Sukses

Musikalisasi Puisi Lewat Outdoor Learning

Pembelajaran berbasis outdoor learning dicoba diterapkan SMP Muhammadiyah 3 Depok, Sleman (SMP Mugadeta).

Citizen6, Yogyakarta: Pembelajaran berbasis outdoor learning dicoba diterapkan SMP Muhammadiyah 3 Depok, Sleman (SMP Mugadeta). Hal ini dilakukan oleh Ibu Nina Suryani, selaku guru mata pelajaran Bahasa Indonesia.

"Materi yang diangkat sebagai topik outdoor learning adalah musikalisasi puisi. Siswa melakukan musikalisasi puisi di luar kelas dengan harapan tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar kelas lain. Selain itu, musikalisasi puisi dapat menunjukkan bakat dan kreasi siswa menghibur masyarakat umum," ungkap Nina.

SMP Muhammadiyah 3 Depok yang memiliki lokasi di pusat kota sangat mudah diakses masyarakat. Alhasil, dalam musikalisasi puisi di luar kelas ini mengundang perhatian masyarakat sekitar.

"Wah, acaranya seru dan ramai. Anak-anak mampu mengeksplorasi diri menampilkan yang terbaik. Kami terhibur." Demikian disampaikan Ary Gunawan, guru IPA yang sempat menyaksikan pentas musikalisasi puisi.

Siswa-siswi dalam melakukan pertunjukkan musikalisasi puisi dibantu dengan berbagai alat musik. Tema puisi yang dibawakan pun beragam, dari roman remaja, perjuangan, persahabatan, dan pengabdian.

"Kami sangat senang melakukan musikalisasi puisi. Pelajaran Bahasa Indonesia makin asyik apabila dibarengi dengan seni." Demikian disampaikan Dewi Diana, salah seorang siswa. (Ary Gunawan/mar)

Ary Gunawan adalah pewarta warga yang bisa dihubungi lewat akun Twitter: @arygoen

Mulai 16 Oktober-1 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "6 Alasan Aku Cinta Indonesia". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.