Sukses

Pesona Luar Biasa Negeriku Indonesia

Apa yang terlintas di benak Anda jika mendengar kata Indonesia?

Citizen6, Semarang: Apa yang terlintas di benak Anda jika mendengar kata Indonesia? Mungkin ada sejuta alasan untuk menunjukkan rasa senang, bahagia ataupun sedih terhadap negeri ini. Namun ada 6 alasan yang membuat saya mencintai Indonesia.

Indonesia Negeri dengan sejuta senyuman

Indonesia dikenal sebagai negara dengan penduduk yang sangat ramah.  Setiap kita berjumpa dengan seseorang bahkan yang tidak kita kenal sekalipun, sebuah senyum manis akan kita dapat. Bahkan, setiap orang asing yang datang melancong ke negeri ini, jika ditanya, "Bagaimana menurut kalian tentang masyarakat Indonesia?" Pasti mereka akan menjawab baik dan ramah.

Dimana lagi kalian akan mendapatkan senyum ramah dengan sangat mudahnya di negeri orang selain di Indonesia? Inilah Indonesia, negeri dengan sejuta senyuman. Walaupun sederhana tapi senyuman itu sangat berharga dan tak bisa dinilai dengan uang.

Indonesia cinta perbedaan

Berbeda, itulah karakter khas yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Dengan berjuta adat istiadat, beragam suku di tanah air, beragam budaya yang unik, dan juga beragam kepercayaan yang dianut tak lantas membuat Indonesia jadi tercerai berai.

Karena Indonesia memiliki beragam bahasa dari masing-masing daerah namun tetap disatukan dengan satu bahasa yakni bahasa Indonesia, Indonesia memiliki beragam budaya, baik itu pakaian adat, tata cara pernikahan, beragam tarian, lagu daerah, permainan tradisional semuanya membuat Indonesia memiliki sejuta budaya, dan ketiga karena Indonesia memiliki beragam kepercayaan. Setidaknya ada 5 agama yang dianut di Indonesia.

Inilah ciri khas Indonesia yang paling menonjol. Ingat dengan semboyan "Bhinneka Tunggal Ika"? Berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Itulah Indonesia, tempat bercampurnya seluruh keanekaragaman yang indah.

Indonesia memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi

Masyarakat Indonesia akan dengan mudah perduli jika ada orang lain yang membutuhkan bantuannya. Sikap simpati ini membuat mereka dapat dengan mudah saling menolong satu dengan yang lain. Tak jarang juga masyarakat Indonesia menolong orang-orang yang sedang ditimpa musibah di negara lain.
 
Indonesia Tanah Air Ku
 
Alasan keempat kenapa mencintai Indonesia adalah karena Indonesia tanah air ku. Kenapa? Sebab Indonesia memiliki dua unsur dengan keindahan yang sangat mempesona, yakni tanah dan air. Keindahan ini bisa kita lihat dari panorama daratan yang indah juga lautan yang sangat cantik. 

Indonesia kaya akan hasil bumi

Tanah Indonesia adalah tanah yang subur. Ibarat sebuah kayu, apabila ditanam dalam tanah, maka ia akan tumbuh dengan subur. Selain itu, hasil lautnya pun tak kalah banyak. Berbagai jenis ikan bisa diperoleh di laut Indonesia. Inilah sebabnya Indonesia disebut negara agraris dan negara maritim. Di samping itu, Indonesia juga memiliki potensi alam yakni batu bara dan minyak bumi. Bukankah ini negeri yang sangat kaya?

Indonesia sangat menjunjung tinggi norma kesopanan

Indonesia negara yang sopan santun. Inilah ciri khas orang timur, dimana sangat menjujung tinggi nilai kesopanan. Tata krama baik dalam berbicara maupun berpakaian sangat dijaga.

Jadi, itulah 6 alasan mencintai Indonesia dari sejuta alasan yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata, namun cukup untuk tidak melupakan betapa indahnya negeriku tercinta ini.  (Agnes Dwi Radiktiani/mar)

Agnes Dwi Radiktiani adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini