Sukses

Indonesia Berpotensi Menjadi Negara Super Power

Indonesia mempunyai potensi besar untuk menjadi negara super power.

Citizen6, Sidoarjo: Jika mengamati potensi yang dimiliki Indonesia, sesungguhnya Indonesia mempunyai potensi besar untuk menjadi negara super power. Hal ini mengingat wilayah yang dimiliki Indonesia sangat luas dengan jumlah penduduk yang sangat besar. Sehingga bisa membentuk prajurit angkatan bersenjata dalam jumlah yang sangat besar.

Jika hal ini benar-benar terjadi, yakin suatu saat nanti Amerika Serikat juga mengalami perubahan seperti halnya negara-negara yang dulunya menjadi negara atau bangsa yang berkuasa di seluruh dunia. Berikut ini adalah negara-negara yang pernah menjadi negara super power, di antaranya Iraq, Perancis, dan Inggris.

Kerajaan Babylon/ Babilonia (1696-1654 sebelum masehi) yang beribukota di Babel (Irak) adalah kerajaan yang sangat berkembang besar hingga ke sebagian wilayah di Eropa. Di kota Bagdad tercatat banyak sekali tokoh-tokoh yangat di kenal dunia.

Perancis dan Inggris adalah negara yang pernah menjadi negara super power. Setelah jatuhnya Romawi, Perancis dan Inggris seakan menunjukkan taringnya dengan memperluas wilayahnya dan mampu menjadi negara Adidaya pada abad 15-19 masehi. Hingga puncaknya meletusnya perang dunia I dan perang dunia II.

Dari perjalanan singkat sejarah di atas dapat kita lihat semua negara atau bangsa yang pernah menjadi negara adi daya adalah memiliki wilayah yang sangat luas dan mempunyai sumber daya manusia yang sangat besar dan mempunyai kekuatan militer yang sangat kuat.

Indonesia sangat berpotensi untuk menjadi negara super power karena wilayah negeri ini sangatlah luas. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, dengan jumlah pulau sebanyak 13.466 pulau. Selain itu Indonesia adalah negara terbesar keempat di dunia dengan populasi penduduk 237 juta jiwa. Pada 2010, Indonesia juga tercatat sebagai negara yag berpenduduk muslim terbesar di dunia meskipun negara Indonesia ini bukan negara Islam.

Jika masalah sumber daya alam juga penting bagi suatu negara menuju negara Adidaya, maka Negara Indonesia sangatlah kaya dan melimpah ruah. Masa gemilang yang tak kalah hebatnya yang pernah diraih oleh generasi muda di tanah air sebelum kemerdekaan adalah peristiwa Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928, yang pada hari ini Sumpah Pemudah genap berusia 85 tahun.

Ada 6 hal yang sangat saya banggakan terhadap Indonesia yaitu :

1. Indonesia adalah negara yang merdeka dan berdaulat dan kedaulatannya diakui ole dunia internsional.

2. Indonesia adalah negara yang berpenduduk muslim terbesar di dunia, meskipun bukan Negara islam.

3. Indonesia adalah Negara yang berkepulauan terbesar di dunia dan mempunyai dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan, sehingga dalam satu tahun kita bisa bekerja pada tiap-tiap bulannya selama satu tahun kecuali memang pada hari libur/masa libur (untuk karyawan/pegawai) ini beda dengan negara yang terdapat musim salju, aktivitas akan berkurang selama musim salju.

4. Indonesia adalah negara yang kaya raya akan hasil bumi dan laut.

5. Indonesia adalah negara yang menghargai jasa para pahlawannya dan mempunyai ragam budaya, suku, etnis, agama, serta memiliki nilai sejarah yang sangat beragam.

6.  Indonesia adalah negara yang berpotensi menjadi Negara maju bahkan Indonesia  juga berpotensi menjadi Negara Super Power atau Negara Adi Daya, karena jumlah prjurit militer yang cukup besar, dan didukung ole persenjataan  militer yang serba canggih. (Nur Saifudin/mar)

Nur Saifudin adalah pewarta warga.

Mulai 16 Oktober-1 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "6 Alasan Aku Cinta Indonesia". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini