Sukses

Indonesia, Lestari Dalam Ingatanku

Tidak sulit mengemukakan alasan sederhana untuk tetap tinggal di Indoensia, mencintainya, dan memberikan kontribusi di dalamnya.

Citizen6, Bekasi: Tidak sulit mengemukakan alasan sederhana untuk tetap tinggal di Indoensia, mencintainya, dan berusaha memberikan kontribusi dalam pembangunannya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki setiap orang.

1. Indonesia amat nyaman dan aman

Perasaan nyaman muncul ketika banyak aspek dari kehidupan kita mudah dipenuhi, seperti mudah memilih tempat tinggal, mengikuti  pendidikan, mendapatkan pekerjaan, memanfaatkan sarana hiburan, dan lain sebagainya. Tidak ada pembatasan pada ha-hal tersebut.

Selain dari rasa nyaman yang didapat, rasa aman tinggal di Indonesia juga dapat dirasakan. Peraturan-peraturan dan hukum diberlakukan sama bagi semua warga negara. Pemerintah pun senantiasa berupaya memberikan perlindungan terhadap warga negaranya maupun warga negara asing yang berkunjung ke Indoenesia.

2. Lingkungan yang nyaman

Hal ini bisa dilihat dari sifat asli bangsa Indonesia, yakni gotong royong dan kekeluargaan. Sifat itu diwujudkan melalui hubungan antar pribadi yang erat antara anak dengan orangtua, hubungan dengan tetangga, hubungan dengan orang yang lebih tua, dan lain-lain. Contoh hubungan orangtua dengan anak. Di Indonesia anak-anak sangat menghargai orangtua, seperti budaya cium tangan dilakukan sehari-hari sebagai rasa sayang dan penghormatan atas jasa-jasa orangtua. Contoh lain dari hubungan yang erat adalah adanya budaya mudik. Rindu orangtua, rindu kampung halaman, rindu sanak famili menjadi cerminan sifat kekeluargaan orang Indonesia.

3. Berada di bawah garis khatulistiwa

Indonesia memiliki cuaca tropis. Oleh karenanya kehidupan di sini berlangsung tanpa terputus musim karena hanya ada 2 musim di Indonesia, yaitu musim hujan dan kemarau. Kedua musim itu sama sekali tidak menghambat aktivitas sehari-hari.

4. Kaya akan seni

Sejak jaman nenek moyang, kepandaian akan seni masyarakat Indonesia telah terlihat. Membuat batik, kerajinan-kerajinan tangan, wayang, dan pertunjukan-pertunjukan seni telah ada sejak dahulu dan berkembang hingga saat ini. Setiap daerah di Indonesia pasti mempunyai ciri khas kesenian yang berbeda dengan daerah lainnya.

5. Memiliki Kekayaan laut

Berbagai jenis Ikan dan kerang menjadi kekayaan laut perairan Indonesia yang tak tertandingi. Manfaat makan ikan yang luar biasa kita dapatkan tanpa harus membayar mahal.

6. Bersejarah

Indonesia menjadi negara yang penting bagi para peneliti. Banyak penemuan-penemuan benda bersejarah tersebar di wilayah Indonesia. Penemuan-penemuan yang beragam itu berasal dari masa prasejarah seperti fosil, artefak, dan penemuan sejarah  peninggalan kerajaan-kerajaan nusantara. (Riche Parlina/mar)

Riche Parlina adalah pewarta warga.

Mulai 16 Oktober-1 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "6 Alasan Aku Cinta Indonesia". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.