Sukses

Jangan Pernah Berhenti Mencintai Indonesia

Indonesia adalah suatu negara yang terkenal dengan kepulauannya di seluruh dunia.

Citizen6, Bogor: Indonesia adalah suatu negara yang terkenal dengan kepulauannya di seluruh dunia. Kita sebagai bangsa Indonesia pastinya sering sekali mendengar dan mengucapkan, "Aku Cinta Indonesia!".

Kenapa sih kita harus mencintai Indonesia? Padahal di Indonesia banyak sekali masalah, ditambah dengan tingginya angka KKN di antara para petinggi negara. Jika kita mengesampingkan sejenak segala masalah politik yang terjadi di negara ini, ternyata masih banyak hal yang bisa kita banggakan dari Indonesia. Semua alasan mengapa kita mencintai bangsa ini terangkum dalam kata In-Do-Ne-Si-A-Ku

Pertama adalah In-dahnya negeriku ini. Siapa sih yang tidak tahu Bali atau dikenal dengan sebutan Pulau Dewata? Hampir seluruh dunia pun tahu. Banyak sekali keindahan alam Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke sampai-sampai banyak keindahan alam yang tidak diketahui. Sebut saja Pulau Kadidiri, Pulau Dodola, dan lain sebagainya. Pulau-pulau tersebut sebenarnya memiliki potensi yang sangat besar untuk dijadikan tempat wisata. Namun kurangnya perhatian dari pihak yang berwenang membuat potensi tersebut menjadi terpendam.
    
Kedua adalah Do-minasi putra-putri bangsa yang kreatif dan berprestasi. Seringkali ketika sedang membaca atau menonton sebuah berita, muncul sosok-sosok yang membanggakan negeri ini. Mereka adalah putra-putri bangsa yang mengharumkan nama bangsa di kancah dunia. Begitu bangganya bangsa ini memiliki generasi penerus yang berprestasi, sebut saja Agnes Monica, Tania Gunadi, Rini Sugianto, Ardian Syaf, Andre Surya, dan masih banyak lagi.
    
Ketiga adalah Ne-gara yang kaya akan budayanya. Indonesia memiliki lebih dari 60 ribu budaya yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Wayang, batik, ulos, reog ponorogo, tongkonan, Kkicir-kicir, dan berpuluh-puluh ribu lainnya adalah contoh kebudayaan di Indonesia.

Kempat adalah Si-apa sih yang tidak tahu makanan Indonesia? Semua pasti tahu nasi goreng dan rendang. Makanan tersebut merupakan makanan Indonesia yang masuk ke dalam 5 besar makanan terfavorit di dunia. Dunia saja kagum dengan kelezatannya, apalagi kita sebagai bangsa yang memiliknya.

Kelima adalah A-siknya bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa nomor 1 di Indonesia. Pastinya kita bangga menggunakan bahasa Indonesia karena bahasa Indonesia sudah mendunia dan dipelajari oleh lebih dari 45 negara di dunia. Di Vietnam, bahasa Indonesia merupakan bahasa ke-2 dalam penggunaannya di samping bahasa Inggris, Perancis, dan Jepang.

Keenam adalah Ku-lahir di tanah surga ini. Hanya di Indonesialah kita bisa menemukan sumber daya alam yang berlimpah ruah. Bangganya menjadi warga negara yang menjadi salah satu dari empat negara yang memiliki sumber daya alam yang langka di dunia. Kopi Luwak merupakan salah satu unggulannya dengan predikat sebagai kopi termahal sedunia.

Masih sangat banyak alasan yang pastinya beragam dari masing-masing individu. Sebanyak apa pun alasannya, Indonesia merupakan negara yang patut kita cintai. Walaupun banyak badai yang menerpa Indonesia dalam proses perkembangannya, janganlah pernah berhenti mencintainya. Sebagai warga negara yang baik kita harus bersama-sama satukan hati, jiwa, dan tetap cintai Indonesia untuk menjadi negara yang lebih baik. (Martha Cynthia/mar)

Martha Cynthia adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.