Sukses

Negeriku Tercinta, Negeriku Menakjubkan

Indonesia dikenal dengan negara yang mempunyai pulau-pulau, suku bangsa maupun bahasa yang terbanyak di dunia.

Citizen6, Sorong: Indonesia dikenal dengan negara yang mempunyai pulau-pulau, suku bangsa maupun bahasa yang terbanyak di dunia. Hal tersebut yang membuat Indonesia dikenal oleh negara lain bahkan di seluruh dunia.

Bukan hanya karena keanekaragaman yang membuat Indonesia terkenal oleh dunia, tapi juga karena perjuangan masyarakatnya yang membuat negara ini terbebas dari penjajahan. Namun pada kenyataannya, ada sebagian masyarakat Indonesia terutama para pemudanya lebih menunjukkan kecintaan mereka terhadap negara lain. Hal ini dapat dilihat dari perilaku mereka yang lebih menikmati hasil-hasil karya orang luar negeri, seperti pakaian, makanan serta gaya hidup.

Berikut 6 alasan yang membuat orang Indonesia seharusnya mencintai negaranya sendiri:

1. Negara republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia.

Terdiri dari 17.504 pulau termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni. Selain itu, sebagai negara kepulauan terbesar, Indonesia juga mempunyai beberapa pulau terbesar di dunia, seperti pulau Kalimantan, Sumatra, dan Papua. Indonesia juga mempunyai pulau-pulau yang indah seperti raja ampat, Papua. Hal tersebut menunjukkan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia tidak kalah dengan negara-negara lain di dunia yang wilayahnya lebih besar dari Indonesia.

2. Indonesia merupakan negara dengan suku bangsa terbanyak di dunia.

Terdapat lebih dari 740 suku bangsa atau etnis. Suku-suku bangsa ini memiliki adat berupa tarian, pakaian, tempat tinggal, tradisi, maupun senjata.

3. Bahasa Indonesia telah menjadi bahasa sehari-hari orang Indonesia saat berkomunikasi dengan sesamanya.

Meskipun demikian, Indonesia memiliki bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat tertentu di daerah tempat tinggalnya. Bahkan Indonesia merupakan negara dengan bahasa daerah terbanyak di dunia,yaitu terdapat 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia.

4. Indonesia mempunyai hewan purba yang masih ada dan hidup sampai saat ini.

Hewan tersebut yaitu komodo yang berada di pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Komodo tersebutmerupakankadalterbesar di dunia yang panjangnyabisamencapai 3m danmempunyaiberatkuranglebih 90kg. Dengansatu-satunyahewanpurba yang masihadasampaisaatini, jugatelahmembuat Indonesia dikenal di seluruhduniasebagaikeajaiban-keajaiban di dunia.

5. Indonesia adalah negara yang termasuk penghasil sumber daya alam yang terbanyak di dunia.

Seperti penghasil gas alam cair (LNG) terbesar dan merupakan produsen timah terbesar kedua di dunia. Indonesia juga menempati peringkat atas dalam produk pertanian seperti cengkeh, pala, karetalam, dan minyak sawit mentah. Selain itu, negara ini merupakan negara pengeksporkayu lapis di dunia.

Indonesia juga terkenal dengan terumbu-terumbu karangnya yang indah yang terdapat di perairan daerah tertentu. Dari sumber-sumber daya alam tersebut, menunjukkan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia dan sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga dan memelihara semua kekayaan alam tersebut.

6. Negara Indonesia merupakan negara pertama yang lahir setelah berakhirnya perang dunia II.

Perjuangan orang-orang Indonesia terdahulu telah membuat Indonesia merdeka dan bebas dari penjajahan negara lain sampai saat ini.

Dari keenam hal di atas inilah telah banyak para wisatawan asing yang berkunjung ke Indoenesia untuk melihat dan menyaksikan keindahan alam Indonesia. Tidak sedikit pula dari mereka yang kagum dengan kekayaan tanah air ini. Oleh karena itu, menjadi kewajiban kita untuk merawat, melestarikan, membuat inovasi, dan sadar akan kekayaanb dan keanekaragaman yang dimiliki Indonesia agar tidak mengalami kepunahan. (Nuramalia/mar)

Nur Amalia adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini