Sukses

Indonesia, Negara Maritim Terbesar di Dunia

Salah satu alasan mencintai Indoensia karena Indonesia merupakan negara kepulauan dan maritim terbesar di dunia.

Citizen6, Banyuwangi: Bumi yang kita pijak terdiri dari sekitar 195 negara. Setiap negara memiliki pesona tersendiri. Misalnya Piramida yang dimiliki Mesir atau Tembok besar yang dimiliki Cina. Pesona-pesona yang dimiliki tiap negara mampu membuat warga negara lain jatuh cinta pada negara tersebut. Walaupun demikian, bagi Agung Agustina kelahiran Banyuwangi ini, Ia lebih mencintai negrinya daripada negara lain.

"Indonesia adalah rumahku, tempatku bermain dan belajar. Seburuk apapun rumah tersebut, rumah tetap merupakan tempat ku berteduh," kata Agung.

Alasan yang kedua mencintai Indonesia karena Indonesia merupakan negara kepulauan dan negara maritim terbesar di dunia. Indonesia terdiri dari belasan ribu pulau. Baik pulai berpenghuni maupun pulau tidak berpenghuni. Panjang pantai yang dimiliki Indonesia mencapai 25% dari panjang pantai dunia.

Ketiga, Indonesia merupakan negara yang unik. Unik karena Indonesia memiliki ratusan suku. Keanekaragaman suku di Indonesia membuat Indonesia memiliki banyak budaya dan bahasa. Walaupun demikian kita tetaplah satu, yaitu Indonesia.

Kempat, laut di Indonesia tidak hanya luas. Tetapi laut di Indonesia adalah laut yang sangat indah. Keindahan ini terbukti dengan banyaknya kekayaan laut. Misalnya terumbu karang, mutiara, dan satwa laut yang jarang ditemukan di negara lain. Indonesia tidak hanya kaya akan lautnya. Indonesia juga memiliki kekayaan alam. Beberapa di antaranya adalah emas yang mudah ditemukan di Indonesia bagian timur. Selain itu, Indonesia juga memiliki gas alam cair dan timah yang berlimpah. Bahkan kata orang tanah Indonesia adalah tanah surga.

Selain itu, mencintai Indonesia karena banyak hal-hal langka di Indonesia yang tidak dimiliki negara lain. Sebut saja Bunga Bangkai (Rafflesia Arnoldi). Bunga ini di temukan di Pulau Sumatra, Indonesia. Komodo yang merupakan kadal raksasa hanya ada di Indonesia, tepatnya di Pulau Komodo Provinsi Nusa Tenggara Timur. Anggrek Hitam yang langka hanya dapat ditemukan di Papua. Selain itu ada pula primata terkecil di dunia (Tarsier Pygmy), binatang yang mirip dengan monyet ini hanya dapat ditemukan di Pulau Sulawesi.

Indonesia yang begitu kaya, unik, dan indah telah membuat siapa saja jatuh cinta kepadanya. Kemanapun kaki melangkah, akan selalu membawa nama baik Indonesia. (Agung Agustina/mar)

Agung Agustina adalah pewarta warga yang bisa dihubungi lewat akun Twitter: @cahayatina, Facebook: https://www.facebook.com/cahaya.tina, dan Email: cahayatina@ymail.com.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.