Sukses

Melalui Kuliner, Lidah Masyarakat Indonesia Dimanjakan

Sebagai negara kesatuan yang membentang luas dari Sabang sampai Merauke dan dari Rote hingga Talaud, Indonesia menyimpan banyak pesona.

Citizen6, Jakarta: Indonesia merupakan sebuah negara besar yang kaya akan keberagaman di dalamnya. Sebagai Negara kesatuan yang membentang luas dari Sabang sampai Merauke dan dari Rote hingga Talaud, Indonesia menyimpan banyak pesona yang bahkan tidak bisa kita bayangkan sebelumnya. Keberagaman yang dimiliki Indonesia boleh diadu dengan negara Lainnya, mulai dari agama, suku, kebudayaan, adat istiadat , bahasa, dan lain sebagainya.

jika kita membandingkannya, maka Indonesia akan menjadi pemenangnya. Mengapa? Karena dengan keanekaragaman yang dimilikinya, Indonesia tetap sebagai satu kesatuan Negara Indonesia dalam bentuk NKRI yang berbhineka tunggal ika. Semua yang dimiliki diseluruh nusantara adalah untuk satu nama yaitu Indonesia. Hanya di Indonesia semua perbedaan dan keberagaman bisa dirangkul dengan damai dan tentram.

Potensi-potensi yang dimiliki Indonesia pun sangatlah besar, baik dari potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Indonesia bahkan mendapat julukan sebagai Zamrud khatulistiwa yang menunjukkan bahwa betapa kayanya Indonesia.  Jadi, tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak mencintai Indonesia. Dengan apa yang dimiliki Indonesia, kita semestinya bangga pada Indonesia, bahkan kalau perlu kita buat negara-negara lain iri pada Indonesia.

Lalu apa saja alasan kita untuk mencintai Indonesia? Begitu banyak alasan, namun setidaknya 6 alasan berikut ini yang membuat saya mencintai Indonesia.

1. Keramahtamahan masyarakat Indonesia

Tubagus menceritakan pengalamannya saat ia pergi keberbagai daerah di Indonesia dan menemui berbagai suku-suku di daerah tersebut. Ada satu hal yang membuatnya terkesan dalam setiap perjalanan tersebut, ia selalu disambut dengan senyuman dan sambutan yang antusias meskipun bukan berasal dari suku yang sama. Siapapun kita akan diterima dengan penuh senyuman dan kehangatan.  

Kecenderungan yang dimiliki oleh orang Indonesia adalah sama yaitu jika kita datang sebagai tamu ditempat tersebut, mereka berupaya untuk membuat kita merasa nyaman dan kerasan bersama mereka selama kita bisa menghargai mereka. Kebaikan orang-orang Indonesia membuat kita merasa memiliki keluarga dimana saja kita berada tanpa perlu khawatir akan tindakan kriminalitas.
 
2. Toleransi Antar warga dan umat beragama

Toleransi yang dimiliki orang Indonesia terhadap perbedaan sangat tinggi, bahkan hal ini menciptakan rasa kekeluargaan dan kekerabatan yang erat. Saat pernah pergi ke Pulau Sangihe, Sulawesi Utara, ada satu hal yang menarik perhatoian Tubagus, di sana jika ada kegiatan keagamaan, misalnya acara pemakaman, maka baik dari agama manapun akan diundang dan datang pada acara tersebut hingga prosesi pemakaman dan doa selesai.


 
Contoh lain saat acara-acara besar keagamaan seperti Natal dan Idul Fitri, maka warga-warga yang berbeda agama akan saling mengucapkan selamat dan berkunjung sebagai wujud saling menghargai dan menghormati. Bagi mereka hal tersebut sebagai tanda kekeluargaan yang erat. Ini menandakan perbedaan agama tidak lagi menjadi pembatas Mereka, karena bagi mereka semuanya adalah keluarga. Jika kita bandingkan dengan negara lain, justru perbedaan ras, suku dan, agama akan menjadi diskriminasi, dimana kaum minoritas akan mengalami rasa terasingkan.
 
