Sukses

Indonesia, Tanah Air sampai Akhir Hayatku

Indonesia merupakan salah satu dari sekian banyak negara yang ada di bumi ini. Negara dengan kekayaan alam yang melimpah di dalamnya.

Citizen6, Tanjung Pandan: Negara dapat didefinisikan sebagai tempat berdiamnya sekumpulan orang di dalamnya. Seseorang pasti memiliki alasan tersendiri mengenai apa yang menyebabkan mereka menjadi betah di dalam suatu negara, bahkan tidak mau berganti kewarganegaraannya sampai akhir hayatnya.

Banyak hal yang dapat mempengaruhi hal itu semua, di antaranya adalah dikarenakan sudah menjadi turun-temurun bagi suatu keluarga untuk berada dalam satu negara yang sama tanpa ingin keluar dari negaranya, ingin berada dekat dengan orang yang disayangi, dicintai, dan tidak ingin untuk meninggalkan kerabat-kerabatnya.

Indonesia merupakan salah satu dari sekian banyak negara yang ada di bumi ini. Negara dengan kekayaan alam yang melimpah di dalamnya. Tentunya sebagai anak Indonesia, kita bangga menjadi anak Indonesia. Ada beberapa alasan yang membuat saya mencintai dan bangga menjadi anak Indonesia, 6 di antaranya adalah :

1. Indonesia adalah negara yang memiliki ciri khas "Ter-"

Setiap negara tentunya mempunyai ciri khasnya masing-masing. Sama halnya dengan Indonesia yang mempunyai ciri khas tersebut. Seperti memiliki pulau terbanyak di antara negara-negara yang ada di bumi ini, merupakan negara maritim terbesar di dunia dan mempunyai garis pantai terpanjang di dunia, memiliki jenis suku, ras, agama, dan bahasa daerah terbanyak di dunia.

2. Indonesia merupakan negara yang memiliki etnis/suku, agama, dan ras yang beraneka ragam. Namun, kesemuanya itu saling rukun, menghormati, menghargai, dan saling bertoleransi antara yang satu dengan yang lainnya.    

3. Indonesia adalah negara dengan masyarakat yang ramah, mudah tersenyum, dan saling tolong-menolong dengan orang lain. Selama orang tersebut masih menjaga norma-norma yang ada dan berlaku dan masih menjaga bagaimana cara untuk bersikap yang sopan kepada orang lain.

4. Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak jenis bahasa daerah yang rumit dan sulit dipahami dan dimengerti bagi mereka yang belum tahu akan suatu bahasa daerah tersebut. Akan tetapi, semua dipersatukan dengan bahasa resmi, yaitu Bahasa Indonesia.

5. Indonesia memiliki satu-satunya suku terbesar yang menganut garis keturunan ibu (matrilineal), yaitu suku Minang.

6. Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai jenis budaya yang tidak dimiliki negara lain. Karena kaya akan keanekaragaman budayanya, negara lain banyak yang ingin mempelajarinya, bahkan sampai ada yang meniru budaya yang ada di Indonesia.

Inilah 6 alasan mengapa mencintai dan bangga menjadi anak Indonesia. Oleh karenanya semua yang ada di Indonesia tidak boleh hilang ataupun sampai punah. Bisa jadi apa yang dimiliki Indonesia merupakan satu-satunya yang ada di jagat raya dan tidak dimiliki oleh negara lain. (Ey Nurmawati/mar)

Ely Nurmawati adalah pewarta warga.

Mulai 6 November-15 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Jika Aku Punya Startup". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini