Sukses

Indonesia `Rumahku` yang Indah

Semua orang pasti mencintai dan kagum dengan Indonesia meskipun hanya sekecil biji bunga matahari.

Citizen6, Pasuruan: Sebenarnya tidak ada alasan mengapa seseorang tidak mencintai Indonesia. Semua orang pasti mencintai dan kagum dengan Indonesia meskipun hanya sekecil biji bunga matahari. Tapi jika saya pikirkan lagi, alasan mencintai Indonesia adalah karena:

1. Keindahan alamnya

Tidak perlu ke luar negeri untuk menikmati keindahan, karena Indonesia sudah memiliki itu semua. Kepuluan seribu yang indah, Pulau Raja Ampat di Irian Jaya yang menawan, Bali yang sudah menjadi sorotan dunia, Bunaken di Sulawesi yang jernih, pasti tidak akan membosankan bagi siapa saja yang memandangnya.

2. Indonesia memiliki banyak bahasa

Tidak perlu bahasa asing, bahasa daerah yang dimiliki negeri ini sangat unik. Walaupun setiap suku berbeda bahasa, tapi Bahasa Indonesialah yang mempersatukan kita dalam nusantara ini.

3. Indonesia memiliki banyak kebudayaan yang unik. Karena keunikannya, bahkan di tiru oleh orang-orang luar negri.

4. Indonesia memiliki makanan-makanan yang lezat dan terkenal di seluruh dunia. Sebut saja soto betawi, nasi goring, nasi kuning, nasi pecel, gudeg, sate, bakso, dan lain-lain.

5. Indonesia melahirkan insan-insan jenius. Seperti Pak Habibi yang membuat pesawat sampai dikontrak kerja oleh Jerman.

6. Terakhir karena Indonesia adalah tempat kelahiran saya. Maka dari itu saya mencintai Indonesia dan ingin membanggakan Indonesia. Dari rasa bangga tersebut, ingin membawa nama Indonesia ke dunia international dan mengubahnya menjadi Indonesia yang lebih baik, meskipun hanya dengan perubahan kecil.

Maka dari itu, Indonesia adalah rumah saya dan rumah rakyat Indonesia. Tempat untuk mengembangkan cita-cita, melestarikan budaya, dan untuk menambah pengetahuan. So, buat apa jauh-jauh ke luar negeri jika Indonesia punya semua yang kamu butuhkan. (Lina Setiawati/mar)

Lina Setiawati adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini