thunder Bridge Gary Simanson akan menjadi CEO dari perusahaan gabungan tersebut.

Berbasis di Tokyo dan diatur oleh Badan Layanan Keuangan Jepang, Coincheck memiliki sekitar 1,5 juta pelanggan terverifikasi. Ini memiliki volume perdagangan 24 jam sebesar USD 130 juta menurut data dari CoinGecko.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Volatilitas Pasar Kripto Kembali Melonjak, Ada Apa?

Sebelumnya, harga bitcoin (BTC) kembali turun di bawah USD 47.000 atau sekitar Rp 674,3 juta, meskipun secara teknis dukungan di sekitar sekitar USD 43.000 dapat menstabilkan pullback. 

Pasar kripto juga melihat kenaikan yang kuat dalam volatilitas jangka pendek selama 24 jam terakhir, mirip dengan apa yang terjadi selama penembusan Bitcoin di atas USD 45.000 minggu lalu, menurut data yang disediakan oleh Skew, dilansir dari CoinDesk, Jumat, 1 April 2022.

Pada Kamis, anggota parlemen Uni Eropa memberikan suara untuk mendukung langkah-langkah kontroversial yang melarang transaksi kripto secara anonim. 

Proposal dimaksudkan untuk memperluas persyaratan anti pencucian uang (AML) yang berlaku untuk pembayaran konvensional lebih dari EUR 1.000 ke sektor kripto. BTC sempat turun 2 persen dalam beberapa menit saat pemungutan suara dilakukan.

Sementara itu, cryptocurrency alternatif (Altcoin) berkinerja buruk pada Jumat, menunjukkan selera risiko yang lebih rendah di antara pedagang kripto. 

Misalnya, ethereum (ETH) turun sebanyak 4 persen selama 24 jam terakhir dan AAVE kehilangan sebanyak 9 persen, dibandingkan dengan penurunan 3 persen di BTC selama periode yang sama.

Kemunduran saat ini di seluruh aset spekulatif dapat dibatasi. Data historis menunjukkan kenaikan lebih lanjut bisa saja terjadi pada April dan Mei, meskipun dengan volatilitas yang lebih besar karena risiko makroekonomi dan geopolitik yang sedang berlangsung.

Bitcoin mengungguli S&P 500 sejauh tahun ini, meskipun dengan volatilitas yang lebih tinggi.

Namun, menurut data dari IntoTheBlock, berdasarkan pengembalian yang disesuaikan dengan risiko Bitcoin sedikit di bawah S&P 500 selama 30 hari terakhir.

Umumnya, seiring waktu, investor kripto dikompensasikan untuk volatilitas yang lebih tinggi dalam bentuk pengembalian yang lebih tinggi dibandingkan saham.

Bagi beberapa investor, diversifikasi telah menjadi tantangan selama beberapa bulan terakhir karena meningkatnya korelasi Bitcoin dengan saham.  Namun, emas dan komoditas lainnya mengungguli selama tiga bulan terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.