3. Ragam Seni Budaya

Begitu banyaknya bahasa daerah yang dimiliki oleh Indonesia maka kita akan dibuat kagum karena disetiap daerah memiliki bahasa daerah masing-masing. Coba Anda hitung, berapa banyak bahasa daerah yang bisa Anda kuasai? aya rasa akan lebih sulit belajar bahasa daerah yang ada di Indonesia ketimbang belajar bahasa inggris atau bahasa asing lainnya. Jadi perlu kita berbangga hati pada seni budaya yang dimiliki Indonesia.


 
4. Keindahan dan wisata alam

Jika Anda pernah pergi ke Bunaken, Raja Ampat, Danau Toba, Pantai Kuta atau tempat-tempat wisata terkenal lainnya di Indonesia pastinya Anda akan begitu antusias menceritakan pengalaman tersebut, lalu Anda akan menunjukkan foto-foto yang Anda ambil atau sekedar berbagi foto di jejaring sosial. Karena memang, keindahan alam Indonesia tidak kalah dibandingkan dengan negara-negara lain. Selain itu, keindahan alam di tempat-tempat tersebut menjadi primadona wisata bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Jadi sudah sepatutnya kita berbangga dan cinta akan negeri yang indah ini.



5. Kuliner lezat nusantara

Menikmati kuliner adalah hal yang menyenangkan dan tidak mungkin tolak, khususnya kuliner-kuliner khas Indonesia. Dibandingkan dengan makanan-makanan junk food dari Negara-negara lain rasanaya kuliner Indonesia jauh lebih menarik dan menggugah selera. Racikan bumbu-bumbunya yang begitu kuat dan khas, aroma masakannya pun begitu menggoda dan rasanya sangat cocok dengan lidah orang Indonesia.

Memang kalau kita lihat bahan dasar yang digunakan sangat sederhana bahkan tidak terkesan mewah jika dibandingkan masakan dari luar yang sering menggunakan daging-daging, susu, keju dan lain sebagainnya. Bumbu dan rempah-rempahnya pun juga bisa dibilang umum dan sederhana, namun dengan tangan "ajaib" orang Indonesia dan kreatifitasnya yang unik, bahan masakan dipadukan dengan bumbu-bumbu juga rempah rempah menghasilkan seni kuliner yang lezat dan menggugah selera. Begitu banyak kuliner khas Indonesia membuat Anda semakin mencintai Indonesia hanya dengan mencicipinya, seperti mie aceh, rendang dan dendeng batoko, pempek Palembang, martabak Bangka, gado-gado, gudeg jogya, soto betawi, cotto Makasar,  mie cakalang, pineda sagu, bubur pedas Pontianak, bubur Manado, dan lain sebagainya. Melalui lidah saja, kita akan dimanjakan oleh Indonesia.
 
6. Kekayaan alam Indonesia

Sebagai negara tropis, maritim, dan negara dengan pegunungan-pegunungan aktif, Indonesia telah dikaruniai Kekayaan alam hayati dan kekayaan alam non hayati. Hutan-hutan tropis yang dimiliki Indonesia menghasilkan keanekaragaman flora dan fauna unik yang tidak dimiliki oleh negara lain, misalnya orang utan, harimau sumatera, gajah sumatera, badak bercula satu, anoa, tapir, babi rusa, komodo, bunga raflesia, anggrek hutan, kayu cendana, dan lain sebagainya.  
 
Selain itu, perairan Indonesia juga berisi jutaan spesies ikan, terumbu karang maupun organisme laut serta gunung-gunung merapi yang menjulang tinggi dengan membawa berkah berupa tanah yang subur dan aneka bahan tambang berharga.

Teringat potongan lirik lagu yang cukup popular, "Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman." Ya, hal tersebut menggambarkan betapa subur dan makmurnya bumi Indonesia, hingga diibaratkan jika kita menancapkan batang kayu di tanah indonesia, maka batang kayu tersebut akan tumbuh menjadi tanaman yang subur dan batu-batuan akan lapuk menjadi tanah yang menyuburkan. (Tubagus Muhammad Yusuf Ibrahim/mar)

Tubagus Muhammad Yusuf Ibrahim adalah pewarta warga yang bisa dihubungi lewat email: tubagus_pkr08@yahoo.co.id
Facebook: tubagus m yusuf, dan Twitter: @tapsychan.

Mulai 6 November-15 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Jika Aku Punya Startup". Dapatkan 3 tiket masuk ke acara Startup Asia Jakarta 2013, yang masing-masing tiketnya bernilai Rp 3,3 jutaan ditambah merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini