Sukses

Alasan Mengapa Indonesia Sangat Dicintai

Sebagai warga negara yang baik, harus mencintai negaranya.

Citizen6, Bandar Lampung: Sebagai warga negara yang baik, tentu harus mencintai negaranya. Namun setiap orang pastinya mempunyai alasan yang berbeda-beda untuk mencntai negaranya. Inilah alasan kenapa saya cinta Indonesia:   

1. Indonesia Tanah Kelahiranku

Bagi Devi, Indonesia tidak hanya tempat ia dilahirkan, namun juga sebuah tempat dimana semua orang belajar mengenai kehidupan, menuntut llmu, berman dengan teman sebaya, dan menghirup udara segar setiap harinya.

2. Memiliki banyak Pulau

Negara Indonesia memiliki banyak pulau. Jika kita perhatikan gambar di sebuah peta dunia, di sana akan terlihat betapa banyaknya pulau-pulau yang ada di negara Indonesia. 5 pulau besar yang dimilik Indonesia, yaitu pulau Kalimantan, pulau Sumatra, pulau Jawa, pulau Jayapura, dan pulau Sulawesi. Pulau-pulaunya kecinya pun juga sangat banyak bila dibandingkan dengan negara lain.

3. Memiliki banyak bahasa dan suku

Adanya pulau yang begitu banyak di negara Indonesia, menyebabkan tumbuhnya ragam bahasa dan suku. Penduduk yang mendiami sebuah pulau akan mempunyai suatu bahasa dan suku sendiri, sehingga terjadilah beraneka ragam bahasa dan suku. Dengan banyaknya bahasa tersebut kita dapat saling mengenal antara daerah satu dengan daerah lainnya, dengan menggunakan bahasa kesatuan, yaitu bahasa Indonesia. Itulah negara Indonesia walaupun memiliki bahasa daerahnya masing-masing namun tetap menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.
 
4. Memiliki Candi Borobudur

Di Indonesia memiliki beberapa candi, namun yang paling dikenal oleh negara luar yaitu Candi Borobudur. Karena memiliki kekhasan tersendiri inilah menyebabkan banyak wisatawan manca negara yang mengunjungi candi Borobudur. 

5. Memiliki Hutan     

Keadaan tanah Indonesia yang subur menyebabkan tumbuhnya beraneka ragam pepohonan, terutama di daerah Kalimantan. Hutan ini sangat berpengaruh terhadap lingkungan hidup kita, hutan merupakan tempat tinggal hewan, dan kita juga memerlukan hutan karena dari hutan kita bisa menghirup udara segar dan menghasilkan oksigen yang sangat berguna bagi kehidupan.

6. Mempunyai Pulau Bali Dan Pulau Komodo

Banyaknya pulau di Indonesia menyebabkan perbedaan jenis makhluk hidup yang menghuni pulau satu dengan pulau yang lainnya. Di Indonesia pulau yang sangat terkenal yaitu pulau Bali dan pulau Komodo. Untuk pulau Bali dihuni oleh masyarakat yang memiliki budaya yang sangat unik, bernilai tinggi serta berbeda dengan budaya yang ada di negara lain, sehingga wisatawan mancanegara banyak yang berkunjung.

Selain itu, pulau Komodo juga dihuni oleh hewan yang sangat unik dan jumlahnya cukup banyak, menyebabkan wisatawan sangat menyenangi pulau Komodo. Adanya pulau-pulau ini dapat memberikan sumber devisa bagi negara kita serta memberikan dampak positif juga bagi Indonesia, karena nama tanah air kita dikenal di seluruh dunia.
 
Itulah alasan-alasan saya mencintai Indonesia, mari kita wujudkan rasa cinta ini dengan menjaga dan melestarikan sumberdaya yang dimiliki bangsa Indonesia. Karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaganya. (Devi Gustiani/mar)

Devi Gustiani adalah pewarta warga.

Mulai 16 Oktober-1 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "6 Alasan Aku Cinta Indonesia". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.