Sukses

`Ramuan` Cinta Indonesia dalam 6 Komposisi

Hanya Indonesia yang bisa merubah tongkat kayu menjadi sebatang pohon yang rimbun dan sebuah batu menjadi kecambah.

Citizen6, Padang: Indonesia negeri tercinta. Kalimat itu seringkali kita dengar dari mulut orang-orang yang menyadari keindahannya. Kalau ditanya apakah Anda mencinta Indonesia? Pasti dengan tegas, Anda dan saya akan menjawab Ya! Namun tetap saja saya bukanlah seseorang yang pandai mengungkapkan rasa kecintaan saya dengan baik. Berikut 6 alasan mengapa saya mencintai Indonesia.

Tongkat kayu dan batu jadi tanaman. Penggalan lagu itu mungkin sudah sering kita dengar namun tidak banyak dari kita yang memahami apa maksud dari lirik tersebut. Tongkat kayu dapat berubah jadi sebatang pohon tegak nan rimbun dan sebuah batu dapat berubah menjadi kecambah yang menghasilkan bunga indah nan elok rupa. Bukan rekayasa, bukan sulap hanya tanah Indonesia yang bisa melakukannya.

Flora fauna endemik kebanggaan negeri ku. Siapa yang tidak kenal dengan Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) dan Bunga Bangkai (Amorphophallus titanium)? Keduanya menjadi bagian dari primadona endemik Sumatera yang terkenal hingga ke seluruh dunia. Kehadirannya menjadi kebanggaan tersendiri bagi yang mengetahuinya. Keajaiban yang menumbuhkan kecintaan yang mendalam pada negeri ini.

Negara seribu pulau. Pada alasan yang keempat ini, Rayfiqa mengingat pelajaran Geografi saat di sekolahnya dulu. "Kita adalah orang terkaya di dunia ini karena memiliki beribu pulau yang indah." Itulah yang sering guru saya katakan," ungkapnya.

"Sejak saat itu saya tau bahwa saya telah menjadi "orang kaya" dimata dunia, karena saya menjadi salah satu bagian dari negara terkaya," tambahnya.

Selain itu, Rafyika pun juga merasa bangga atas keragaman budaya, agama bahasa yang dimilki Indonesia. Lalu, alasan terkahir yang paling penting dari semuanya menurut Rafyika adalah "Penuh Warna", penuh keindahan dengan berbagai warna dalam keseharian bangsanya.(Rayfiqa Maulidah/mar)

Rayfiqa Maulidah adalah pewarta warga.

Mulai 16 Oktober-1 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "6 Alasan Aku Cinta Indonesia". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.