Sukses

Indonesia, Pesonamu Kebanggaan Bagiku

Indonesia menyandang banyak julukan, salah satu di antaranya adalah dengan julukan Nusantara.

Citizen6, Bali: Indonesia adalah negara di Asia Tenggara, yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau. Tak heran jika Indonesia menyandang banyak julukan, salah satu di antaranya adalah dengan julukan Nusantara.

Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk muslim terbesar di dunia, meskipun secara resmi bukanlah negara Islam. Betapa agungnya negara Indonesia karena menyimpan berjuta kekayaan yang takkan pernah lekang oleh zaman, sehingga banyak alasan yang membuat kita mencintai Indonesia.

Rasa bangga dan cinta akan negeri seribu pulau ini semakin diperkuat dengan keelokan dan keberagaman budaya yang sudah tersohor hingga ke penjuru negeri. Bukan hanya di daratan, bahkan di lautan pun Indonesia memiliki pemandangan yang begitu memukau seperti pemandangan bawah laut yang berada di Kepulauan Raja Ampat dan Taman Laut Bunaken yang merupakan salah satu tujuan penyelam untuk menyaksikan keindahan alam bawah lautnya. Indonesia juga memiliki gunung berapi teraktif yang sudah terkenal hingga ke pelosok negeri.

Pulau Bali, siapa yang tak kenal dengan Pulau Seribu Pura ini. Pulau yang kecil namun memiliki pesona yang sangat besar di dunia. Pulau yang menjadi surga dunia dan pulau kebanggaan Indonesia di mata dunia ini merupakan keunikan tersendiri dari nusantara tercinta ini.

Berjuta pasang mata selalu berharap untuk dapat merasakan segarnya alam nusantara yang terbentang luas, dari Sabang sampai Merauke. Begitulah yang sering diucapkan masyarakat Indonesia karena terdiri dari berbagai suku, bahasa, dan agama yang berbeda. Suku Jawa adalah suku terbesar dengan populasi mencapai 41,7% dari seluruh penduduk Indonesia.
 
Semboyan nasional Indonesia, "Bhinneka tunggal ika" (Berbeda-beda tetapi tetap satu), berarti keberagaman yang membentuk negara. Selain memiliki populasi padat dan wilayah yang luas, Indonesia memiliki wilayah alam yang mendukung tingkat keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia. Tak hanya alamnya yang memukau, sumber daya manusia yang dimiliki pun tak kalah dengan negara lain. Hal itu terlihat dari banyaknya kemenangan yang diraih oleh Indonesia dalam berbagai event yang di ikuti pada tingkat dunia. Selain itu, Indonesia juga terkenal akan penduduknya yang ramah, kuliner dan hasil kerajinan tangan yang dimilikinya serta arsitektur candi yang megah dan memesona.

Takkan pernah ada penyesalan bagi siapapun yang berkunjung ke Indonesia karena Indonesia mempunyai  banyak hal yang dapat memanjakan mata dan hati. Banggalah dan berjuanglah untuk menjadikan Indonesia semakin terdepan dan terindah di tingkat dunia. Hargai alam, maka alam pun menghargai kita. (L G Dwi Karyani/mar)

L G Dwi Karyani adalah pewarta warga.

Mulai 16 Oktober-1 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "6 Alasan Aku Cinta Indonesia". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.